Thursday, January 30, 2020

daily activity 4

indonesia version

Hallo
     assalamualaikum
Kembali lagi di blog saya rara , hari ini saya kembali praktek di kitchen dan praktek terakhir di minggu ini , Menu hari ini untuk buffet ialah Europan Buffet kelompok saya mendapat menu Main Course ialah Spaghetti Bologneisse , Spaetzle , Beef Strawganof , Vegetable Tagliatelle untuk Lunch , dikarenakan hari ini semester II A membuat untuk breakfast jadi kelas kami menghidangkan hasil praktek menjadi Lunch .

    Sebelum kami memulai mengerjakan menu maincourse untuk Europan buffet kami online untuk diberikan sedikit materi tentang apa-apa yang akan dilakukan hari ini untuk mempermantap dalam mengerjakan menu tersebut dengan chef Dino dia adalah alumni dari poltekpar pada tahun 2008. kami di ajarkan bagaimana memplating menu untuk Buffet , bagaimana cara memasak makanan eropa dan sedikit menceritakan pengalamannya.
     
      setelah itu kami langsung melakukan pekerjaan masing , kemarin saya telah prepare untuk menu vegetable tagliatelle. hari ini saya langsung saute semua bahan dari menu tersebut. yang pertama saya saute yaitu onion and garlic dengan menggunakan butter setelah warnanya sudah mulai brown saya masukkan worter dan lobak yang sudah di blanc terlebih dahulu setelah lobak dan wortelnya udah layu saya masukkan zuchinni dan menambakan sedikit rasa. saya menggunakan Insert atau wadah yang biasa digunakan untuk buffet , dan menaburkan keju parmesan dan juga parsley yang telah dihaluskan .

     Setelah semuanya selesai semua menu Buffet akhirnya dikeluarkan pada pukul 11:15 mulai dari appetizer , dessert , main course dan soup tetapi untuk dessertnya yaitu Red velvet sedikit telat untuk dikeluarkan karena gagal adonannya terlalu tebal dan agak sedikit sulit untuk di roll . jadi mereka membuat yang lebih tipis lagi. Kemudian setelah melakukan praktek hari ini seperti biasa kami membersihkan kitchen atau melakukan general cleaning demi kebersihan di dalam kitchen.

Dan berikut adalah Menu Maincourse Europan Buffet yang kelompok saya Buat :
Terminologi vegetable tagliatelle

Tagliatelle (Pengucapan Italia: [taʎʎaˈtɛlle]; dengarkan (tolong · info)) dan tagliolini (dari tagliare Italia, yang berarti "memotong") adalah jenis pasta tradisional dari wilayah Emilia-Romagna dan Marche di Italia. Potongan individu tagliatelle panjang, pita datar yang mirip dalam bentuk untuk fettuccine dan biasanya sekitar 6,5 hingga 10 mm (0,26-0,39 inci) lebar. Tagliatelle dapat disajikan dengan berbagai saus, meskipun yang klasik adalah saus daging atau saus Bolognese. Tagliolini adalah jenis tagliatelle lain yang panjang dan berbentuk silindris, tidak panjang dan datar.

          Legenda mengatakan bahwa tagliatelle dibuat oleh koki pengadilan berbakat, yang terinspirasi oleh tata rambut Lucrezia d'Este pada kesempatan pernikahannya dengan Annibale II Bentivoglio, pada tahun 1487. Pada kenyataannya, ini adalah lelucon yang diciptakan oleh humoris Augusto Majani pada tahun 1931 .

englis version

       Before we started working on the main course for Europan buffet we were online to be given a little material about what would be done today to improve on working on the menu with chef Dino he was an alumni from poltekpar in 2008. we were taught how to platten menus for buffets  , how to cook European food and tell a little about his experience.
     
       after that we immediately did our respective jobs, yesterday I had prepared for the vegetable tagliatelle menu.  today I immediately saute all the ingredients from the menu.  the first one I saute is onion and garlic using butter after the color has started brown I put the carrots and turnips that have been blanced first after the turnips and carrots have withered I put zuchinni and add a little taste.  I use an insert or container used for buffets, and sprinkle with parmesan cheese and also mashed parsley.

      After everything is finished all Buffet menus are finally released at 11:15 starting from the appetizer, dessert, main course and soup but for dessert the Red velvet is a little late to be released because the dough fails too thick and is a bit difficult to roll.  so they make even thinner.  Then after practicing today as usual we clean the kitchen or do general cleaning for the sake of cleanliness in the kitchen.

