Monday, February 10, 2020

Daily activity

Daily activity version indobesia
Hallo
      assalamualaikum.
kembali lagi di blog saya rara, Hari ini minggu kedua saya menjalankan prakterk di kitchen setelah minggu yang lalu saya masuk kedalam menu Buffet , di minggu kedua ini saya dan teman-teman melanjutkan atau mengulang menu buffet seperti di minggu pertama , kami melanjutkan menu Buffet Indonesian , di karenakan cuaca hari ini sedikit tidak bersahabat kami memulai kelas di kitchen pada pukul 09:00.
       Kemudian kami online dan berdiskusi tentang praktik yang hari ini akan kami jalankan di
dalam kitchen , seperti biasanya di hari ini kami hanya melakukan praktek preperan saja di hari senin  agar tidak terburu-buru untuk membuat menu Buffet tersebut ,  setelah pembagian menu buffet kelompok saya mendapatkan main course Indonesia Buffet yaitu : 
-AYAM TALLIWANG
-RENDANG 
- PELECING SAYUR 
-TERANG SANTAN 
-NASI PUTIH
       saya dan kelompok saya membagi tugas, sedangkan saya mengerjkn menu rendang.di karenakan bahan yang belum lengkap adanya  atau belum datang , saya hanya memprepare bumbu untuk rendang walaupun bahannya belum lengkap dan hanya bahan yang ada saya kelolah sembari menunggu bahan datang , saya membatu teman kelompok saya yang lain agar preperan cepat terselesaikan. 
      Kemudian saya memotong daging rendang sebagaimana potongan rendang yaitu melintang serat , tujuannya agar daging menjadi lebih mudah lunak dan menyerap bumbu , kemudian setelah itu saya mencampurkan daging dan bumbunya lalu memasukkan kedalam plastik untuk men sosu vide daging tesebut dengan suhu 60'c dengan waktu awal 2 jam .
       Sambil menunggu daging rendang yang saya sous vide , kami melakukan general cleaning seperti biasanya agar kitchen tetap bersih dan dapat di gunakan kembali untuk praktek keeseokan harinya.

Terminologi Rendang

Rendang adalah masakan yang mengandung bumbu rempah yang kaya. Selain bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai pemasak. Keunikan rendang adalah penggunaan bumbu-bumbu alami, yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. Tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu.

Proses memasak rendang asli dapat menghabiskan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam), karena itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran. Potongan daging dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk pelan-pelan hingga santan dan bumbu terserap daging. Setelah mendidih, apinya dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi kering. Memasak rendang harus sabar dan telaten ditunggui, senantiasa dengan hati-hati dibolak-balik agar santan mengering dan bumbu terserap sempurna, tanpa menghanguskan atau menghancurkan daging. Proses memasak ini dikenal dalam seni kuliner modern dengan istilah 'karamelisasi'. Karena menggunakan banyak jenis bumbu, rendang dikenal memiliki citarasa yang kompleks dan unik.


Daily activity version english
Hello 
 assalamualaikum.
 back again on my blog rara, this time we returned to manage the buffet menu and on this day we prepare indonesia buffet.  After distributing the buffet menu my group got the Indonesia Buffet main course which is:
 -Chicken TALLIWANG
 -REFEND
 - VEGETABLE PELECING
 - BRIGHTNESS
 -WHITE RICE
        My group and I divide the tasks, while I work on rendang menu. Because of the incomplete ingredients or not yet present, I only prepare spices for Rendang even though the ingredients are incomplete and only the ingredients I manage while waiting for the ingredients to arrive, I help petmates  I am the other one so that the preper is quickly resolved.
       Then I cut the rendang meat as a rendang cut, which is transverse fiber, the goal is to make the meat more tender and absorb the spices, then after that I mix the meat and spices then put it in plastic to cover the meat with the temperature of 60'c with an initial time of 2  hour .
        While waiting for rendang meat that I sous vide, we do general cleaning as usual so that the kitchen stays clean and can be used again for the next day's practice.

No comments:

Post a Comment

Video fainal PRK

 https://youtu.be/Zh7L-6G-Olw