Thursday, February 27, 2020

RACLETTE CHESSE

RACLETTE CHESSE


RACLATTE CHESSE

HISTORY 
menurut laporan Swiss Patrimoine Culinaire, raclette pertama kali dipresentasikan dalam sebuah festival kuliner sebagai makanan lezat khas Valais pada 1909. Beberapa dekade kemudian, raclette menjadi salah satu hidangan yang sangat digemari pengunjung di acara Pameran Nasional tahun 1964 teknik pengolahan raclette sebetulnya hampir mirip dengan fondue. Sebuah keju berukuran besar akan dilelehkan terlebih dahulu sebelum disajikan sebagai makanan pelengkap Hingga saat ini belum diketahui secara pasti dari manakah hidangan tersebut berasal. Beberapa sumber mengatakan bahwa olahan raclette telah ada sejak akhir 1800.

NUTRISI 

MANFAAT 
1. Keju membuat Anda tetap langsing
Keju dapat membantu Anda tetap langsing berkat zat dalam keju yang disebut butirat. Keju parmesan, Gouda, cheddar, Gruyere dan biru memiliki jumlah tinggi zat butirat. Penelitian menunjukkan bahwa butirat dapat membantu meningkatkan metabolisme. Keju juga mendorong bakteri dalam usus untuk lebih banyak membuat butirat.

2. Mencegah kanker
Sebuah studi menemukan bahwa butirat dalam keju dapat melindungi kanker usus besar dengan cara memelihara sel-sel usus Anda dan mengurangi peradangan yang dapat merusak usus besar.

3. Protein yang baik untuk membangun otot
Protein terbuat dari asam amino yang membentuk jaringan otot. Untuk mendapatkan protein terbaik, cobalah konsumsi keju ricotta. Ini adalah salah satu sumber tunggal teraik dari protein whey yang sangat bagus untuk membangun otot.

4. Keju baik untuk tulang
Keju terbuat dari susu yang kaya akan kalsium sehingga dapat membuat tulang Anda kuat. Makan satu ons keju Parmesan akan memberikan Anda 336 mg kalsium, sedangkan keju cheddar mengandung 216 mg kalsium. Ini adalah jumlah yang baik bagi tubuh. Kebanyakan pria dewasa membutuhkan 1.000 mg kalsium setiap hari untuk membangun ototnya.

5. Keju baik untuk gigi
Makan keju dapat menjaga gigi tetap sehat karena kandungan fosfor dan kalsium dalam keju. Kedua mineral ini melawan asam laktat alami yang ada dalam mulut dan mencegah kerusakan enamell gigi. Anda membutuhkan enamel untuk mengunyah makanan tanpa merusak gigi, serta mencegah gigi berlubang dan pengikisan.

6. Keju bisa mencegah diaberes
Meskipun penelitian tentang ini masih terlalu awal, sebuah studi dalam jurnal Diabetes menemukan bahwa tikus percobaan yang makan dicampur butirat memiliki tingkat insulin 50 persen lebih rendah dibanding tikus biasa. Para ahli menduga butirat dapat membantu tubuh manusia menggunakan insulin lebih efektif sehingga dapat mengatur kadar gula darah.

7. Keju pelengkap makanan yang sehat
Banyak keju yang mengandung lemak dan kalori yang ringan dan cocok untuk melengkapi makanan Anda. Jika Anda sedang mencoba mengurangi lemak dan kalori, cobalah keju feta dan mozarella.

8. Keju aman dikonsumsi intoleran laktosa
Jika laktosa membuat masalah pada perut Anda, Anda masih bisa mengonsumsi jenis keju tertentu. Ketika keju aami termasuk parmesan, cheddar, Gouda, Swiss, mozarella dan Brie dibuat, prosesnya menghapus hampir seluruh laktosa. Cobalah sedikit dari jenis keju ini. Satu ons keju mengandung kurang dari satu gram laktosa.

9. Makanan terbaik untuk camilan
Semua orang butuh makanan yang nyaman di perut dan lidah. Keju adalah salah satunya. Keju mengandung manfaat nurisi yang besar dibandingkan kue kering atau keripik. Tapi, tetap batasi asupan keju karena kalorinya cukup tinggi.

KARAKTERISTIK
Proses pemeramannya bervariasi antara tiga sampai enam bulan sehingga mempengaruhi aroma dan rasanya. Umumnya aroma keju ini cukup kuat. Namun, rasanya bisa agak manis seperti buah, kuat seperti kacang, cukup asam, dan yang jelas, terasa seperti krim.

OLD AMSTERDAM


OLD AMSTERDAM

Hasil gambar untuk old amsterdam cheese

·         HISTORY
Pada tahun 1980-an, keju-keju yang berasal dari Belanda mulai menyebar luas, dan banyak keju-keju yang memiliki cita rasa yang nikmat semakin meningkat popularitasnya. Pada saat itu, keju memiliki berbagai macam variasi. Sayangnya untuk para pecinta keju pada saat ingin memotong keju biasanya jari mereka akan berdarah itu karena keju memiliki kulit yang keras dan kadang ada juga yang rapuh. Pada tahun 1985, keluarga Westland berkeinginan untuk mengembangkan keju yang mudah untuk diiris. Dengan pengalaman beberapa tahun mereka dalam menjual keju dari pintu ke pintu, mereka paham betul apa yang menyebabkan keju itu menjadi populer. Mereka juga tahu bahwa keju old amsterdam harus memiliki proses yang berkualitas dalam pembuatannya.
Tidak ada kota lain di bumi ini seperti yang ada di Amsterdam. Orang-orang amsterdam sangat bekerja keras karena mereka telah ditanamkan jiwa pekerja keras sejak zaman belanda. Dan itupun tertanam pula di keluarga Westland. Ketika mereka mulai untuk membuatkeju, mereka membiarkan keju-kejunya di pusat kota Amsterdam, di sebuah bangunan Lijnbaansgracht. Karena inilah keju old amsterdam memiliki karaktersitik yang berbeda.
Old Amsterdam terbuat dari susu sapi belanda yang ditambahkan dengan rennet dan asam laktat untuk mengaktifkan bakteri saat proses pembuatan keju. Asam laktat dapat memberikan rasa yang unik pada keju. Pengembang keju Old Amsterdam harus bereksperimen cukup lama untuk mengetahui kandungan asam laktat yang tepat pada pembuatan keju. Akhirnya setelah sekian lama, ditemukan komposisi yang pas yang disebut dengan Melkbak 4 atau M4. Saat ini proses pembuatan keju ini masih menggunakan M4 dan termasuk kedalam resep rahasianya.
Sebenarnya di Italia telah ditemukan bagaimana cara membuat keju yang mulus dan lembut. Para pembuat keju telah menemukan bagaimana cara agar keju yang disimpan selama mungkin masih lembut serta masih dapat di iris. Proses rahasia pembuatan keju di Italia terletak pada susu yang digunakan ( komponen padat/whey ). Selama proses pembuatan keju, whey harus dikumpulkan dan didinginkan dan dilanjutkan pada proses selanjutnya. Orang Italia menjelaskan bahwa pada proses ini whey diberikan jiwanya agar rasa keju Old Amsterdam tidak berubah dan memungkinkan ada sedikit rasa keju parmesan di Old Amsterdam.
Keluarga westland melihat bagaimana orang-orang Eropa Selatan dalam proses penuan keju terutama Old Amsterdam. Proses ini sangat penting karena akan berpengaruh pada cita rasa keju. Waktu menjadi kunci penting dalam proses pembuatan keju ini dan rata-rata prosesnya memerlukan waktu sekitar 8 bulan