Wednesday, January 29, 2020

utendil and equipment

Kitchen Utensil And Equipment
1.     Colling Rack

Function         :  Untuk mendinginkan makanan

Material         :  Stainless steel

Cleaning          : gunakan cairan pembersih dengan sponge kemudian bilas dengan air

                        Bersih


2.    Butter Roller



Functional      : Untuk memotong Butter dalam bentu bulat

Material         : Stainless steel

Cleaning          : gunakan cairan pembersih dengan sponge kemudian bilas dengan air

                                   Bersih

3.    Salmon Knife


Functional      : Untuk memotong salmon

Material         : Stainless steel

Cleaning          : gunakan cairan pembersih dengan sponge kemudian bilas dengan air

                         Bersih


4.     Loyang Press



Function : Loyang untuk chees cake

Material : stainless steel

Cleaning : gunakan cairan pembersih dengan sponge kemudian bilas dengan air

                Bersih
5.    Silicone putar

Function : Cetakan untuk pudding dan jelly

Material : Silicone

Cleaning : gunakan cairan pembersih dengan sponge kemudian bilas dengan air

                Bersih


   6.   Rak telur

Function : Untuk menyimpan telur

Material : plastic

Cleaning : gunakan cairan pembersih dengan sponge kemudian bilas dengan air

                Bersih

Daily activity 3

   Daily activity indo
Hallo
    assalamualaikum
selamat datang kembali di blog saya rara. kali ini saya akan menceritakan kegiatan yang saya jalani hari ini. kali ini kelompok kami mengola menu soup. yang oertama kami buat setelah atang di kitchen mengeluarkan prepare yang telah di simpan di chiller kemarin.
      saat ini sayamenggoreng perkadel kentang untuk condimen dari soto banjar dan teman yang lain mempersiapkan kondimen lainnya yaitu ayam suir, telur rebus. daun bawang, jeruk, bihun, dan jeruk. 
        Kemudian kami menyelesaikan semua menu Indonesian Buffet mulai dari Appetizer, dessert, main course , dan soup untuk membawa ke Restaurant sambil berkoordinasi dengan orang - orang yang berada di Restaurant , setelah semua menu di keluarkan kami membersihkan area tempat kami berkerja untuk kembali memulai preperation menu buffet lainnya.
         Setelah meyelesaikan Menu Indonesian Buffet , Kami memulai kembali preperation untuk Menu Europan Buffet atau Continental Buffet , kami mendaptkan Menu Main course europan dan saya mendaptkan Menu Vegetable  tagliatelle, Saya mengerjakan Menu tersebut bersama dengan 2 orang teman saya , dengan bahan-bahan yang telah kami preperationkan Onion, garlic yang dihaluskan kemudian prepare bahan utamanya yaitu zucchini, carrot,and lobak.
         setelah preparesion yang kami handle sudah slesai kami kemudian menyimpannyandi chiller agar tidah rusak untuk di olah keesokan harinyan.Kemudian kami akan melakukan general cleaning sembari menunggu teman kami yang lain melakukan preperation untuk menu yang di dapat masing-masing kelompok.
     

       
     
    
   
      Daily activity english
       Today we finished all indonesian menu start from Appetizer,dessert,main course and soup to bring to restaurant by cordination with people which there at restaurant, after all menu already out we clean the area where we work for back begin other preparation others buffet menu.
After finished indosesian buffet menu, we start again preparation for european buffet menu or continental menu, we got main course european menu and i got vegetable tagliatelle menu, i did the menu with two friends with the ingredients that we have prepared which is onion , crushed garlic and then we prepared main of menu which are zucchini,carrot,and radish 
After the preapration that we handle is done after that we kept in chiler so its noy easly damaged for manage the next day. After that we will do the general cleaning while waited for our friends to do the other preparation for menu which got in every grup.
                   
terminologo soto banjar
soto banjar adalah salah satu masakan tradisional dari kalantan selatan kususnya Banjarmasin. Soto Banjar merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Indonesia. Berbeda dengan soto lainnya di Indonesia, soto ini memiliki keunikan dalam penyajian dan cita rasanya.

