Tuesday, January 28, 2020

Daily activity 2

      Daily activity version indo
Hallo
   assalamualaikum
kembali lagi di blog saya rara. hari ini hari kedua saya masuk kitchen kampus dan kali ini saya dan kelompok kami mengola preparean kami yang telah kami selesaikan kemarin.
    pertama yang kami buat yaitu membuat menu peco doang. di sini saya langsung mengulek bahan yang telah siap kemudian di lanjutkan oleh teman saya yang lain untuk memberi rasa. setelah itu gerupuk pun sudah selesai di goreng.
        kemudian saya menggoreng jalankote sampe selesai dan menyajikan di plate yang sudah di persiapkan. karna kelompok kamai yang mendapat bagain apeteiser jadi makanan kamai yang duluan di plating. dan inilah gambar dari pleting dari kelompok kami.


     sembari makanan dimasukkan ke dalam resto kami memulai prepare untuk menu soup. di sini kami akan prepare soto banjar dan ikan cuka. pertama yang kami prepare yaitu perkadel kentang dan bumbu putih untuk soto banjar.

     kemudian saya meberi marinade pada ikan yang sudah di fillets. kemudian saya diamkan selama satu jam. dan sambil saya diamkan saya membuat chiken stock.
     setelah preparean dari kelompok kamai selesai. kami di arahkan untuk break dan mempersiapkan anak bangsa untuk makan bersama. setelah makan kami melanjutkan aktivitas setelah selesai peraktek yaitu general cleaning bersam.
  

Daily activity version english
Hello
    assalamualaikum
 greetings come again on my blog my name is rara.  This time I managed to prepare the apeteiser menu, which is peco, only jaloteote and condiments from the main course menu.  here I started to haul haan from this peco doang.
      then I proceed to fry the jalankote and then I immediately glare in the pleate that has been prepared.  because in our group we got the apeteiser menu and this food was the first time they were allowed to enter the restaurant.
          After the apeteiser menu from the group, we have tidied up and continue to prepare the Indonesian buffet menu.  and this time our group was placed on the soup menu.  so what we have to prepare today is soto banjar and vinegar fish.





                Termimologi
Bawang Bombai

Bawang bombai adalah jenis bawang yang paling banyak dan luas dibudidayakan, dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan, berbentuk bulat besar dan berdaging tebal. Ditengarai bawang bombai berasal dari Asia Tengah, kemungkinan Palestina, lalu menyebar ke Eropa dan India, dan masuk dibawa oleh para pedagang dari sana. Kemungkinan besar bawang bombai masuk ke Indonesia seiring masuknya para pedagang dari India atau penjajah dari Belanda. Orang Belanda pernah mencoba membudidayakan bawang bombai di Padang, tetapi terhitung gagal. Tanah yang lebih cocok ditengarai di Karo karena terbukti hasilnya sangat memuaskan. Penggunaannya di Indonesia pada awalnya populer dipakai pada masakan Cina dan Eropa, namun belakangan banyak makanan Indonesia yang mempergunakannya.

Karakteristik :

Bawang bombai memiliki aroma yang khas bila dibanding dengan bawang merah biasa, umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Pohonnya tumbuh tegak ke atas, akarnya serabut dan tidak terlalu panjang, daunnya bebentuk seperti pipa namun pipih berwarna hijau tua dan berukuran lebih besar dibandingkan daun bawang merah biasa. Batang semunya merupakan pelepah daun dan menimbulkan jejak cincin-cincin, pangkal pelepahnya melebar dan menebal membentuk bengkakan besar yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, bengkakan itu sendiri adalah umbi bawang.  Pada bagian pangkal umbi terdapat batang rudimenter yang menyerupai cakram yang merupakan bawang yang sebenarnya. Bunganya majemuk dan berbentuk lingkaran bulat dengan tangkai bunga besar, kuat serta besar di bagian bawah. Pada ujung tangkai bunga kadang-kadang berbentuk umbi-umbi kecil yang dapat juga dimanfaatkan sebagai bibit. Bunga bawang bombai dapat juga berbentuk biji yang cukup dengan warna hitam.

  Manfaat :

Penggunaan terbesar adalah untuk bahan dan bumbu masakan. Khasiat bawang bombai sangat banyak, yaitu antioksidan alami, mampu menekan efek sinogenik dari senyawa radikal bebas. Fungi pada umumnya adalah memperkecil risiko penyakit degeneratif seperti kanker kolon. Bawang bombai juga dipakai secara umum untuk menyembuhkan berbagai penyakit pencernakan, flu, kembung, mual, maag, disentri, dan membunuh cacing dalam perut. Sifat senyawa bawang bombai bersifat hipolipidemik, yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Mengkonsumsi satu siung dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 30%. Manfaat lainnya, dapat menyembuhkan penyakit radang hati, radang sendi, radang tonsil, radang pada tenggorokan, serta radang telinga.

 Nutrisi :

Dalam 100 gram bawang bombai mengandung :
-          Air : 87.5 gr
-          Energi : 43 kal
-          Protein : 1,4 gr
-          Karbohidrat : 10,3 gr
-          Serat : 2 gr
-          Lemak : 0,2 gr
-          Natrium : 12 mg
-          Kalium : 9,6 mg
-          Vitamin C : 9 mg
-          Kalsium : 32 mg
-          Besi : 0,5 mg
-          Zink : 0,3 mg
-          Vitamin B2 : 0,21 mcg
-          Karoten total: 50 mcg

Dilihat dari nilai gizi tersebut, bawang bombai termasuk bahan makanan yang mengandung padat zat gizi, rendah kalori namun tinggi akan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan di dalamnya.
 





No comments:

Post a Comment

Video fainal PRK

 https://youtu.be/Zh7L-6G-Olw