RARA

Sunday, May 26, 2019

Kasus kecelakaan kerja

Hirup gas beracun, dua pegawai hotel di Bali tewas

  
Dua orang pegawai Hotel The Laguna Resort and Spa tewas akibat menghirup gas beracun saat bekerja. Dua korban tewas yakni Suyono (45) asal Desa Bringin Lawang Jember dan Gimin Hariabto (39) asal Dusun Sidorukun Lumajang Jawa Timur, sedangkan Susiadi (42), karyawan PT Bimantara yang beralamat di jalan Pratama 33 Nusa Dua, Badung dalam kondisi kritis.
Informasi yang dihimpun, awal kejadian tersebut ketika para pegawai sedang memperbaiki saluran pembuangan yang mampet di hotel tersebut, Kamis (26/11) sekitar pukul 18.30 WITA. Ketika berhasil menjebol saluran tersebut tiba-tiba gas yang mengandung racun keluar dari lubang.

Dengan seketika gas tersebut terhirup, dan ketiga korban yang tidak mengenakan masker langsung tak sadarkan diri. Dua orang tewas, dan satu korban pingsan.

"Gas beracun yang keluar dari bawah lubang tersebut yang menyebabkan kedua pekerja tewas, sedangkan yang satunya lagi pingsan di tempat dan harus dirawat di RS," kata salah satu sumber dari pihak kepolisian, Jumat (27/11) di Kuta Bali.

Kepala Instalasi Forensik RSUP Sanglah, dr Dudut Rustyadi menyatakan, jika kedua jenazah berada di instalasi kamar jenazah RSUP Sanglah yang rencananya akan diautopsi.

"Kita masih menunggu perintah dari pihak penyidik untuk bisa tidaknya dilakukan autopsi," katanya, saat dikonfirmasi.

Terminologi

Amaretto
Amaretto esungguhnya adalah minuman beralkohol khas Italia yang memiliki kadar gula cukup tinggi (paling sedikit 100 gram kadar gula/liternya). Bahan dasar pembuatan amaretto adalah buah kenari dan/atau biji dari buah aprikot yang dalam proses produksinya dicampurkan dengan rempah-rempah seperti vanili. Amaretto umumnya memiliki kadar alkohol 25%. Amaretto biasanya dapat digunakan sebagai campuran untuk membuat minuman, kue (tiramisu), ataupun es krim.
Amaretto adalah minuman beralkohol khas Italia. Memiliki kadar gula cukup tinggi setidak-tidaknya 100 gram kadar gula per liternya. Amaretto berbahan dasar buah kenari atau biji dari buah aprikot yang dicampurkan dengan rempah-rempah seperti vanili. Umumnya amaretto berkadar alkohol 25%. Selain untuk campuran gelato, amaretto biasanya digunakan sebagai campuran untuk membuat minuman dan tiramisu.
Angelica
Angelica sering digunakan sebagai penambah rasa atau wangiwangian, angelica digunakan secara medis untuk merangsang pengeluaran gastric, mengobati perut kembung, rematik, dan kelainan kulit.
Anglaise Sauce
Adalah saus pelengkap makanan penutup yang dibuat dari telur, krim, dan vanili segar. Crème anglaise umumnya disajikan di restoran mewah untuk menghias dan mempercantik kue atau makanan penutup lainnya, dengan memperkaya atau memberikan kontras rasa, memperkuat rasa serta mempercantik tampilan suatu hidangan. Rasanya saat dituangkan ke dalam semangkuk stroberi sama lezatnya dengan saat dituangkan ke atas kue tar cokelat hitam. Lihatlah langkah 1 untuk mempelajari cara pembuatannya.
Arrowroot
Adalah tepung bebas gluten yang merupakan salah satu sumber karbohidrat alami terbaik. Garut adalah tanaman yang berkembang dengan rimpang yang kaya kandungan pati, banyak ditemukan di Amerika Selatan dan memang berasal dari sana.
Aspic
Merupakan hidangan pembuka yang terbuat dari stock yang dijernihkan (clarified) dengan campuran daging, putih, telur, air / stock dingin, ditambah larutan gelatine kemudian simmer selama 2 jam, disaring dan kemudian di dinginkan..
Batter
Batter adalah adonan mentah yang biasanya terbuat dari cairan, umumnya susu, tepung, dan telur. Konsistensinya tidak padat. Bisa encer ataupun kental. Seperti adonan brownies, atau adonan kulit pisang goreng. Istilah batter paling akrab digunakan untuk pancake battertempura batter, atau adonan buah yang digoreng. .