Soto Banjar ini menggunakan ayam kampung  sebagai bahan utamanya. Bumbu yang di haluskan berupa bawang merah, bawang putih, merica. Bumbu rempah yang di gunakan berupa kapulaga, cengkeh, kayu manis dan pala. Pada proses pembuatannya, ayam di rebus bersama garam, daun salam dan jahe hingga empuk. Setelah ayam empuk lalu di angkat, kemudian bumbu yang di haluskan dan bumbu rempah tadi di tumis hingga harum kemudian di masukan kedalam air kaldu. Campuran bumbu yang di tumis dan kaldu ayam tadi akan memberikan aroma dan cita rasa yang sedap pada kuah Soto Banjar.

soto banjar berbeda dengan soto di indonesia pada umumnya. Berbagai bahan pelengkap yang di gunakan seperti mie soun, ketupat yang di potong kecil, irisan telur rebus, perkedel kentang, daun bawang dan batang seledri. Pada proses penyajiannya, ayam yang sudah di matang tadi disuwir suwir. Kemudian mie soun, perkedel kentang dan ketupat tadi di siapkan kedalam mangkok bersama ayam yang di suwir tadi. Tidak lupa taburkan irisan batang seledri  dan daun bawang. Kemudian bahan yang sudah di masukan kedalam mangkok tersebut di siram dengan kuah. Untuk menabah cita rasa, kita bisa menggunakan jeruk nipis, bawang goreng, sambal dan kecap manis.

Gambar : Penyajian Soto Banjar

cita rasa dari Soto Banjar ini memang unik. Rasa gurih dari kaldu dan bumbu yang menyatu dalam kuah soto memberikan cita rasa yang kuat pada Soto Banjar ini. Selain itu perpaduan bahan pelengkap yang bermacam - macam tadi membuat sensasi yang berbeda saat menyantapnya. Menu satu ini sangat nikmat ketika di santap saat siang hari yang panas, di temani dengan kerupuk dan teh manis membuat makan siang anda lebih nikmat.

Kuliner satu ini bisa kita temukan di warung soto di Banjarmasin. Dalam perkembangannya, menu satu ini tidak hanya populer di Kalimantan selatan, makanan satu ini sudah menyebar ke seluruh daerah di pulau Kalimantan dan di indonesia. Banyak penjual yang menjajakan menu satu ini untuk memuaskan rasa kangen masyarakat akan Soto Banjar. 

Gambar: Soto Banjar

Di setiap warung soto banjar biasanya tidak  hanya menjajakan Soto Banjar saja, namun juga ada menu lain seperti sate ayam dan sop banjar. Sop banjar merupakan menu seperti Soto Banjar, hanya saja penyajiannya tidak menggunakan ketupat, tapi menggunakan nasi. Bagi anda yang berkunjung ke kalimantan selatan maka kurang lengkap rasanya bila belum merakasakan kuliner satu ini.   


Tuesday, January 28, 2020

utensil and equipment


EQUPMENT


1. VEGETABLE PROCESSOR MACHINE

 Hasil gambar untuk vegetable processor machine
Vegetable processor machine is a equpment used for cut vegetables in large quantities with various forms, and thev materials from iro or stainless steel, and how to clean it with wet napkin.
2. COCONUT SCRAPER MACHINE


Hasil gambar untuk coconut scraper machine
is a equipment used for grate coconut more quickly in large quantities, the materials from iron or stainless steel, how to clean it with the wet npkin.
3. SINK

Hasil gambar untuk sink kitchen hotel
is a equipment used for wash all utensil in the kitchen, the materials from iron or stainless steel, and how to clean it with soap water and rinse with clean water.
UTENSIL

1. CAN OPENER



Hasil gambar untuk can opener
 
 Can Opener is a utensil for open the bottle or cans, the material is stainless steel, how to clean it with soap water and clean water.

 2.  SHARPENING STEEL

Hasil gambar untuk sharpening steel

Sharpening is a utensil for sharpen the knife to make it sharper, the material is iron or stainless steel, how to cleaning it with soap water and rinse with clean water.