·         NUTRIENT
o   Nutritional Info
·         Carbs0 g
·         Dietary Fiber0 g
·         Sugar0 g
·         Fat35 g
·         Saturated21 g
·         Polyunsaturated0 g
·         Monounsaturated0 g
·         Trans0 g

o   Protein29 g
·         Sodium0 mg
·         Potassium0 mg
·         Cholesterol0 mg
·         Vitamin A0 %
·         Vitamin C0 %
·         Calcium0 %
·         Iron0 %
o   Percentages are based on a diet of 2000 calories a day.


·         FUNCTION
Sebagai produk susu, keju secara alami kaya akan protein dan kalsium, di antara nutrisi lainnya. Ini juga mengandung zat yang disebut Conjugated Linoleic Acid dan Sphingolipid yang dapat membantu mencegah kanker. Selain itu, vitamin B dalam keju bermanfaat untuk menjaga fungsi tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit. Terlebih lagi, makan keju tertentu seperti gouda (seperti Old Amsterdam) segera setelah makan atau makanan ringan telah ditunjukkan untuk membantu mencegah kerusakan gigi.


·         CHARACTERISTIC
Old Amsterdam dibuat dari resep keluarga rahasia yang memberikan profil rasa yang kompleks, sering digambarkan dengan istilah-istilah seperti "butterscotch / karamel" dan "kaldu." Dibandingkan dengan gouda tua lainnya, Old Amsterdam tidak kering, rapuh, atau asin. Ini memiliki tekstur yang halus, yang membuatnya lembut di mulut, dan mudah dipotong atau diiris.


·         SOURCE

utensil and equipment

KITCHEN UTENSIL


1. RING MOUSSE CAKE

           


fungsi : membentuk adonan kue. Material : Stainless steel. Cleaning: cuci dengan air sabun lalu bilas dengan air bersih.


2. TONG
fungsi : Digunakan untuk menjepit makanan yang panas atau yang berfungsi untuk  mempermudah mengambil makanan agar kelihatan bersih. material : stainless steel, plastic.  Cleaning : Dicuci dengan air sabun lalu bilas air bersih.


3. CHINOIS


Fungsi : Penyaring makanan yang digunakan untuk mengambil sarinya. Marerial : stainless steel. cleaning : cuci bersih menggunakan spon berbusa lalu bilang hingga bersih


4. ROUND BAKING PAN
Fungsi : wadah berbentuk bulat yang digunakan untuk menaruh adonan roti atau masakan lain ke dalam oven juga bisa sebagai cetakan. Material : stainless steel. Cleaning : cuci bersih menggunakan spon berbusa lalu bilang hingga bersih


5. LEMON SQUEEZER



Fungsi : untung memeras/mengeluarkan sari lemon. Material : plastic, steel. Cleaning : cuci bersih menggunakan spon berbusa, sikat sela-sela pemeras lalu bilang hingga bersih,




6. GRATER 

Fungsi : alat dapur yang biasanya digunakan untuk memarut sayur, buah, dan keju. Material: stainless steel. Cara membersihkan : cuci menggunakan spon berbusa lalu bilas hingga bersih

Daily activity

Hallo
        assalamualaikum Kembali lagi di hari ini saya akan membahas seputar praktik saya hari ini , di mulai pada pukul 08:00 sedikit telat mungkin di karenakan cuaca hari ini sedikit tidak bersahabat sesampainya di kitchen saya langsung mengrivew junior saya dengan catatan yang telah diberikan untuk menambah sedikit ilmu , seperti biasa sebelum melakukan praktik saya terlebih dahulu mengisi daftar hadir dan sedikit berdiskusi dengan teman kelompok saya tentang menu hari ini.

     Kemudian saya mempreperkan semua bahan untuk sauce pisang ijo dan mencoba membuat cucuru bayao , sambil membuat sauce saya mengukus pisang ijo untuk membantu teman saya agar mempercepat waktu , dan selanjutnya saya juga membjuat adonan cucuru bayo tetapi tepung dan kenarinya belum disangrai dengan baik , lalu saya kembali melihat-lihat teman kelompok saya yang lainnya sambil membantu pekerjaan mereka.

       Setelah membuat adonan cucuru bayao tetapi warna adonan tersebut kurang fresh terlihat , kemudian saya mengulang membuat adonan tersebut dengan recipi yang berbeda dan akhirnya saya mengukus adonan tersebut yah terlihat seperti cucuru bayao pada pesta pernikahan ( adat makassar ) ringan dan lembut saat di makan.
        
         Setelah cucuru bayao yang saya buat telah matang saya merendamnya dengan air gula yang telah di didihkan terlebih dahulu agar lebih manis , pada pukul 11:00 saatnya open resto dan makanan yang kami buat pun harus di plating dan dikeluarkan ke restaurant dan juga melakukan explain untuk makanan yang dibuat kepada dosen / chef kami.