Baume
        Baume scale adalah sepasang timbangan hydrometer yang dibuat parmasi French Antoine Baume tahun 1769 untuk mengukur ketebalah berbagai jenis cairan.Satuan skala Baumé telah dinotasikan dengan beragam seperti derajat Baumé, B °, Bé ° dan hanya Baume (aksennya tidak selalu ada). Satu skala mengukur kepadatan cairan lebih berat dari air dan yang lainnya, lebih ringan dari cairan air. Baumé Air Distilasi adalah 0. Skala gravitasi API didasarkan pada kesalahan dalam implementasi awal skala Baumé.
Bavarois
Bavarois adalah istilah Prancis untuk krim Bavarian, yang merupakan makanan penutup agar-agar. Bavarois sangat mirip dengan mousse pencuci mulut dalam teksturnya.
The bavarois adalah makanan penutup gelatin dingin dan dicetak yang mengacu pada bombes ice cream abad ke-17 dan ke-18. Bom es krim mirip dengan kue es krim; mereka sering dibuat dalam cetakan mewah dan bavarois menggunakan fitur desain yang sama. Bavarois diperkenalkan pada awal abad ke-19.
Bavarois adalah bahasa Prancis untuk krim Bavarian, dessert ringan yang mengandung basis krim puding Inggris. Salah satu versi resepnya adalah aerating krim custard Inggris dengan whipped cream, putih telur, dan penyedap. Baravois termasuk pure buah, coklat, kopi atau minuman keras. Bahan-bahan dicampur dengan gelatin dan diatur agar dingin. Dikatakan bahwa bavarois tradisional tidak termasuk putih telur, tetapi lebih bergantung pada whipping cream untuk menambah tekstur halus. Bavarois disendok ke dalam gelas atau ditempatkan di cetakan dekoratif dan didinginkan lagi untuk memberikan desain yang mewah.
Tekstur bavarois seperti pada dessert mousse. Banyak koki makanan penutup menggunakan teknik yang sama untuk membuat kedua item. Perbedaan utama antara mousse dan baravois adalah bahwa cokelat putih kadang-kadang merupakan bahan tambahan, bukan susu atau cokelat hitam.