3. STRAINER


Hasil gambar untuk strainer
Strainer is a equipment for filter a stoch, teh, or another liquid, the material is stainless steel, and how to clean it with soap water and rinse with clean water.



sumber : https://quizlet.com/27228425/basic-kitchen-equipment-utensils-flash-cards/

Daily activity 2

      Daily activity version indo
Hallo
   assalamualaikum
kembali lagi di blog saya rara. hari ini hari kedua saya masuk kitchen kampus dan kali ini saya dan kelompok kami mengola preparean kami yang telah kami selesaikan kemarin.
    pertama yang kami buat yaitu membuat menu peco doang. di sini saya langsung mengulek bahan yang telah siap kemudian di lanjutkan oleh teman saya yang lain untuk memberi rasa. setelah itu gerupuk pun sudah selesai di goreng.
        kemudian saya menggoreng jalankote sampe selesai dan menyajikan di plate yang sudah di persiapkan. karna kelompok kamai yang mendapat bagain apeteiser jadi makanan kamai yang duluan di plating. dan inilah gambar dari pleting dari kelompok kami.


     sembari makanan dimasukkan ke dalam resto kami memulai prepare untuk menu soup. di sini kami akan prepare soto banjar dan ikan cuka. pertama yang kami prepare yaitu perkadel kentang dan bumbu putih untuk soto banjar.

     kemudian saya meberi marinade pada ikan yang sudah di fillets. kemudian saya diamkan selama satu jam. dan sambil saya diamkan saya membuat chiken stock.
     setelah preparean dari kelompok kamai selesai. kami di arahkan untuk break dan mempersiapkan anak bangsa untuk makan bersama. setelah makan kami melanjutkan aktivitas setelah selesai peraktek yaitu general cleaning bersam.
  

Daily activity version english
Hello
    assalamualaikum
 greetings come again on my blog my name is rara.  This time I managed to prepare the apeteiser menu, which is peco, only jaloteote and condiments from the main course menu.  here I started to haul haan from this peco doang.
      then I proceed to fry the jalankote and then I immediately glare in the pleate that has been prepared.  because in our group we got the apeteiser menu and this food was the first time they were allowed to enter the restaurant.
          After the apeteiser menu from the group, we have tidied up and continue to prepare the Indonesian buffet menu.  and this time our group was placed on the soup menu.  so what we have to prepare today is soto banjar and vinegar fish.





                Termimologi
Bawang Bombai

Bawang bombai adalah jenis bawang yang paling banyak dan luas dibudidayakan, dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan, berbentuk bulat besar dan berdaging tebal. Ditengarai bawang bombai berasal dari Asia Tengah, kemungkinan Palestina, lalu menyebar ke Eropa dan India, dan masuk dibawa oleh para pedagang dari sana. Kemungkinan besar bawang bombai masuk ke Indonesia seiring masuknya para pedagang dari India atau penjajah dari Belanda. Orang Belanda pernah mencoba membudidayakan bawang bombai di Padang, tetapi terhitung gagal. Tanah yang lebih cocok ditengarai di Karo karena terbukti hasilnya sangat memuaskan. Penggunaannya di Indonesia pada awalnya populer dipakai pada masakan Cina dan Eropa, namun belakangan banyak makanan Indonesia yang mempergunakannya.

Karakteristik :

Bawang bombai memiliki aroma yang khas bila dibanding dengan bawang merah biasa, umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Pohonnya tumbuh tegak ke atas, akarnya serabut dan tidak terlalu panjang, daunnya bebentuk seperti pipa namun pipih berwarna hijau tua dan berukuran lebih besar dibandingkan daun bawang merah biasa. Batang semunya merupakan pelepah daun dan menimbulkan jejak cincin-cincin, pangkal pelepahnya melebar dan menebal membentuk bengkakan besar yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, bengkakan itu sendiri adalah umbi bawang.  Pada bagian pangkal umbi terdapat batang rudimenter yang menyerupai cakram yang merupakan bawang yang sebenarnya. Bunganya majemuk dan berbentuk lingkaran bulat dengan tangkai bunga besar, kuat serta besar di bagian bawah. Pada ujung tangkai bunga kadang-kadang berbentuk umbi-umbi kecil yang dapat juga dimanfaatkan sebagai bibit. Bunga bawang bombai dapat juga berbentuk biji yang cukup dengan warna hitam.

  Manfaat :

Penggunaan terbesar adalah untuk bahan dan bumbu masakan. Khasiat bawang bombai sangat banyak, yaitu antioksidan alami, mampu menekan efek sinogenik dari senyawa radikal bebas. Fungi pada umumnya adalah memperkecil risiko penyakit degeneratif seperti kanker kolon. Bawang bombai juga dipakai secara umum untuk menyembuhkan berbagai penyakit pencernakan, flu, kembung, mual, maag, disentri, dan membunuh cacing dalam perut. Sifat senyawa bawang bombai bersifat hipolipidemik, yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Mengkonsumsi satu siung dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 30%. Manfaat lainnya, dapat menyembuhkan penyakit radang hati, radang sendi, radang tonsil, radang pada tenggorokan, serta radang telinga.