      Sedangkan untuk pisang ijo teman kelompok saya yang lainnya yang membuat dan memplating segalanya kami membagi tugas masing-masing agar mempercepat waktu, setelah selesai kami membersihkan area dan beristirahat lalu melakukan kewajiban (shalat) dikarenakan kami cepat selesai dan tidak melakukan preperan dikarenakan hari ini adalah hari terakhir kami di minggu ini.

         Seperti biasanya setelah praktik kami terlebih dahulu makan bersama ( anak bangsa) lalu kemudian melakukan general cleaning.




ENGLISH VERSION 

Back again today I will discuss about my practice today, starting at 08:00 a little late maybe because today the weather is a bit unfriendly when I get to the kitchen I immediately invites my juniors with notes given to add a little knowledge, as usual before doing my practice first fill in the attendance list and have a little discussion with my group friends about today's menu.

Then I prepared all the ingredients for the green banana sauce and tried making baya cucuru, while making the sauce I steamed the green banana to help my friend speed up the time, and then I also made the bayo cucuru mixture but the flour and walnuts had not been roasted properly, then I returned looking around at my other group friends while helping with their work.

After making the bayao cucuru dough but the color of the dough is not fresh enough, then I repeated making the dough with different recipients and finally I steamed the dough well looks like baya cucuru at the wedding (Makassar traditional) light and soft when eaten but what I managed place only a few maybe 12 cucuru bayao seeds.


TERMINOLOGY CUCUEU BAYAO
Hasil gambar untuk SEJARAH CUCURU BAYAO

Cucuru Bayao adalah kue khas Pangkep yang rasanya sangat manis dan dapat dengan mudah di dapatkan dalam berbagai pesta adat utamanya pesta perkawinan yang disajikan dalam Bosara bersama kue tradisional lainnya seperti Barongko, Taloba, Biji Nangka, Kue Pelita, Sikaporo dan lain sebagainya. Semua kue tradisional dalam jamuan adat perkawinan Bugis Makassar merupakan simbol dan harapan bagi kedua mempelai serta bagi kelangsungan rumah tangganya kelak.
Dalam bahasa MakassarCucuru artinya kue dan Bayao yang artinya telur. Kue yang berbahan dasar dari telur, gula pasir dan kenari. Bentuknya bulat pipih dan berwarna kuning tua. Tekstur yang lembut dengan rasa yang begitu manis dan gurih dengan aroma dan rasa telur yang kuat. Cita rasa manis yang kental pada kue-kue perkawinan Bugis Makassar sebagai simbolisasi harapan akan manisnya kehidupan yang akan diarungi oleh kedua mempelai.
Rata-rata kue tradisional Makassar memang mempunyai rasa yang manis. Mitosnya jika ada anak gadis mencicipi kue-kue tradisional ini di acara perkawinan maka jodohnya sebentar lagi akan tiba. Kue Cucuru Bayao ini menggunakan banyak sekali telur sehingga menyebabkan kue ini berwarna golden (seperti emas) yang melambangkan kemuliaan, kemegahan serta keangungan yang bermakna baik. Yang menarik dari acara adat istiadat dari Bugis Makassar adalah penyajian makanan yang menggunakan piranti saji yang khusus. Piranti itu disebut dengan Bosara. Bosara adalah semacam baki berkaki dilengkapi dengan penutupnya yang biasa digunakan pada ritual adat upacara adat  tradisional.
Bosara biasanya terbuat dari emas, perak, tembaga atau besi yang dilengkapi dengan tudung saji. Penutup Bosara tersebut terbuat dari anyaman rotan dan daun lontar. Kalangan bangsawan biasanya membalut kembali penutup saji tersebut dengan kain sutera atau beludru. Seperti halnya dengan kue-kue tradisional lainnya yang dijadikan oleh-oleh khas Makassar, kini Cucuru Bayao juga banyak dijual dan dikemas untuk dijadikan oleh-oleh. Dengan mudah dapat ditemui di kedai-kedai kue.


Wednesday, February 26, 2020

Daily activity

Daily version indo
Hallo
   assalamualikum, kali ini saya tidak memasuki kampus karna ada kepentingan yang tidak bisa saya tinggalkan di luar. hari ini teman saya melanjutkan mengerjakan apa kami prepare kemarin.
    hari ini teman saya mengola menu dessert yaitu bubur injin dan dokodoko cakuli.munkin saya tidak bisa berbicara panjang lebar karena saya tidak sempat mengikuti praktek hari ini, dan saya pamit dulu sampai ketemu besok dengan mengola menu yang lain sampai jumpa, assalamualaikum.

Daily version english

Hallo
Assalamualikum, this time I was not entered the campus because there are interests that can not I left out. Today my friend continue doing what we prepare yesterday.
Today my friend process menu dessert namely porridge injin and dokodoko cakuli.munkin I couldn’t talked at length because I do not have time to follow the practice today, and I said goodbye to see you tomorrow with mengola menu another bye, assalamualaikum
  

Terminologi kelapa

Kelapa
Cocos nucifera - Köhler–s Medizinal-Pflanzen-187.jpg
Kelapa (Cocos nucifera)


Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.[1] Arti kata kelapa (atau coconut, dalam bahasa Inggris)[2] dapat merujuk pada keseluruhan pohon kelapa, biji, atau buah, yang secara botani adalah pohon berbuah, bukan pohon kacang-kacangan. Istilah ini berasal dari kata Portugis dan Spanyol abad ke-16, coco yang berarti "kepala" atau "tengkorak" setelah tiga lekukan pada tempurung kelapa yang menyerupai fitur wajah. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.[3]

Kelapa dikenal karena kegunaannya yang beragam, mulai dari makanan hingga kosmetik.[4] Daging bagian dalam dari benih matang membentuk bagian yang secara teratur menjadi sumber makanan bagi banyak orang di daerah tropis dan subtropis. Kelapa berbeda dari buah-buahan lain karena endosperma mereka mengandung sejumlah besar cairan bening,[4] disebut "santan" dalam literatur,[5] dan ketika belum matang, dapat dipanen untuk diminum sebagai "air kelapa", atau juga disebut "jus kelapa".

