Sunday, May 26, 2019

Terminologi

Amaretto
Amaretto esungguhnya adalah minuman beralkohol khas Italia yang memiliki kadar gula cukup tinggi (paling sedikit 100 gram kadar gula/liternya). Bahan dasar pembuatan amaretto adalah buah kenari dan/atau biji dari buah aprikot yang dalam proses produksinya dicampurkan dengan rempah-rempah seperti vanili. Amaretto umumnya memiliki kadar alkohol 25%. Amaretto biasanya dapat digunakan sebagai campuran untuk membuat minuman, kue (tiramisu), ataupun es krim.
Amaretto adalah minuman beralkohol khas Italia. Memiliki kadar gula cukup tinggi setidak-tidaknya 100 gram kadar gula per liternya. Amaretto berbahan dasar buah kenari atau biji dari buah aprikot yang dicampurkan dengan rempah-rempah seperti vanili. Umumnya amaretto berkadar alkohol 25%. Selain untuk campuran gelato, amaretto biasanya digunakan sebagai campuran untuk membuat minuman dan tiramisu.
Angelica
Angelica sering digunakan sebagai penambah rasa atau wangiwangian, angelica digunakan secara medis untuk merangsang pengeluaran gastric, mengobati perut kembung, rematik, dan kelainan kulit.
Anglaise Sauce
Adalah saus pelengkap makanan penutup yang dibuat dari telur, krim, dan vanili segar. Crème anglaise umumnya disajikan di restoran mewah untuk menghias dan mempercantik kue atau makanan penutup lainnya, dengan memperkaya atau memberikan kontras rasa, memperkuat rasa serta mempercantik tampilan suatu hidangan. Rasanya saat dituangkan ke dalam semangkuk stroberi sama lezatnya dengan saat dituangkan ke atas kue tar cokelat hitam. Lihatlah langkah 1 untuk mempelajari cara pembuatannya.
Arrowroot
Adalah tepung bebas gluten yang merupakan salah satu sumber karbohidrat alami terbaik. Garut adalah tanaman yang berkembang dengan rimpang yang kaya kandungan pati, banyak ditemukan di Amerika Selatan dan memang berasal dari sana.
Aspic
Merupakan hidangan pembuka yang terbuat dari stock yang dijernihkan (clarified) dengan campuran daging, putih, telur, air / stock dingin, ditambah larutan gelatine kemudian simmer selama 2 jam, disaring dan kemudian di dinginkan..
Batter
Batter adalah adonan mentah yang biasanya terbuat dari cairan, umumnya susu, tepung, dan telur. Konsistensinya tidak padat. Bisa encer ataupun kental. Seperti adonan brownies, atau adonan kulit pisang goreng. Istilah batter paling akrab digunakan untuk pancake battertempura batter, atau adonan buah yang digoreng. .


Baume
        Baume scale adalah sepasang timbangan hydrometer yang dibuat parmasi French Antoine Baume tahun 1769 untuk mengukur ketebalah berbagai jenis cairan.Satuan skala Baumé telah dinotasikan dengan beragam seperti derajat Baumé, B °, Bé ° dan hanya Baume (aksennya tidak selalu ada). Satu skala mengukur kepadatan cairan lebih berat dari air dan yang lainnya, lebih ringan dari cairan air. Baumé Air Distilasi adalah 0. Skala gravitasi API didasarkan pada kesalahan dalam implementasi awal skala Baumé.
Bavarois
Bavarois adalah istilah Prancis untuk krim Bavarian, yang merupakan makanan penutup agar-agar. Bavarois sangat mirip dengan mousse pencuci mulut dalam teksturnya.
The bavarois adalah makanan penutup gelatin dingin dan dicetak yang mengacu pada bombes ice cream abad ke-17 dan ke-18. Bom es krim mirip dengan kue es krim; mereka sering dibuat dalam cetakan mewah dan bavarois menggunakan fitur desain yang sama. Bavarois diperkenalkan pada awal abad ke-19.
Bavarois adalah bahasa Prancis untuk krim Bavarian, dessert ringan yang mengandung basis krim puding Inggris. Salah satu versi resepnya adalah aerating krim custard Inggris dengan whipped cream, putih telur, dan penyedap. Baravois termasuk pure buah, coklat, kopi atau minuman keras. Bahan-bahan dicampur dengan gelatin dan diatur agar dingin. Dikatakan bahwa bavarois tradisional tidak termasuk putih telur, tetapi lebih bergantung pada whipping cream untuk menambah tekstur halus. Bavarois disendok ke dalam gelas atau ditempatkan di cetakan dekoratif dan didinginkan lagi untuk memberikan desain yang mewah.
Tekstur bavarois seperti pada dessert mousse. Banyak koki makanan penutup menggunakan teknik yang sama untuk membuat kedua item. Perbedaan utama antara mousse dan baravois adalah bahwa cokelat putih kadang-kadang merupakan bahan tambahan, bukan susu atau cokelat hitam.


