RARA

Saturday, May 25, 2019

Food Terminologi

Food terminologi

  1.pecak bandeng


Pecak bandeng diolah dengan cara membakar bandeng segar. Yang istimewa dari pecak bandeng adalah sambal yang dicampur langsung dengan ikan bandeng yang telah dibakar. Bahan yang perlu disiapkan yakni 4 ekor ikan bandeng, buang sisik, kerat-kerat kedua sisinya, 2 buah perasan jeruk nipis, 800 mili liter santan segar, 2 batang serai yang sudah dimemarkan dan 2 sendok teh garam halus.
Sedangkan bumbu halusnya siapkan 2 ruas lengkuas, 4 buah cabai merah, 12 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 2 ruas jahe dan 1 ruas kunyit. Cara membuatnya, ikan dilumuri menggunakan air jeruk dan garam (ini untuk menghilangkan bau anyir ikan). Siapkan penggorengan anti lengket, masukan bumbu halus dan panaskan sampai beraroma harum, Tambahkan serai, tuangkan santan, tambahkan ikan, lalu kecilkan kecilkan api, masak kurang lebih 12 menit. Lalu Angkat. Setelah itu ikan di bakar jangan lupa bolak balik sambil diolesi bumbu sisa sampai matang.
Sumber : https://merahputih.com/post/read/pecak-bandeng-khas-banten-pedasnya-nendang
2.      Gecom

Gecom memang terdengar sedikit aneh akan tetapi jika mengetahuinya maka akan membuat lidah kembali ingin mencicipinya. Gecom merupakan singkatan dari toge dan oncom. Makanan khas Banten ini tergolong unik karena cara memasaknya menggunakan wajan datar yang biasa digunakan untuk menggoreng martabak. Selain itu dari segi rasa, geco mendapat predikat berasa nusantara karena ciri khas rasa rempah yang kuat. Masakan gecom biasa dihidangkan sebagai pelengkap nasi dan lauk saat makan bersama keluarga.
Sumber : https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-banten/
3.      Sayur besan

Sayur Besan adalah makanan khas Tangerang yang selalu dihidangkan pada saat orang tua mempelai laki-laki datang ke rumah orang tua mempelai wanita, pada acara perkawinan (ngabesan), sehingga sayur ini dinamakan Sayur Besan. Munculnya Sayur Besan tidak terlepas dari keberadaan kebun tebu di Batavia dan Tangerang pada pertengahan abad ke-17. Sayur Besan adalah sayur berkuah santan dengan terubuk atau trubuk. Masyarakat Tangerang kerap menyebut trubuk sebagai bunga tebu. Trubuk tergolong sayuran musiman. Sayur Besan memiliki empat komposisi utama yaitu terubuk, petai, kentang, serta bihun/suun. Ada pula bahan tambahan berupa buncis (atau kacang panjang), wortel, dan labu siam. Untuk menambah rasa, makanan tradisional tersebut juga kerap ditambah ebi atau udang kering. Sedangkan warna kuning pada kuahnya berasal dari kunyit.
Sumber : http://abouttng.com/sayur-besan/
4.      Balok menes

Kue balok menes memiliki cita rasa khas. Kue olahan dari singkong atau ubi kayu ini sangat lembut di mulut. Nama "balok menes" diambil dari nama sebuah daerah daerah yaitu MenesMenes merupakan salah satukecamatan di Kabupaten Pandeglang.kue balok memiliki nama daerah lain yaitu gegetuk cioda. Gegetuk cioda untuk membedakan dengan kue getuk biasa berwarna cokelat campuran gula merah. Keduanya sama-sama makanan tradisional olahan singkong. Di beberapa wilayah, kue balok menes tetap dengan nama getuk. Rasa kue balok menes masih kental aroma singkong. Tapi, Anda tidak benar-benar merasakan singkong. Aroma goreng bawang menjadikan makanan ini sangat nikmat. Kue balok menes ditambah campuran minyak kelapa membuat kue balok lumer di mulut. 
 Balok menes dibuat secara sederhana. Singkong yang telah direbus dan ditiriskan kemudian ditumbuk hingga halus. Biasanya, tempat menumbuk singkong ini tidak kalah tradisionalnya, yaitu dulang. Singkong halus ini merupakan bahan utama balok menes. Kemudian singkong halus dibentuk berupa lapis-lapis balok yang sebelumnya diisi dengan serundeng manis. Campuran mumbu bawang goreng dengan olesan minyak kelapa membuat balok menes sangat lembut dengan aroma khas percampuran singkong dan bawang.
Sumber : https://merahputih.com/post/read/kue-balok-makanan-olahan-singkong-khas-pandeglang
5.      Sambal belut