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudra Hindia di sisi Asia, tetapi kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.


utensil and equipment

Equipment 


1.  Deep Fryer
Hasil gambar untuk deep fryer
Fungsi : untuk menggoreng menggunakan banyak minyak denga disertai waktu kontrol
Cleaning : cuci frying basket dan pot menggunakan sabun lalu bilas
Materials : Stainless Steel or Metal

2. Cake Display
Hasil gambar untuk cake display
Fungsi : Sebagai tempat menyimpanan dan menampilkan kue sekaligus sebagai chiller
Cleaning : Dilap
Materials :Glass and Stainless Steel

3. Meat Grinder
Hasil gambar untuk meat grinder
Fungsi : Alat mencincang daging
Cleaning : Dicuci dengan sabun sampai bersih setelah itu direndam menggunakan air panas dan keringkan
Material : Stainless Steel

Utensils

1. Dinner Spoon
Hasil gambar untuk dinner spoon
Fungsi : sendok untuk menyantap main course
Cleaning : Dicuci dengan air sabun bilas lalu keringkan
Materials : Stainless Steel

2. Spider
Hasil gambar untuk spider strainer
Fungsi : Untuk meniriskan makanan yang digoreng
Cleaning : Dicuci dengan air sabun bilas lalu keringkan
Materials : Stainless Steel
3. Conical Strainer

Hasil gambar untuk conical strainer
Fungsi : Untuk menyaring kaldu, minyak, saus dan makanan yang direbus
Cleaning : Dicuci dengan air sabun bilas lalu keringkan
Materials : Stainless Steel

Tuesday, February 25, 2020

utensil and equipment


Utensils & Equipments


1. Plastic Wrap

Hasil gambar untuk Plastic wrap

Fungsi: Sebagai alat untuk menutup wadah tempat makanan
Material: Plastic
Cara membersihkan: sekali digunakan


2. scissor



Fungsi: Sebagai alat untuk memotong sesuatu
Material: Stainless Steel
Cara membersihkan: Menggunakan spons dan sabun khusus peralatan masak dan dibilas dengan air    bersih


3.  Electric Grill

Hasil gambar untuk electric grill

Fungsi: sebagai alat untuk memanggang

Material: Stainless Steel
Cara membersihkan: Sediakan lap dan botol semprot berisikan cairan pembersih. semua sisi Electric Grill yang mudah dijangkau dan    menggunakan lap bersih yang sudah disiapkan sebelumnya


Daily activity

Daily version ina
Hallo
    assalamualaikum, hari ini kami akan mengola preparsion yang sudah di buat kemarin. disini saya mengola sandwich. terlebi dahulu saya memotong toast bread bersma teman saya, kemudian saya pan seared terlebi dahulu.
     setelah semua roti sudah saya pan seared kemudian saya menyiapkan bahan bahan yang digukan untuk membuat club sandwich dan monte cristo sandwich.  di sini saya pand seared smoke beef dan beef bacon.
      Dan kemudin saya pand seared ayam yang sudah di blach lalu di potong sesuai ukuran yang di tentukan.setelah bahanya sudah siap  saya mulai membuat mote cristo sandwich di sini saya mengisi   thousan island smoke beef dan cheddar cheese slice kemudian di celumpa di milk yang sudah di campur dengan telur dan di pand seared kembali.
       sesudah itu saya membuat kembali club sandwich di sini saya isi denga mayonaise, beef bacon, chicken, tomat , dan lettuce. setelah semuanya sudah finish kami prepare kembali menu untuk besok, disini kami mendapatkan menu desser yaitu bubur injin dan doko doko cangkuli.
         setelah prepare semuanya selesai kami istrahat sejenak kemudian melakukan general cleaning seperti biasanya sampai benar benar beres dan kami menunggu online pulang.


Daily version eng
Hello
     assalamualaikum, today we will process the preparations that were made yesterday.  Here I am managing a sandwich.  first I cut toast bread with my friend, then I pan seared.
      after all of my bread was pan seared then I prepared ingredients used to make club sandwiches and monte cristo sandwiches.  here i am pand seared smoke beef and beef bacon.
       And then I pand seared chicken that has been blasted and then cut according to the size specified. After the language was ready I started making mote cristo sandwiches here I filled in thousan island smoke beef and cheddar cheese slice then chopped in milk mixed with milk  with eggs and in the back seared pand.
        after that I make a club sandwich here again I fill it with mayonnaise, beef bacon, chicken, tomatoes, and lettuce.  after everything is finished we prepare the menu again for tomorrow, here we get a desser menu, which is gospel porridge and doko doko hoe.
          after preparing everything is finished we rest for a while then do general cleaning as usual until it's completely sorted out and we wait online to go home.


Terminologi

Bubuh Injin 

Warnanya hitam dengan rasa manis dan gurih yang harmonis. Taburan kelapa di atsanya menambah gurih enak rasanya. Sedikit tambahan es batu bikin rasanya jadi lebih segar. Coba saja!

Bubuh Injin atau yang lebih dikenal dengan istilah bubur ketan hitam ini berasal dari Pulau Dewata. Kalau ditilik lebih seksama tak ada yang membedakannya dengan bubur ketan hitam biasanya. Mungkin hanya penamaannya saja yang berbeda di setiap daerah.

Bubuh Injin ini terbuat dari beras ketan hitam yang dimasak dengan gula merah. Sebagai pelengkap biasanya saat penyajian diberikan areh atau kucuran santan kental yang telah dimasak dengan garam dan juga daun pandan agar wangi. Tapi saya pernah menjumpai bubuh injin di salah satu resto Bali, mereka menyajikan bubuh injin bukan dengan areh melainkan dengan memberikan taburan kelapa yang sudah diparut. Bubuh injin atau bubur injin biasanya disajikan saat di rumah masyarakat Bali ada keramaian, pesta atau kumpul warga.

Agar terasa lebih segar, bubuh injin bisa juga disajikan dengan memberikan beberapa potong es batu sehingga rasanya jadi lebih segar. Tapi kalau yang tidak terlalu suka, bubuh injin pun enak disajikan selagi hangat. Tinggal pilih saja sesuai selera.