Beignets
Beignet itu sendiri adonan roti goreng ditabur gula pasir, mirip dengan bolang-baling di Jawa. Saya bilang mirip karena aslinya di Perancis Beignet itu adonan Sus yang digoreng, strukturnya lebih ringan daripada bolang-baling. Beignet New Orleans ini lebih mengarah ke struktur donat. 
Dalam bahasa Perancis Beignet artinya gorengan.
Kedua istilah Patisserie dan juga Boulangerie (yang kita sebut bakery) datang dari bahasa Prancis. Walaupun di Indonesia sendiri toko roti atau toko kue menjual pastri dan roti secara bersamaan, di Prancis sendiri Boulangerie dan Patisserie menjual produk-produk yang berbeda. Bahkan di Prancis sendiri, ada lagi jenis lain yang disebut viennoiserie.
Black Jack
BlackJack adalah karamel cair elektropositif yang di hasilkan oleh makanan berkarbohidrat dengan panas dalam presentasi dari katalis makanan .Berwarna cokelat gelap ,saat di encerkan itu sudah bersih dari bau dan rasa dari gula terbakar.Karamel Blackjack terbuat dari tepung jagung terhidrolisis. Ini mengandung sulfur dioksida pada tingkat hingga 10 mg / kg dan bebas dari alergen yang dikenal lainnya. Namun pelabelan yang disarankan adalah CARAMEL (III) atau Color 150c; silakan periksa persyaratan label makanan lokal untuk memastikan kepatuhan.
Bombe Mixture
 Adalah sebuah campuran dari sugar , water , egg yolk . Bombe Mixture banyak digunakan dalam pembuatan Bombe Glacee.
Bombes
 Bombes sering di buat dengan mixture yang lebih ringan dari bombe yang lain.
Boulangerie
   Toko roti adalah jenis usaha ritel yang memproduksi dan menjual roti. Kegiatan ini telah menjadi objek banyak perhatian di pihak penguasa karena pentingnya makanan. Evolusinya sering signifikan terhadap evolusi masyarakat: urbanisasi, pajak, peraturan, penelitian ilmiah, industrialisasi, pengaruh pemasaran, dll.
Pembuat roti adalah istilah asal Picard, muncul dalam bentuk bolengarius dan bolengerius (Latin abad pertengahan), Picard tua boulenc, untuk mengambil bentuk Prancis saat ini sekitar tahun 1299. Ia adalah orang yang membuat roti. Penggunaan kata ini secara progresif telah menghilangkan dalam bahasa Prancis orang-orang dari talmelier, pesteur (pistor, orang yang berlutut) dan baker (yang orang temukan dalam bahasa Italia, panettiere, dan dalam bahasa Spanyol, panadero).
Tindakan manufaktur kemudian tempat pembuatan menjadi boulenguerie, dibuktikan pada 1314, boulengerie pada 1611 dan roti pada 1680.
ButterMilk
Buttermilk merupakan produk olahan susu yang memberikan rasa enak dan lezat. Produk ini merupakan hasil olahan fermentasi yang ternyata juga berguna untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Sayangnya buttermilk masih tak banyak diketahui manfaatnya untuk kecantikan kulit.
Istilah susu mentega juga merujuk kepada sejumlah minuman susu berfermentasi, yang umum di wilayah panas (contohnya wilayah Balkan, Timur Tengah, Turki, Afghanistan, Pakistan, India, Sri Lanka dan bagian selatan Amerika Serikat),serta di wilayah dingin, seperti Skandinavia, Finlandia, Belanda, Jerman, Polandia, Slowakia dan Republik Ceko.
Calvados
Calvados adalah brendi apel yang dibuat di Normandia, Prancis utara. Ini diproduksi dari sari buah sulingan dan matang dalam tong kayu ek. Di Normandia secara tradisional disajikan sebagai digestif selama (ya, selama) makan. Ini baik dalam koktail dan membuat sari buah apel yang dicampur dengan jus apel, sari buah apel, kayu manis, cengkeh dan gula merah.
Candied
Permen atau gula-gula adalah makanan berkalori tinggi yang pada umumnya berbahan dasar gula, air, dan sirup fruktosa. Tingginya kadar gula dalam permen membuatnya diklaim sebagai salah satu penyebab gigi berlubang.
Para ahli pernah menemukan permen purba di Mesir sekitar 3500 tahun yang lalu. Dan di tempat yang lain juga pernah ditemukan gumpalan madu kering yang diduga dijadikan permen oleh manusia purba pada saat itu. Kegemaran yang awalnya hanya iseng belaka ini kemudian mendorong bangsa Mesir, Arab, dan Cina kuno untuk membuat racikan manisan madu dengan berbagai macam rasa. Mulai dari rasa buah buahan sampai kacang kacangan. Perkembangan pembuatan permen ini juga di pengaruhi oleh kebiasaan makan coklat yang di populerkan suku Indian, Aztec, dan Maya.
Caramel
Karamel adalah gula-gula yang terbentuk dari proses karamelisasi, sehingga menghasilkan cairan lengket berwarna beige sampai cokelat gelap. Karamel kadang terbentuk ketika memasak permen. Karamel dapat digunakan sebagai perisa dalam puding dan berbagai macam hidangan penutup, sebagai isian permen atau cokelat, atau sebagai topping es krim atau hidangan custard.
Karamel terbentuk dengan memanaskan gula pada suhu 170°C (338°F). Ketika gula meleleh dan mendekati suhu tertinggiya, molekulnya memecah dan membentuk menjadi cairan lengket berwarna cokelat. Berbagai variasi permen, gula-gula, dan hidangan penutup mengunakaan karamel, contohnya adalah sebagai tambahan pada permen kacang, seperti praline, nougat, atau brittle.
Pewarna karamel adalah cairan gelap tanpa gula, yang terkonsentrasi dan merupakan hasil mendekati karamelisasi total yang digunakan untuk kebutuhan komersial dan industrial. Beberapa produk seperti minuman kola mengunakaan pewarna karamel, dan juga sebagai pewarna makanan.


