Tuesday, February 11, 2020

Daily activity

Version indonesia
Hallo
      assalamualaikum
kembali di blog saya rara, hari ini saya kembali praktek di dalam kitchen , untuk meleanjutkan preperan yang kemarin yang telah saya siapkan, pertama-pertama saya  kembali meng sous vide daging saya selama 2 jam dengan suhu 60'c daging tesebut akan di jadikan rendang.
    sebelum kami kerja kami online terlebi dahulu dan mendengarkan arahan yang di berikan oleh pak alkis. setelah itu langsung bekerja dengan kelompok masing masung. sembari menunggu daging rendang yang di sous vide selama 2 jam saya membatu kelompok saya yang membuat menu ayam taliwang.
      Di sini ayam taliwang di masak dengan bumbunya dia atas wok dan di tambahkan rasa. setelah masaka ayam tersebut di bakar kembali dan di olesi bumbu pada saat di bakar. kemudian di potong kembali karena potongan ayam tersebut terlalu besar dan setelah di potong saatnya plating.
       suda 2 jam berlalu dan saya langsung memasak rendang yang suda di sous vide dan menambahkan seasoning bersama asam sesuai yang tertulis di recipe. setelah rendangnya masak saatnya plating.
       Setelah Menu Indonesian Buffet selesai saya kembali membuat preperan untuk keesokan harinya kembali seperti dua minggu lalu menu yang saya kerjakan ialah Celebes Buffet dan kelompok saya mendapatkan soup ialah soupnya sop soudara dan sayur labu santan , saya membuat bumbu untuk kuah dari sop soudara disini saya menghaluskan bahan dan kemudian saya saute sampai kering.
         Sedangkan teman saya yang lain meerbus daging paru sekitar 20 menit dan kemudian setelah dingin dipotong daging paru tersebut kemudian mendinginkannya dan di rendam kedalam air asam yang di campur dengan ketumbar dan gula merah, kemudian memsaukkan kechiller untuk digoreng keesokan harinya. dan preperan kami telah selesai dan kami beranjak keluar kitchen untuk beristirahat. dan kembali melakukan general cleaning demi kebersihan kitchen.

Teminologi 
Sop saudara 


Sejarah Sop Saudara erat hubungannya dengan sesosok laki-laki yang dipanggil Haji Dollahi, yang kala itu, pada tahun 1950-an menjadi pelayan dari Haji Subair, seorang pemilik tempat makan sop daging yang cukup dikenal di masyarakat Makassar saat itu. Haji Subair dan Haji Dollahi merupakan dua orang yang berasal dari Pangkep yang mengadu nasib di Makassar.
Setelah 3 tahun bekerja dengan Haji Subair, Haji Dollahi memberanikan diri untuk membuka usaha warung makan sendiri yang akhirnya mampu menarik lidah para pecinta kuliner baik dari masyarakat Makassar maupun luar Makassar. Warung makan itulah yang menyajikan Sop Saudara, yang kini telah dikenal luas sebagai kuliner khas daerah tersebut.
Haji Dollahi memilih nama Sop Saudara yang bisa dibilang unik ini karena terinspirasi dari nama 'Coto Paraikatte', yang berhubungan dengan kuliner yang sangat terkenal lain dari Makassar yaitu Coto Makassar, yang mana nama tersebut biasanya dijadikan nama warung yang menjual Coto Makassar. 'Paraikatte' sendiri berarti 'Saudara' atau 'Sesama' dalam bahasa Makassar. Haji Dollahi berharap dengan pemberian nama seperti itu, semua orang yang makan di warungnya dapat merasa bersaudara dengan sesama penikmat Sop Saudara, pemilik, serta pelayan di warung makan tersebut.
Demikianlah asal usul Sop Saudara. Wah, ternyata sangat terlihat ya budaya Indonesia yang kekeluargaan. Mungkin, lain kali pembaca dapat berkunjung ke Makassar untuk mencicipi lezatnya Sop Saudara dan juga berwisata di tempat-tempat lain di Makassar yang tentunya sangat bagus!


Daily activity version english
Hello
       assalamualaikum
 back on my blog rara, today I am back in practice in the kitchen, to continue the preperan yesterday which I have prepared, first I return to sous vide my meat for 2 hours with a temperature of 60'c the meat will be made rendang.
     before we work we go online first and listen to the directions given by Mr. Alkis.  after that work directly with each other's group.  while waiting for rendang meat which was sous vide for 2 hours I helped my group who made the Taliwang chicken menu.
       Here the Taliwang chicken is cooked with its marinade over wok and added flavor.  after masaka the chicken is burned again and smeared the seasoning when burned.  then cut back because the chicken pieces are too big and after it's cut it's plating time.
        already 2 hours passed and I immediately cooked my rendang in sous vide and added seasoning with tamarind as written on the recipe.  after the rendering is ripe, it's plating time.
        After the Indonesian Buffet Menu was finished I returned to make preperan the next day again like two weeks ago the menu that I was doing was Celebes Buffet and my group got a soup which was Soudara soup and coconut milk pumpkin soup, I made a seasoning for the soup from Soudara soup here I smoothed the ingredients  and then I saute until dry.
          Whereas my other friend smoked pulmonary meat for about 20 minutes and then after a cold cut the lung meat then cooled it and soaked it in acid water mixed with coriander and brown sugar, then dipped the kechiller for frying the next day.  and our preper is over and we leave the kitchen to rest.  and return to general cleaning for the sake of kitchen cleanliness.

No comments:

Post a Comment

Video fainal PRK

 https://youtu.be/Zh7L-6G-Olw