Monday, February 24, 2020

food terminologi

1. Coto Makassar

Kuliner khas Makassar yang paling mudah ditemui adalah Coto Makassar. Kuahnya dibuat dari rebusan jeroan bercampur daging sapi yang diiris-iris kecil-kecil. Biasanya soto ini dinikmati bersama ketupat atau burasa khas Makassar.
Coto Makassar atau yang kadang disebut dengan nama Coto Mangkasara merupakan kuliner khas kebanggaan masyarakat Makassar. Tidak mengherankan jika Garuda Indonesia menjadikannya menu pilihan dalam penerbangan dari dan ke Makassar.
Sajian soto ini sebenarnya tak berbeda jauh dengan jenis soto dari daerah lain di nusantara. Tapi memang, Coto Makassar memiliki kekhasan berupa bumbu rempah dan kacang untuk membuat kuah yang kental.
Ada sekitar 40 macam rempah untuk membuat Coto Makassar. Orang Makassar menyebutnya ampah patang pulo. Selain aneka macam rempah, sambal taoco asal Tiongkok pun menjadi bagian tak terpisahkan dari Coto Makassar.
Rempah tersebut terdiri dari kacang, kemiri, cengkeh, pala, foeli, sere yang ditumbuk halus, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seldri, daun prei, lombok merah, lombok hijau, gula talla, asam, kayu manis, garam, papaya muda untuk melembutkan daging, dan kapur untuk membersihkan jeroan.
Kenikmatan coto makassar tak terlepas pula dari tradisi peramuaanya menggunakan kuali tanah yang disebut dengan korong butta atau uring butta.
Biasanya coto dimakan bersama ketupat, kacang, ditaburi daun bawang dan perasan jeruk nipis. Daging yang digunakan Coto Makassar adalah daging sapi. Ada pula yang menggunakan lidah, otak, limpa, paru, hati, jantung, babat, yang di iris kecil dan dicampur dengan kuah.
Kekhasan Coto Makassar tidak hanya dari bahan-bahan dan cara pembuatannya, namun juga aspek sejarahnya.
Coto Makassar sudah ada sejak masa Somba Opu yang merupakan pusat Kerajaan Gowa ketikaa mengalami kejayaan pada 1538. Saat itu Coto Makassar menjadi hidangan di Kerajaan Gowa. Demikian ditulis situs Halo Wisata.
Pada masa itu, para pengawal kerajaan menjadikan masakan ini sebagai menu makan pagi sebelum menjalankan tugasnya. Masakan yang terpengaruh oleh kuliner Tiongkok ini diperkirakan masuk Gowa pada abad ke-16.
Warung Coto Makassar pertama yang ada di Makassar adalah warung coto milik H. Dg. Sangkala. Warung coto yang sekarang tinggal nama tersebut dibangun pada 1940-an. Saking terkenalnya warung ini, para pejabat penting di negeri ini sering mengundangnya dalam berbagai acara-acara penting. Ribuan mangkok bisa dipesan dalam satu kali pemesanan.
Di Makassar sendiri sudah banyak bertebaran warung-warung yang menjual Coto Makassar dan selalu ramai dipadati oleh pembeli. Warung-warung tersebut banyak yang buka dari pagi hingga malam hari. source : https://beritagar.id/artikel/piknik/mengulik-sejarah-dan-ciri-coto-makassar
Hasil penelitian menunjukkan kandungan zat gizi per porsi coto Makassar yakni terdiri dari kadar air berkisar antara 73,42% - 76,87%, karbohidrat berkisar antara 4,02 gr -5,58 gr, protein berkisar antara 20,82 gr – 26,56 gr, lemak berkisar antara 16 gr – 22,58 gr, serat antara 0,92 gr – 1,56 gr. Untuk angka peroksida sebelum pengolahan berkisar antara 4,30 mEq/kg – 7, 70 mEq/kg dan setelahan pengolahan menjadi 4,84 mEq/kg – 12,62 mEq/kg. Penelitian ini merekomendasikan masyarakat cukup mengkonsumsi coto Makassar 1 porsi dalam sehari dan merekomendasikan penelitian lanjutan mengenai tingkat radikal bebas coto Makassar.                                                                              Source : http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/3292
2. Sop Saudara
Hasil gambar untuk sejarah sop saudara
Sop Saudara berbahan baku daging sapi, hanya saja Sop Saudara menjadi khas dengan merica dan ketumbar sebagai cirinya dan dimakan dengan nasi dan ikan bakar sebagai tambahan ini makanan khas pangkep,sulawesi selatan dan banyak menjamur dimakassar,pada dasarnya keturunan sekarang sudah susah membedakan sop saudara dianggapnya khas makassar.
Sop Saudara adalah sebuah revolusi kuliner di Sulawesi Selatan. Cita rasa produk makanan berkuah isi daging sapi ini tak bisa dilepaskan dari sosok H. Dollahi, penemu resep dan peracik bumbu pertama dari Sop Saudara tersebut. Awalnya H. Dollahi hanya seorang pelayan dari H. Subair, penjual sop daging yang cukup laris di Makassar sekitar tahun 1950-an.
Selama tiga tahun H. Dollahi mengikut kepada H. Subair yang sama – sama warga Kampung Sanrangan Pangkep sebelum memutuskan untuk mengadu peruntungan sendiri dengan membuka warung makan. Pada Tahun 1957, H. Dollahi memperkenalkan Sop Saudara untuk pertama kalinya sebagai produk makanan berkuah (sop) yang memiliki cita rasa khas di bilangan Pasal Senggol Karebosi Makassar.
Penamaan Sop Saudara menurutnya, terinspirasi dari nama “Coto Paraikatte”. Paraikatte (sesama kita) bermakna sama dengan “Saudara”, dinamai demikian maksudnya agar semua orang yang makan di warung sop saudara akan merasa bersaudara dengan pemilik, pelayan dan sesama penikmat (pelanggan) sop saudara. Ada pula yang mengatakan bahwa penamaan Sop Saudara adalah penegasan identitas asal daerah. Sop Saudara dianggap kepanjangan dari Saya Orang Pangkep (SOP) Saudara !
Coto Paraikatte adalah nama warung bagi Coto Makassar. Baik Coto Makassar maupun Sop Saudara sama - sama berbahan baku daging sapi, hanya saja Sop Saudara menjadi khas dengan merica dan ketumbar sebagai cirinya, sedang Coto pada umumnya hanya dicirikan dari bumbu bawang merah dan bawang putihnya. Bedanya yang lain, Kalau Coto dimakan bersama ketupat sedang Sop Saudara dimakan bersama nasi dan ikan bakar bandeng.
Menurut H. Dollahi, saus kacang (cobe - cobe) dari ikan bakar bandeng sebenarnya akan mengganggu rasa khas Sop Saudara. “Kalau mau merasakan nikmatnya Sop Saudara, jangan makan bersama ikan bakar. Bukan tidak boleh dimakan bersama ikan bakar. Hanya saja cita rasa khas Sop Saudara akan berkurang”, ujarnya. Namun kini Sop Saudara menjadi menjadi media pasar bagi ikan bandeng, hasil perikanan yang banyak di Pangkep .
Selain piawai meracik resep dan bumbu bagi sop temuannya, H. Dollahi juga ternyata memiliki insting bisnis yang kuat.  H. Dollahi sadar bahwa sop temuannya akan diminati banyak orang dan warungnya akan berkembang pesat, maka ia memanggil seluruh keluarganya dari Pangkep untuk membantunya. Sebanyak 14 karyawannya yang tak lain adalah keluarga sendiri adalah pewaris resep Sop Saudara yang kini juga mulai membuka usaha warung sop saudara sendiri dan meluaskan jaringannya di berbagai kota dan tempat. Itulah sebabnya dimana ada warung sop saudara, maka dapat dipastikan pemilik warung itu memiliki hubungan keluarga dan kekerabatan dengan H. Dollahi.
Melihat potensi kuliner Sop Saudara yang sudah menusantara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep di masa pemerintahan Bupati Ir H Syafrudin Nur MSi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata pada Tahun 2007 lalu menggelar Festival Sop Saudara sekaligus memfasilitasi terbentuknya Asosiasi Pengusaha Sop Saudara (APSOS). Ketika itu terpilih sebagai Ketua APSOS hingga kini adalah H. Syamsul Hamzah (Aji Ancu), sedang H. Dollahi sendiri sebagai Penasehat APSOS lebih memilih untuk tetap mengontrol rumah makan Sop Saudara miliknya di bilangan Jalan Andalas Makassar dan cabang – cabangnya.
Tak berhenti sampai disitu, Pada Tahun 2008 bertempat di Hotel Clarion Makassar, Sop Saudara dilaunching sebagai menu utama hotel berbintang Makassar dan Pada Tahun 2009, Sop Saudara mewakili Kuliner Indonesia dalam Festival Kuliner Internasional Tontong Fair di Denhaag, Belanda. Bagi Ketua APSOS H. Syamsul Hamzah, “Sop Saudara menghadirkan nilai dan suasana persaudaraan”, ujar pemilik RM. Sop Saudara di ujung Jalan Pettarani Makassar  ini. Kini Sop Saudara adalah juga identitas kuliner Sulawesi Selatan, sehingga jika anda mengunjungi Sulawesi Selatan tanpa menikmati citarasa asli Sop Saudara, rasanya kurang lengkaplah kunjungan itu.Dikutip Dari http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2012/05/31/inilah-sejarah-sop-saudara-itu/
Kandungan Gizi Sop Saudara
Karena bahan dasarnya seperti bahan dasar coto jadi pada dasarya kandungan gizinya sama,namun karena sopa saudara biasa dimakan bersama ikan bakar jadi kandungan gizi protein jadi semakin banyak,karena ikan bandeng banyak mengandung protein