Caramel Fruits
    Camarel Fruits adalah sebuah caramel yang di campur dengan buah yang juga biasa di dapat dalam kondisi dalam kaleng.
Caramelize
        caramelizaton adalah kecoklatan dari gula , sebuah proses yang sering digunakan dalam memasak untuk menghasilkan rasa manis kacang dan warna coklat
Galette
Awal-mula pai dijadikan sebagai menu pencuci mulut berasal dari periode Neolitik yang dimulai pada 9500 SM. Pai masa ini dikenal dengan sebutan galettes. Ia berisi biji-bijian yang berbeda dengan madu. Galettes dibuat dengan dipanggang di atas bara panas.
Galette adalah istilah Perancis untuk jenis kue yang bentuknya datar, bundar dan pipih seperti pancake. Konsep ini sebenarnya mirip dengan bing, pancake khas Cina. Salah satu jenis galette yang terkenal Galette des Rois, sajian terpenting untuk raja yang disajikan di hari Epiphany.
Di Perancis, istilah galette biasanya digunakan pada kue kering berukuran yang besar. Saat ini di Perancis banyak dikenal dengan Galette Bretonne, namun ada juga yang menyebutnya dengan French crêperies. Crepes ini terbuat dari tepung gandum, rasanya gurih dan sangat renyah. Isiannya bisa manis atau gurih.
Pancake tipis dan besar ini banyak tersedia di daerah Normandia dan Brittany. Biasanya digunakan sebagai pengganti roti yang menjadi makanan pokok mereka. Bagian tenagh adonan bisa di isi dengan telur, daging, ikan, keju, sayuran yang di cincang, irisan apel atau buah berry.
Namun salah satu yang paling populer adalah isian galette berupa keju emmental parut, irisan ham dan telur. Galette isi potongan sosis dan dimakan seperti hot dog juga sangat populer di Perancis
Glace
Glace adalah kaldu coklat yang dipanaskan terus

No comments:

Post a Comment

Video fainal PRK

 https://youtu.be/Zh7L-6G-Olw