 Nutrisi :

Dalam 100 gram bawang bombai mengandung :
-          Air : 87.5 gr
-          Energi : 43 kal
-          Protein : 1,4 gr
-          Karbohidrat : 10,3 gr
-          Serat : 2 gr
-          Lemak : 0,2 gr
-          Natrium : 12 mg
-          Kalium : 9,6 mg
-          Vitamin C : 9 mg
-          Kalsium : 32 mg
-          Besi : 0,5 mg
-          Zink : 0,3 mg
-          Vitamin B2 : 0,21 mcg
-          Karoten total: 50 mcg

Dilihat dari nilai gizi tersebut, bawang bombai termasuk bahan makanan yang mengandung padat zat gizi, rendah kalori namun tinggi akan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan di dalamnya.
 





Describe some ingredients

1.    Tepung Tapioka 

Hasil gambar untuk tepung tapioka                                          

      Tepung tapioka adalah pati dari umbi singkong yang dikeringkan dan dihaluskan. Dalam bahasa inggris disebut dengan cassava flour atau tapioca starch dengan nama latin Manihot Utilissima. Tepung tapioka adalah salah satu tepung bebas protein dan bebas gluten. Tepung tapioka cenderung sulit digenggam menjadi gumpalan dalam keadaan kering dikarenakan teksturnya yang sangat halus, kesat dan menimbulkan bunyi ketika diremas, sehingga mudah sekali dibedakan dengan tepung – tepung lainnya. Tepung tapioka juga memiliki sifat yang tidak larut dalam air yang bersuhu normal.

     Tepung tapioka banyak digunakan sebagai bahan pengental, bahan pengisi dan bahan pengikat dalam industri makanan, seperti dalam pembuatan puding, sup, makanan bayi, es krim, pengolahan sosis daging, industri farmasi, dan juga banyak dipakai sebagai campuran pakan atau makanan ternak. 

      Tepung tapioka adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tepung Tapioka mengandung energi sebesar 362 kkali, protein 0,5 gr, karbohidrat 86,9 gr, lemak 0,3 gr, kalsium 0 mg, fosfor 0 mg, dan zat besi 0 mg. Selain itu di dalam Tepung Tapioka juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 mg dan vitamin C 0 mg. 

2.    Tepung Maizena 
                                     
Hasil gambar untuk tepung maizena                                       

     Tepung maizena (corn starch) adalah sebutan populer untuk tepung pati jagung. Kata "maizena" sendiri awalnya adalah brand atau merk dari suatu produk tepung jagung yang ada di Meksiko. Tapi, di Indonesia, akhirnya penyebutan tepung maizena lebih populer dan mudah dikenali daripada tepung pati jagung itu sendiri. Tekstur tepung maizena halus dan lembut seperti tepung terigu, namun warnanya lebih pucat dan keruh daripada tepung terigu. Di Indonesia ada beberapa macam merk tepung maizena yang terkenal, diantaranya Maizenaku, Hawai in Harvest, Clara Maizena, dan beberapa merk lainnya. 

     Tepung maizena sering menjadi bahan tambahan atau bahan pengganti terigu dalam pembuatan makanan. Misalnya, dalam pembuatan cake, kue kering, bubur, puding, dan saus. Tepung maizena akan menghasilkan tekstur makanan yang lebih pas. Penggunaannya memang tidak boleh terlalu banyak, karena penggunaan yan berlebihan justru akan membuat kue lebih cepat basi dan berjamur. Karena terbuat dari jagung, maka tepung maizena adalah jenis tepung yang bebas gluten. Maizena juga cenderung tidak mengandung lemak, sangat baik untuk diet. 

     Tepung maizena mengandung energi sebesar 343 kkal, protein 0,3 gr, karbohidrat 85 gr, lemak 0 gr, kalsium 20 mg, fosfor 30 mg, dan zat besi 2 mg. Selain itu, tepung maizena juga memiliki kandungan vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 mg dan vitamin C 0 mg. 