describe some ingredients

                         Ingredients

COFFE/KOPI


 


Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).
Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum.
Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu.Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Disamping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker,diabetes,batu empedu dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

Nutrisi dalam Kopi
Kopi mengandung energi sebesar 352 kilokalori, protein 17,4 gram, karbohidrat 69 gram, lemak 1,3 gram, kalsium 296 miligram, fosfor 368 miligram, dan zat besi 4 miligram.  Selain itu di dalam Kopi juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kopi, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100
Manfaat Kopi :
1. Minum kopi bikin mata melek di pagi dan malam hari
2. Sumber antioksidan yang baik
3. Efektif menghilanhkan stress
4. Baik untuk metabolisme tubuh
5. Mengurangi resiko terkena kanker kulit
6. Meningkatkan stamina dan performa
7. Mengurangi resiko diabetes tipe dua
8. Otak jadi lebih sehat dan pintar
9. Dapat mempepanjang umur

Jenis jenis kopi dan karakteristiknya :
1. Kopi Arabika
Jenis kopi atau varietas kopi yang pertama adalah kopi Arabika. Jenis kopi ini pun dapat kita temui pada kopi nusantara. Karakteristik dari kopi ini adalah sebagai berikut:
• Biji kopi arabika memiliki citarasa yang pahit dengan kadar keasaman yang tinggi pula. Kopi ini memiliki kadar kafein sebanyak 50% yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi robusta.
• Tanaman kopi arabika biasanya tumbuh di Negara dengan iklim subtropics atau tropis dan tumbuh pada daerah dengan ketinggian 600 – 2000 meter diatas permukaan laut. Suhu tumbuh optimal yang dibutuhkan adalah 18 – 26 derajat celcius.
• Biji kopi arabika berukuran kecil dan memiliki warna hijau hingga merah gelap.

2. Kopi Robusta
Kopi robusta biasanya bijinya disebut dengan biji kopi kelas dua. Kopi ini memiliki rasa asam yang kurang atau bahkan tidak ada rasa asamnya sama sekali. Kopi robusta memiliki kandungan kafein yang lebih banyak dibandingkan dengan kopi lainnya. Selain karakteristik tersebut, ciri khas kopi robusta yang lain adalah:
• Memiliki aroma yang manis dengan rasa lembut
• Cakupan daerah tumbuh kopi robusta dua kali lebih luas daripada kobi arabika. Biasanya kopi robusta sudah dapat ditumbuhkan pada daerah dengan ketinggian 800m di atasa permukaan laut.
• Ternyata tanaman kopi robusta lebih tahan dan kuat akan serangan penyakit dan hama. Karena inilah kopi robusta cenderung lebih murah harganya jika dibandingkan dengan kopi arabika.