Meskipun terlihat sederhana akan tetapi makanan ini banyak diburu oleh penikmat kuliner yang datang ke Banten. Nasi sambal belut di Banten memiliki rasa yang khas karena dari belutnya sudah dipilih yang memiliki ukuran besar sehingga bisa dirasakan dagingnya yang empuk.
Belut dari sawah akan dibersihkan dan dipotong-potong menjadi beberapa bagian kecil. Lantas dibalur dengan bumbu rempah yang telah dicampur dengan cabai sehingga terasa pedas. Barulah setlah dibalur belut digoreng hingga kering.
Setelah matang belut tidak lantas disajikan begitu saja akan tetapi masih akan ditemani sambel tomat atau terasi kemudian dipenyet. Rasanya? Wah tak bisa terbayangkan dengan pedasnya lauk serta panasnya nasi putih.
Sumber : https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-banten/
6.      Kue pasung

Kue Pasung ini juga terbuat dari tepung beras, hanya saja ada adonan kue ini terdiri dari dua adonan, campuran tepung beras dan gula aren/merah, kemudian adonan tepung sagu dan santan untuk membuatnya jadi kenyal. Biasanya di dalam adonannya selain tepung beras, gula aren/merah, tepung sagu dan santan yang diuleni, ditambahkan juga potongan kelapa atau nangka sehing kue-nya lebih bertekstur dan wangi. Yang unik dari kue ini memang bentuknya yang menyerupai corong. Kalau daun pisang pada jojorong di bentuk kotak seperti nampan kecil, pada Pasung daunnya digulung seperti corong atau contong.

7.      Laksa tangerang
 
Laksa Tangerang bahan utamanya adalah semacam bihun tapi tebalnya seperti spaghetti dan terbuat dari beras. Kemudian bahan-bahan ini disiram dengan kuah Laksa yang dimasak dari kacang ijo, kentang, santan dan kaldu ayam. Selain itu disediakan juga tambahan daging ayam kampung atau telor. Sebelum disajikan masakan ini diberi taburan daun kucai yang dirajang kecil-kecil. Terdapat dua macam jenis Taksa Tangerang yaitu Laksa Nyai dan Laksa Nyonya. Laksa Nyai dibuat oleh kaum pribumi Tangerang sedangkan Laksa Nyonya dibuat oleh kaum peranakan Cina di Tangerang.
sumber : https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/karupuak-sanjai-keripik-renyah-menggoda-khas-bukittinggi

8.      Gulai tauco

Gulai Tauco Khas Padang adalah salah satu dari sekian banyak kuliner yang sangat khas dari Padang, Sumatera Barat. Masakan ini terbuat dari bahan dasar tauco yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa serta tambahan bahan lainnya seperti udang, buncis dan tahu. Selain itu Gulai Tauco Khas Padang juga diracing dengan bumbu dan rempah-rempah khas Padang sehingga rasanya sangat enak dan tentunya sehat apabila dikonsumsi.
Sumber : http://resepmasakanterbaru95.blogspot.com/2015/06/gulai-tauco-khas-padang.html

9.      Gulai banak

Gulai banak (bahasa Minangkabau) atau Gulai otak (bahasa Indonesia) adalah masakan gulai berkuah santan yang pedas dari Minangkabau, dengan memakai otak sapi yang telah dipotong-potong sebagai bahan utamanya dan dimasak dalam bumbu gulai. Di Sumatera Barat, otak sapi dimasak menjadi gulai banak alias gulai otak. Otak sapi mentah dicuci bersih, dikukus atau direbus, dibuang kulit arinya, dan dipotong-potong terlebih dahulu sebelum dimasak.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Gulai_banak
https://food.detik.com/info-kuliner/d-2745885/gulai-banak-gulai-otak-sapi-a-la-minang-yang-lamak-bana

10.  Gulai paku

Gulai paku adalah makanan yang cukup populer di Sumatra Barat terutama di daerah pesisir barat. Gulai ini berbahan dasar daun pakis (paku), dengan bumbu santan, laos (lengkuas), cabe rawit hijau, asam kandis, dan kunyit. Gulai paku ini biasa disajikan dengan ketupat. Ketupat gulai paku adalah makanan khass daerah Pariaman. Bahan utamanya adalah sayuran berupa pakis. Pakis ini adalah tanaman jenis paku-pakuan. Makanya, gulai ini dinamakan sebagai gulai paku.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Gulai_paku
http://www.apasih.web.id/gulai-paku-sajian-khas-m

No comments:

Post a Comment