3.    Tepung Terigu 

Hasil gambar untuk tepung terigu                                         

     Tepung terigu adalah salah satu bahan makanan yang dibuat dari biji gandum yang berbentuk serbuk atau butiran sangat halus, dan berwarna putih. Tepung terigu merupakan salah satu jenis tepung yang sering digunakan masyarakat dalam membuat berbagai jenis makanan dan masakan. Kata "terigu" sebenarnya diambil dari bahasa Portugis "trigo" yang memiliki arti "gandum". Namun, ada sedikit perbedaan antara gandum utuh dengan terigu. Jika gandum berwarna cokelat dan cenderung lebih kasar, maka terigu berwarna putih dan lebih halus. Ini disebabkan karena terigu mengalami beberapa tahap pengolahan. Karena itulah, terigu lebih banyak mengandung gluten dan punya kadar kekenyalan lebih tinggi dibandingkan gandum utuh. 

     Tepung terigu sebagai salah satu bahan pangan populer tentu saja memiliki banyak manfaat di dalamnya. Misalnya, terigu digunakan sebagai bahan pokok dalam pembuatan mie, roti, biskuit, dan bubur. Berdasarkan zat protein yang dikandungnya, tepung terigu dibagi menjadi 3 jenis, yaitu tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, dan tepung terigu protein rendah. Semakin tinggi kadar proteinnya, semakin tinggi pula kadar kekenyalannya. Karena itu, tepung terigu yang paling cocok untuk membuat mie, roti, atau pasta adalah terigu berprotein tinggi. 

     Tepung terigu mengandung energi sebesar 365 kkal, protein 8,9 gr, karbohidrat 77,3 gr, lemak 1,3 gr, kalsium 16 mg, fosfor 106 mg, dan zat besi 1 mg. Tepung Terigu juga mengandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,12 mg, serta vitamin C 0 mg. 

describes some ingredients

1.   Cengkeh

Hasil gambar untuk cengkeh

1. History Of Ingredient :
Pada abad yang keempat, pemimpin Dinasti Han dari Tiongkok memerintahkan setiap orang yang mendekatinya untuk sebelumnya menguyah cengkih, agar harumlah napasnya. Cengkih, pala dan merica sangatlah mahal pada zaman Romawi. Cengkih menjadi bahan tukar menukar oleh bangsa Arab pada abad pertengahan. Pada akhir abad ke-15, orang Portugis mengambil alih jalan tukar menukar di Laut India. Bersama itu diambil alih juga perdagangan cengkih dengan perjanjian Tordesillas dengan Spanyol, selain itu juga dengan perjanjian dengan sultanTernate. Orang Portugis membawa banyak cengkih yang mereka peroleh dari kepulauan Maluku ke Eropa. Pada saat itu harga 1 kg cengkih sama dengan harga 7 gram emas.
Perdagangan cengkih akhirnya didominasi oleh orang Belanda pada abad ke-17. Dengan susah payah orang Prancis berhasil membudayakan pohon Cengkih di Mauritius pada tahun 1770. Akhirnya cengkih dibudayakan di Guyana, Brasilia dan Zanzibar.
Pada abad ke-17 dan ke-18 di Inggris harga cengkih sama dengan harga emas karena tingginya biaya impor. Sebab cengkih disana dijadikan salah satu bahan makanan yang sangat berkhasiat bagi warga dan sekitarnya yang mengonsumsi tanaman cengkih tersebut. Sampai sekarang cengkih menjadi salah satu bahan yang diekspor ke luar negeri.
Pohon cengkih yang dianggap tertua yang masih hidup terdapat di Kelurahan Tongole, Kecamatan Ternate Tengah, sekitar 6 km dari pusat kota Ternate. Poho yang disebut sebagai Cengkih Afo ini berumur 416 tahun, tinggi 36,60 m, berdiameter 198 m, dan keliling batang 4,26 m. Setiap tahunnya ia mampu menghasilkan sekitar 400 kg bunga cengkih.