3. Kopi Excelsa
Kopi exselsa merupakan varietas kopi lainnya yang juga dapat anda temukan pada kopi nusantara namun dengan persentase jumlah yang sedikit. Berbagai ciri khas dari kopi ini antara lain adalah:
• Memiliki aroma serta citarasa yang kuat dan cenderung pahit. Biji kopinya juga lebih besar dibandingkan dua kopi diatas. Kopi ekselsa berbuah sepanjang tahun, tahan terhadap hama penyakit dan mudah untuk dibudidayakan.
• Kopi ekselsa dapat ditanam pada lahan gambut atau tanah yang memiliki tingkat kesuburan rendah dimana kopi robusta dan arabika tak dapat tumbuh.

4. Kopi Liberika
Kopi Liberika merupakan sebuah jenis kopi yang berasal dari Liberia, Afrika Barat. Kopi ini dapat tumbuh hingga setinggi 9 meter. Dulu kopi jenis ini ternyata pernah menjadi bagian dari kopi nusantara, namun kini sudah banyak ditinggalkan oleh petani kopi. Karakteristik biji kopi liberika ini hampir sama dengan biji kopi arabika, namun tanaman kopi liberika lebih tahan terhadap hama vastatrixi dan hemelia. Perbedaan tanaman kopi jenis ini dengan kopi lainnya adlaah dari ukuran bunga kopi, daun cabang, buah kopi dan pohon kopi yang lebih besar dibandingkan dengan kopi lainnya.

5. Kopi Kona
Kopi kona mungkin jarang anda dengar namun ternyata biji kopi ini merupakan yang termahal diantara kopi arabika dan robusta. Mengapa? Hal ini karena kopi ini hanya ditanam serta diproduksi di Hawaii amerika, lebih tepatnya di daerah kona. Karakteristik dari kopi ini adalah;
• Memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi
• Memiliki rasa yang cenderung manis meskipun tanpa gula

Source :
http://infokopi.com/jenis-dan-karakteristik-kopi
https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/food/dining-guide/amp/yoshi/manfaat-minum-kopi-yang-mujarab
http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-kopi-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html?m=1#.XGt3bMsxc0N

Kentang/Potato
 

  *History

    Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut “kentang” pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Penjelajah Spanyol dan Portugis pertama kali membawa ke Eropa dan mengembangbiakkan tanaman ini.
      Tanaman kentang asalnya dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini merupakan herba (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Di daerah tropis cocok ditanam di dataran tinggi. Bunga sempurna dan tersusun majemuk. Ukuran cukup besar, dengan diameter sekitar 3cm. Warnanya berkisar dari ungu hingga putih.
#Persebaran Tanaman Kentang
    Menurut sejarahnya, kentang berasal dari lembah-lembang dataran tinggi di Chili, Peru, dan Meksiko. Jenis tersebut diperkenalkan bangsa Spanyol dari Peru ke Eropa sejak tahun 1565. Semenjak itulah, kentang menyebar ke negara-negara lain -termasuk Indonesia-. Menurut catatan awal di Indonesia, tumbuhan ini mulai ada semenjak tahun 1794, dimulai dengan penanaman di sekitar Cimahi. Semenjak itu, kentang dapat ditemui pula di Priangan dan Gunung Tengger. Pada tahun 1812, kentang sudah dikenal dan dijual di Kedu. Sedangkan, di Sumatera tumbuhan ini dikenal setahun sebelumnya, 1811. Kentang tumbuh di pegunungan dengan ketinggian antara 1000 mdpl hingga 2000 mdpl, pada tanah humus. Tanah bekas letusan gunung berapi yang berstruktur remah lebih disukai. Salah satunya berada di pegunungan dieng.

(https://kentangdiengsuper.wordpress.com/2016/03/09/sejarah-kentang/)

  *Nutrient content
  Kentang merupakan sayuran batang yang kaya akan karbohidrat dan mineral. Sayuran batang ini juga mengandung protein dan pro vitamin A yang rendah.
Satu – satunya sayur dengan kandungan vitamin C yang tinggi adalah kentang. Apabila kita mau mengonsumsi kentang, maka kebutuhan vitamin C harian kita akan terpenuhi. Di bawah ini adalah tabel komposisi gizi  per 100 g Umbi Kentang.
Senyawa              Kadar Nutrisi      Persen dari Kebutuhan Harian
Energi (kalori)    70, 00    3, 50
Karbohidrat (g) 15, 90    12, 00
Protein (g)          1, 89       3, 00
Lemak total (g)  0, 10       0, 50
Serat (g)               2, 50       7, 00
Folat (µg)             18, 00    4, 50
Niasin (mg)         1, 149    7, 00
Asam Pantotenat (mg)  0, 279    6, 00
Piridoksin (mg)  0, 239    18, 00
Riboflavin (mg) 0, 038    3, 00
Tiamin (mg)        0, 081    7, 00
Vitamin A (IU)   7, 00       < 1, 00
Vitamin C (mg)  11, 40    20, 00
Vitamin K (µg)   2, 90       2, 50
Natrium (mg)     6, 00       0, 40
Kalium (mg)        455, 00  10, 00
Kalsium (mg)      10, 00    1, 00
Besi (mg)             0, 73       9, 00
Magnesium (mg)             22, 00    5, 50
Magan (mg)       0, 141    6, 00
Fosfat (mg)         61, 00    9, 00
Seng (mg)           0, 33       3, 00
Β-karoten (µg)  4, 00       –
Lutein – Zeasantin (µg)  21, 00    –
 (https://www.sedulurtani.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-kentang-bagi-kesehatan-tubuh/)

  *Function
 
1. Menjaga Kesehatan Jantung

  Kentang mengandung Vitamin C, Vitamin B kompleks, Serat, mineral dan senyawa Karatenoid (Lutein dan Zeaxanthin) yang bermanfaat bagi kesehatan jantung serta fungsi organ tubuh lainnya. Namun Kentang juga dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah yang apabila konsumsi secara berlebihan akan menyebabkan obesitas yang dapat memberi tekanan pada jantung kita. Oleh karena itu, mencegah penyakit jantung dengan cara konsumsi kentang ini tidak dianjurkan untuk penderita obesitas dan diabetes.
2. Meningkatkan Fungsi Otak


