Saturday, May 18, 2019

Food terminologi

FOOD TERMINOLOGI

roti.jpg

 1. ROTI
Roti adalah salah satu makanan tertua di dunia. Sejarah roti yang panjang konon berawal dari Mesir dan Mesopotamia. Saat mereka menemukan cara lain untuk menikmati gandum. Gandum yang awalnya dikonsumsi langsung ternyata dapat dilumat bersama air sehingga membentuk pasta. Pasta yang dimasak diatas api kemudian mengeras dan dapat disimpan beberapa hari. Teknik paling dasar memasak roti seperti ini masih digunakan dibeberapa negara walau perkembangan teknik dan jenis roti modern semakin beragam. Sebut saja tortila Mexico, roti canai India, Pita di Timur Tengah, dan lain-lain. Roti-roti semacam ini dikenal lebih dengan nama istilah roti datar.
Sementara ragi roti ditemukan saat mereka menyimpan sedikit adonan dari hari sebelumnya dan ditambahkan pada adonan yang baru. Kemudian dikembangkan pula jenis gandum yang baru yang memungkinkan terciptanya jenis roti yang baru. Dari Mesir inilah bangsa Yunani mengambil teknologi pembuatan roti. Teknologi yang kemudian menyebar di seluruh Eropa dan menjadikan roti sebagai makanan yang dianggap penting oleh masyarakatnya. Di Roma bahkan roti dan gandum lebih penting ketimbang daging.
Saat itu warna roti membedakan ‘kelas’ dalam masyarakat. Semakin gelap warna roti yang dikonsumsi semakin rendah satus sosialnya. Hal ini dikarenakan tepung putih yang mahal. Tetapi jaman sekarang roti berwarna gelap justru lebih mahal karena rasanya yang lebih enak dan kandungan gizinya yang lebih tinggi. Saat ini roti sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Tidak hanya berbetuk datar, kita bisa menikmati roti beraneka bentuk, rasa, dan ukuran.

Sumber :

2. FRENCH BREAD 
Hasil gambar untuk sejarah french bread
Baguette (bəˈɡɛt) adalah roti yang bentuknya lain dari roti lainnya yaitu panjang dan ukurannya yang besar, dan sangat renyah. Diameter standar Baguette kira-kira 5 atau 6 cm, tetapi panjangnya dapat mencapai 1 meter. Roti ini memiliki berat 250 gram. Tekstur luarnya sangat keras. Di mana dalamnya putih dan lembut. Dan ketika ditekan, ia akan kembali ke bentuk semulanya. Yang mana ini merupakan tes untuk mengetahui roti yang masih baik.
Roti ini menjadi simbol budaya di Perancis. Selain anggur wine dan keju.
Roti ini memiliki beberapa variasi seperti: -Roti Setengah Panjang, Digunakan dengan keju, selai dan bahkan untuk dicelupkan ke kopi atau cokelat. -Roti Panjang Tidak selalu 250 gram. Seperti, roti Parisian 400 gram, dan jenis flute memiliki berat 125 gram.
Roti ini dibuat hanya dari tepung, air, ragi dan garam. Tanpa adanya telur, susu dan minyak.
SUMBER : https://id.wikipedia.org/wiki/Baguette

3.Donat
Jenis roti lain yang jadi favorit orang Indonesia adalah donut. Roti ini dibuat dari tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Cara pembuatannya bukan dengan dipanggang melainkan digoreng. Resep donat paling tua berasal dari Amerika Serikat, dibuat oleh Hanson Gregory tahun 1847. Ada dua jenis donat yaitu bentuk cincin dengan lubang di tengah dan bentuk bundar dengan isian manis di dalamnya.
4.Croissant
Roti sabit (bahasa Inggriscroissant) (IPA[kʁwa'sɑ̃] Tentang suara ini dengar  adalah sejenis kue kering (pastry) yang berasal dari Perancis, dinamakan demikian karena bentuknya menyerupai bulan sabit. Menurut legenda, roti ini berasal dari Eropa untuk merayakan kemenangan pasukan Franks atas pasukan Umayyad dalam peperangan di Tours pada tahun 732, dengan bentuk seperti bulan sabit, sedangkan dalam legenda yang lain atau menurut sumber-sumber yang lain roti ini diciptakan pertamakali di Buda atau Vienna pada tahun 1683 untuk merayakan kemenangan pasukan Kristen atas Ottoman pada peperangan memperebutkan kota ini, sebagai gambaran atas bendera Ottoman; Jangka waktu pembuatannya menurut tata cara mula-mulanya dapat memakan waktu beberapa hari; maka dari itu, perlu tingkat kesabaran yang tinggi. Dewasa ini, roti sabit dalam jumlah besar biasanya dibuat dengan mesin.
Di Perancis, roti sabit umumnya dijual tanpa isi dan dimakan tanpa tambahan mentega. Namun di luar negara asalnya, terdapat pula roti sabit yang berisikan cokelatdaging, dan sebagainya
5.Muffin
Jika di Prancis ada banyak sekali varian roti yang cukup terkenal di dunia, maka Inggris juga nggak mau kalah. Negara yang satu ini punya muffin yang digemari banyak kalangan. Roti yang dibuat dengan cara dipanggang ini punya tekstur yang sangat lembut. Banyak varian rasa muffin yang kini dikreasikan masyarakat. Roti jenis ini sangat cocok sebagai menu sarapan pagi.
6.Multigrain
Multigrain atau roti gandum ini sangat cocok untuk kamu yang sedang diet atau ingin mengubah pola makan dan hidup lebih sehat. Gandum yang kaya serat tentu baik untuk kesehatan jantung. Roti ini berbentuk segi empat, mirip dengan roti tawar biasa. Permukaan roti ini berwarna cokelat dengan butiran gandung di dalamnya.
7.Bridge Roll
Bridge roll biasa disebut sebagai soft roll. Roti yang terbuat dari tepung terigu ini berwarna putih dan rasanya tawar. Bentuknya panjang dengan tekstur yang padat dan lembut. Orang Indonesia sangat suka dengan jenis roti yang satu ini. Banyak produsen roti yang menjual bridge roll yang diisi dengan berbagai macam selai.
8.SPONGE CAKE 
Hasil gambar untuk sejarah macam sponge cake
Kue sponge adalah sebuah kue yang berbahan dasar tepung (biasanya tepung gandum), gula, dan telur, terkadang dicampur dengan baking powder yang biasanya dijual, dengan struktur yang dapat mengambang, seperti porifera. Kue sponge dibuat dengan metode adonan encer atau metode foam.
9.ROTI GANDUM 
Hasil gambar untuk sejarah ROTI GANDUM
Gandum (Triticum spp.) adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigupakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol. Pada umumnya, biji gandum (kernel) berbentuk opal dengan panjang 6–8 mm dan diameter 2–3 mm. Seperti jenis serealia lainnya, gandum memiliki tekstur yang keras. Biji gandum terdiri dari tiga bagian yaitu bagian kulit (bran), bagian endosperma, dan bagian lembaga (germ). https://id.wikipedia.org/wiki/Roti
10.Roti Bialy
Macam-macam Roti
Macam-macam Roti
Roti Bialy ini juga berasal dari Eropa Timur, khususnya Polandia, tapi agak sedikit berbeda dengan bagel, bentuknya bulat tapi memiliki lubang atau kawah di bagian atasnya biasanya diisi dengan irisan bawang bombay.
https://www.rumahmesin.com/macam-macam-roti/

No comments:

Post a Comment

Video fainal PRK

 https://youtu.be/Zh7L-6G-Olw