2.Nutrient Content :
Banyaknya Cengkeh Kering yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
Bagian Cengkeh Kering yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Cengkeh Kering = 292 kkal
Jumlah Kandungan Protein Cengkeh Kering = 5,2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Cengkeh Kering = 8,9 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Cengkeh Kering = 57,4 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Cengkeh Kering = 740 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Cengkeh Kering = 100 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Cengkeh Kering = 5 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Cengkeh Kering = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Cengkeh Kering = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Cengkeh Kering = 0 mg


3. Function Of Ingredient :
Cengkeh memiliki khasiat yang mengejutkan. Dalam bahan pangan sekecil cengkeh terkandung banyak zat-zat bermanfaat seperti zat anti inflamasi, antibiotik, dan minyak esensial. Cengkeh bermanfaat untuk mengobati sakit gigi, mencegah radang, dan menjaga sistem pencernaan. Cengkeh juga berguna layaknya rempah-rempah lain yaitu menghangatkan tubuh. Cengkeh juga bisa mengatasi sinusitis dan membantu merangsang keluarnya lendir yang tertahan. Cengkeh juga baik untuk kecantikan misalnya menghilangkan flek pada wajah dan menyembuhkan peradangan akibat jerawat.
Dalam masakan, cengkeh umumnya digunakan sebagai penambah aroma seperti pada gulai, kari, nasikebuli, dan sebagainya. Masakan timur tengah banyak mengandung cengkeh sebagai penambah aroma. Tidak hanya itu saja, cengkeh juga dapat dijadikan hiasan misalnya pada kue nastar, bolu, dan sebagainya.


4. Characteristic Of Ingredient :
Deskripsi cengkeh yakni mempunyai habitus pohon dengan tinggi mencapai 5-10 meter. Cengkeh memiliki akar tunggang yang panjang dan kuat (Ketaren, 1985). Tajuk tanaman cengkeh umumnya berbentuk kerucut. Cabang-cabangnya sangat banyak dan rapat, pertumbuhan agak mendatar dan ukurannya relatif kecil jika dibandingkan dengan batang utama. Tanaman cengkeh memiliki daun yang tidak lengkap karena hanya mempunyai tangkai daun (petiolus) dan helaian daun (lamina), namun tidak memiliki pelepah daun (vagina). Daun tunggal bertangkai dan duduk bersilang. Bangun daunnya memanjang (oblongus), bagian ujung runcing (acutus), pangkalnya meruncing (acuminatus), susunan tulang menyirip (penninervis), tepi daunnya rata (integer), daging daunnya seperti kertas, tipis, tetapi cukup tegar. Daun berukuran panjang 2,5-5 cm dan lebar 6-13,5 cm. Daun berwarna merah muda ketika masih muda dan hijau ketika mulai menua dengan permukaan licin dan mengkilap karena keberadaan kelenjar minyak 

Source : http://www.generasibiologi.com/2018/04/klasifikasi-ciri-deskripsi-kandungan-manfaat-cengkeh-cengkih.html


2.   Garam

Hasil gambar untuk garam

1. History Of Ingredient :
Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl−), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO−) dan ion monoatomik seperti fluorida (F−), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.
Ada banyak macam-macam garam. Garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidroksida ketika dilarutkan dalam air maka dinamakan garam basa. Garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidronium di air disebut sebagai garam asam. Garam netral adalah garam yang bukan garam asam maupun garam basa. Larutan Zwitterion mempunyai sebuah anionik dan kationik di tengah di molekul yang sama, tetapi tidak disebut sebagai garam. Contohnya adalah asam amino, metabolit, peptida, dan protein.
Larutan garam dalam air (Misalnya natrium klorida dalam air) merupakan larutan elektrolit, yaitu larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Cairan dalam tubuh makhluk hidup mengandung larutan garam, misalnya sitoplasma dan darah. Tapi, karena cairan dalam benda ini juga mengandung banyak ion-ion lainnya, maka tidak akan membentuk garam setelah airnya diuapkan.


2.Nutrient Content :
Garam komersial ini disebut garam rafinasi ( refined ) dengan kandungan garam 99.5 - 99.9 % adalah NaCl ( Natrium Klorida ). Kurang lebih 38-40 %nya adalah jumlah dari mineral Natrium. Garam rafinasi komersial rendah natrium dipasaran biasanya mengandung kadar 10 -14 % Natrium. Garam komersial biasa disebut garam rafinasi, contoh yang lain adalah Pop corn salt ( pada penyedap pop corn ), garlic salt ( garam untuk bawang putih ), Lite salt ( garam kalium Klorida ), smoke salt ( garam yang diasapkan kemudian ditambahkan dalam makanan ).
Sekarang ada juga garam yang digunakan oleh masyrakat, yang tergolong garam tanpa rafinasi ( Unrefined) .