  Fungsi otak sangat tergantung pada kadar glukosa, pasokan oksigen, asam animo, omega-3, vitamin B kompleks dan hormon-hormon tertentu. Hampir semua yang disebut ini terdapat pada kentang. Kentang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat menjaga kadar glukosa cukup dalam darah sehingga aktivitas kognitif terjaga dan berkinerja dengan baik. Selanjutnya, otak membutuhkan oksigen yang dibawa oleh hemoglobin dalam darah. Kentang mengandung zat besi yang merupakan elemen penting pada hemoglobin ini.
3. Mencegah Penyakit Scurvy

  Scurvy merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurang Vitamin C (defisiensi Vitamin C). Gejalanya adalah radang gusi, lemas, bibir retak dan infeksi virus yang sering terjadi. Kentang mengandung Vitamin C yang cukup untuk mengatasi penyakit Scurvy ini.
4. Merawat Kesehatan Kulit

  Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Potasium (Kalium), Fosfor, Seng dan Magnesium yang terkandung pada Kentang dapat menjaga dan merawat kesehatan kulit. Selain itu, kentang mentah yang digerus dan dicampur dengan madu dapat dijadikan Masker untuk mencegah jerawat, bercak pada kulit dan menyembuhkan luka bakar serta menglembutkan kulit pada bagian siku tangan.
5. Mencegah Penyakit Kanker

  Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Agricultural Research service menunjukan bahwa kentang mengandung senyawa Quercetin yang terbukti memiliki sifat anti kanker dan anti tumor.
(https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-kentang-manfaat-kentang-bagi-kesehatan/)
  *Characteristic
Berikut ini adalah klasifikasi dari tanaman kentang.
Devisi               : Spermatofita
Subdevisi        :  Angiospermae
Kelas                :  Dikotiledon
Ordo                :  Solanales
Famili               :  Solanaceae
Genus              :  Solanum
Spesies            :  Solanum tuberosum L
(https://www.sedulurtani.com/morfologi-lengkap-dan-klasifikasi-tanaman-kentang-solanum-tuberosum-l/)


WORTEL/CARROT

 

Wortel adalah tumbuhan biennial yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

Sejarah dari Wortel

Berbagai catatan sejarah menyebutkan, wortel sudah dikenal orang sejak abad ke-1 Masehi. Lantaran aromanya yang sangat khas, dulu orang menanam wortel untuk mengambil daun dan bunganya saja, bukan akarnya seperti sekarang.

Secara garis besar, para ahli botani mengelompokkan wortel ke dalam dua kategori, yaitu wortel timur dan wortel barat. Wortel timur dibudidayakan pertama kali di Afganistan pada abad ke-10 Masehi. Warna wortel ini ungu. Sementara itu, wortel barat dibudidayakan pertama kali di Belanda, sekitar abad ke-15. Warna wortelnya oranye.

Untuk mendapatkan wortel yang berkualitas baik, tanaman wortel sebaiknya ditanam pada tanah yang sedikit berpasir, namun tidak berbatu. Cuaca dan kondisi tanah secara keseluruhan akan berpengaruh terhadap rasa wortel yang dihasilkan.

Ukuran wortel pun bervariasi. Ada yang kecil, sedang, besar, dan bahkan superbesar. Wortel yang ditanam oleh John Evans dari Alaska, Amerika Serikat, sekarang ini masih tercatat sebagai wortel yang terbesar di dunia, dengan berat sekitar 8,61 kg.

Nutrisi yang terkandung di dalam Wortel
Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.

Manfaat dari Wortel
Kesehatan Mata
Wortel kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.
Kolesterol
Penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS. Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut.
Kanker
Penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Karenanya, dia menganjurkan agar para perokok mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru. Ternyata, selain kanker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara. Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 - 5 kali lipat.
Sembelit
Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.

Karakteristik dari Wortel
Adapun mengenai ciri-ciri atau morfologi tanaman wortel adalah sebagai berikut, Wortel memiliki susunan tubuh yang terdiri dari daun, tangkai, batang, serta akarnya.

Daun
Daun wortel bersifat majemuk menyirip ganda 2 atau 3, Anak daun nya berbentuk garis-garis atau lanset. Setiap tanaman memiliki lima sampai dengan tujuh tangkai daun yang ukurannya cukup panjang.

Helaian daun nya tipis serta lemas, Dan untuk tangkai daun nya sendiri tebal dan juga kaku dengan permukaan yang halus.

Batang
Batangnya sangat pendek berdiameter satu sampai dua centi meter. Bentuknya bulat, tekstur nya cukup keras serta tidak berkayu.

Secara umum batangnya memiliki warna hijau tua. Batang tanaman di tumbuhi oleh tangkai daun, Batangnya sebenarnya tidak bercabang, Namun tampak seolah-olah seperti bercabang.

Akar
Tanaman wortel memiliki perakaran tunggang serta serabut. Seiring dengan pertumbuhannya akar tunggang akan berubah bentuk, serta berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan.

Bentuknya akan berubah menjadi bulat memanjang. Hingga mencapai diameter enam centi meter serta ukuran panjangnya tiga puluh centi meter (Disesuaikan dengan varietasnya).
Akar tunggang yang telah berubah bentuk serta fungsi inilah yang sering kita kenal dengan sebutan "Umbi Wortel" yang dapat kita makan sebagai penambah asupan vitamin yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh.

Bunga
Pada ujung tanaman ditumbuhi oleh bunga yang bentuknya payung berganda dan warna nya putih atau merah jambu tidak terlalu mencolok.

Terdapat tangkai yang tebal serta pendek, Dan untuk kuntum-kuntum bunganya terletak pada bidang yang sama.

Serta bunga wortel yang melakukan penyerbukan akan menghasilkan biji-biji dan juga buah yang ukurannya kecil serta berbulu.

Umbi
Secara umum orang memanfaatkan tanaman ini untuk diambil bagian umbi nya, Wortel sendiri adalah tanaman sayuran umbi semusim yang dimana mampu tumbuh sepanjang tahun, baik pada musim kemarau maupun penghujan.

Bentuknya semak, batangnya pendek. serta berakar tunggang bulat dan memanjang. Warnanya kuning kemerah-merahan. Serta memiliki beberapa kandungan gizi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Source :
https://www.beritaunik.net/unik-aneh/sejarah-unik-wortel.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Wortel
https://www.ciri-ciri.id/2018/05/ciri-ciri-wortel.html

Video fainal PRK

 https://youtu.be/Zh7L-6G-Olw