3.Function Of Ingredients :
Tidak banyak yang tahu kalau air garam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh selain membuat rasa pada masakan , salah satunya manfaat air garam mengembalikan kesegaran tubuh dengan merendam kaki di air garam yang hangat. Kesegaran tubuh akan terasa dengan melakukan hal sederhana ini. Air garam memiliki khasiat yang jarang orang perhatikan. Untuk itu, Tips bermanfaat akan berbagi pengetahuan yang sering orang abaikan dibalik kandungan air garam yang bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran tubuh., terutama bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk beristirahat saat sepulang kerja.

4.Characteristic Of Ingredients :
Asin , menyerupai pasir

Source : https://caramenurunkankadartrigliseridatinggiblog.wordpress.com/tag/kandungan-yang-terdapat-pada-garam/


3.   GULA PASIR 
 
Hasil gambar untuk gula pasir

1. History of ingredient 
Sumber gula di Indonesia sejak masa lampau adalah cairan bunga (nira) kelapa atau enau, serta cairan batang tebu. Tebu adalah tumbuhan asli dari Nusantara, terutama di bagian timur. 
Ketika orang-orang Belanda mulai membuka koloni di Pulau Jawa kebun-kebun tebu monokultur mulai dibuka oleh tuan-tuan tanah pada abad ke-17, pertama di sekitar Batavia, lalu berkembang ke arah timur. 
Puncak kegemilangan perkebunan tebu dicapai pada tahun-tahun awal 1930-an, dengan 179 pabrik pengolahan dan produksi tiga juta ton gula per tahun. Penurunan harga gula akibat krisis ekonomi merontokkan industri ini dan pada akhir dekade hanya tersisa 35 pabrik dengan produksi 500 ribu ton gula per tahun. Situasi agak pulih menjelang Perang Pasifik, dengan 93 pabrik dan prduksi 1,5 juta ton. Seusai Perang Dunia II, tersisa 30 pabrik aktif. Tahun 1950-an menyaksikan aktivitas baru sehingga Indonesia menjadi eksportir netto. Pada tahun 1957 semua pabrik gula dinasionalisasi dan pemerintah sangat meregulasi industri ini. Sejak 1967 hingga sekarang Indonesia kembali menjadi importir gula. 
Macetnya riset pergulaan, pabrik-pabrik gula di Jawa yang ketinggalan teknologi, tingginya tingkat konsumsi (termasuk untuk industri minuman ringan), serta kurangnya investor untuk pembukaan lahan tebu di luar Jawa menjadi penyebab sulitnya swasembada gula. 
Pada tahun 2002 dicanangkan target Swasembada Gula 2007. Untuk mendukungnya dibentuk Dewan Gula Indonesia pada tahun 2003 (berdasarkan Kepres RI no. 63/2003 tentang Dewan Gula Indonesia). Target ini kemudian diundur terus-menerus. 

2. Nutrient content 
Jumlah Per 
100 g 
Kalori (kcal) 386 
Jumlah Lemak 0 g 
Lemak jenuh 0 g 
Lemak tak jenuh ganda 0 g 
Lemak tak jenuh tunggal 0 g 
Kolesterol 0 mg 
Natrium 1 mg 
Kalium 2 mg 
Jumlah Karbohidrat 100 g 
Serat pangan 0 g 
Gula 100 g 
Protein 0 g 
Vitamin A 0 IU Vitamin C 0 mg 
Kalsium 1 mg Zat besi 0,1 mg 
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0 mg 
Vitamin B12 0 µg Magnesium 0 mg 

3. Function of ingredient 
- Sebagai bahan pemanis alami pada makanan. 
- Sebagai pengawet makanan. 
- Membantu meningkatkan fermentasi. 
- Membantu dalam pembentukan warna pada makanan. 
- Menanbahkan nilai mutu produk. 

4. Characteristic of ingredient 
- Tidak berwarna. 
- Kristal padat yang dapat larut dalam air. 
- Mempunyai rasa manis. 

Source : 
http://tripavillage.blogspot.com/2013/09/fungsi-gula-dalam-pengolahan-pangan.html 

https://id.wikipedia.org/wiki/Gula#Sejarah_Industri_gula_di_Indonesia 
https://lms.ipb.ac.id/mod/resource/view.php?id=5467 

Video fainal PRK

 https://youtu.be/Zh7L-6G-Olw