Beignets
Beignet itu sendiri adonan roti goreng ditabur gula pasir, mirip dengan bolang-baling di Jawa. Saya bilang mirip karena aslinya di Perancis Beignet itu adonan Sus yang digoreng, strukturnya lebih ringan daripada bolang-baling. Beignet New Orleans ini lebih mengarah ke struktur donat. 
Dalam bahasa Perancis Beignet artinya gorengan.
Kedua istilah Patisserie dan juga Boulangerie (yang kita sebut bakery) datang dari bahasa Prancis. Walaupun di Indonesia sendiri toko roti atau toko kue menjual pastri dan roti secara bersamaan, di Prancis sendiri Boulangerie dan Patisserie menjual produk-produk yang berbeda. Bahkan di Prancis sendiri, ada lagi jenis lain yang disebut viennoiserie.
Black Jack
BlackJack adalah karamel cair elektropositif yang di hasilkan oleh makanan berkarbohidrat dengan panas dalam presentasi dari katalis makanan .Berwarna cokelat gelap ,saat di encerkan itu sudah bersih dari bau dan rasa dari gula terbakar.Karamel Blackjack terbuat dari tepung jagung terhidrolisis. Ini mengandung sulfur dioksida pada tingkat hingga 10 mg / kg dan bebas dari alergen yang dikenal lainnya. Namun pelabelan yang disarankan adalah CARAMEL (III) atau Color 150c; silakan periksa persyaratan label makanan lokal untuk memastikan kepatuhan.
Bombe Mixture
 Adalah sebuah campuran dari sugar , water , egg yolk . Bombe Mixture banyak digunakan dalam pembuatan Bombe Glacee.
Bombes
 Bombes sering di buat dengan mixture yang lebih ringan dari bombe yang lain.
Boulangerie
   Toko roti adalah jenis usaha ritel yang memproduksi dan menjual roti. Kegiatan ini telah menjadi objek banyak perhatian di pihak penguasa karena pentingnya makanan. Evolusinya sering signifikan terhadap evolusi masyarakat: urbanisasi, pajak, peraturan, penelitian ilmiah, industrialisasi, pengaruh pemasaran, dll.
Pembuat roti adalah istilah asal Picard, muncul dalam bentuk bolengarius dan bolengerius (Latin abad pertengahan), Picard tua boulenc, untuk mengambil bentuk Prancis saat ini sekitar tahun 1299. Ia adalah orang yang membuat roti. Penggunaan kata ini secara progresif telah menghilangkan dalam bahasa Prancis orang-orang dari talmelier, pesteur (pistor, orang yang berlutut) dan baker (yang orang temukan dalam bahasa Italia, panettiere, dan dalam bahasa Spanyol, panadero).
Tindakan manufaktur kemudian tempat pembuatan menjadi boulenguerie, dibuktikan pada 1314, boulengerie pada 1611 dan roti pada 1680.
ButterMilk
Buttermilk merupakan produk olahan susu yang memberikan rasa enak dan lezat. Produk ini merupakan hasil olahan fermentasi yang ternyata juga berguna untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Sayangnya buttermilk masih tak banyak diketahui manfaatnya untuk kecantikan kulit.
Istilah susu mentega juga merujuk kepada sejumlah minuman susu berfermentasi, yang umum di wilayah panas (contohnya wilayah Balkan, Timur Tengah, Turki, Afghanistan, Pakistan, India, Sri Lanka dan bagian selatan Amerika Serikat),serta di wilayah dingin, seperti Skandinavia, Finlandia, Belanda, Jerman, Polandia, Slowakia dan Republik Ceko.
Calvados
Calvados adalah brendi apel yang dibuat di Normandia, Prancis utara. Ini diproduksi dari sari buah sulingan dan matang dalam tong kayu ek. Di Normandia secara tradisional disajikan sebagai digestif selama (ya, selama) makan. Ini baik dalam koktail dan membuat sari buah apel yang dicampur dengan jus apel, sari buah apel, kayu manis, cengkeh dan gula merah.
Candied
Permen atau gula-gula adalah makanan berkalori tinggi yang pada umumnya berbahan dasar gula, air, dan sirup fruktosa. Tingginya kadar gula dalam permen membuatnya diklaim sebagai salah satu penyebab gigi berlubang.
Para ahli pernah menemukan permen purba di Mesir sekitar 3500 tahun yang lalu. Dan di tempat yang lain juga pernah ditemukan gumpalan madu kering yang diduga dijadikan permen oleh manusia purba pada saat itu. Kegemaran yang awalnya hanya iseng belaka ini kemudian mendorong bangsa Mesir, Arab, dan Cina kuno untuk membuat racikan manisan madu dengan berbagai macam rasa. Mulai dari rasa buah buahan sampai kacang kacangan. Perkembangan pembuatan permen ini juga di pengaruhi oleh kebiasaan makan coklat yang di populerkan suku Indian, Aztec, dan Maya.
Caramel
Karamel adalah gula-gula yang terbentuk dari proses karamelisasi, sehingga menghasilkan cairan lengket berwarna beige sampai cokelat gelap. Karamel kadang terbentuk ketika memasak permen. Karamel dapat digunakan sebagai perisa dalam puding dan berbagai macam hidangan penutup, sebagai isian permen atau cokelat, atau sebagai topping es krim atau hidangan custard.
Karamel terbentuk dengan memanaskan gula pada suhu 170°C (338°F). Ketika gula meleleh dan mendekati suhu tertinggiya, molekulnya memecah dan membentuk menjadi cairan lengket berwarna cokelat. Berbagai variasi permen, gula-gula, dan hidangan penutup mengunakaan karamel, contohnya adalah sebagai tambahan pada permen kacang, seperti praline, nougat, atau brittle.
Pewarna karamel adalah cairan gelap tanpa gula, yang terkonsentrasi dan merupakan hasil mendekati karamelisasi total yang digunakan untuk kebutuhan komersial dan industrial. Beberapa produk seperti minuman kola mengunakaan pewarna karamel, dan juga sebagai pewarna makanan.


Caramel Fruits
    Camarel Fruits adalah sebuah caramel yang di campur dengan buah yang juga biasa di dapat dalam kondisi dalam kaleng.
Caramelize
        caramelizaton adalah kecoklatan dari gula , sebuah proses yang sering digunakan dalam memasak untuk menghasilkan rasa manis kacang dan warna coklat
Galette
Awal-mula pai dijadikan sebagai menu pencuci mulut berasal dari periode Neolitik yang dimulai pada 9500 SM. Pai masa ini dikenal dengan sebutan galettes. Ia berisi biji-bijian yang berbeda dengan madu. Galettes dibuat dengan dipanggang di atas bara panas.
Galette adalah istilah Perancis untuk jenis kue yang bentuknya datar, bundar dan pipih seperti pancake. Konsep ini sebenarnya mirip dengan bing, pancake khas Cina. Salah satu jenis galette yang terkenal Galette des Rois, sajian terpenting untuk raja yang disajikan di hari Epiphany.
Di Perancis, istilah galette biasanya digunakan pada kue kering berukuran yang besar. Saat ini di Perancis banyak dikenal dengan Galette Bretonne, namun ada juga yang menyebutnya dengan French crêperies. Crepes ini terbuat dari tepung gandum, rasanya gurih dan sangat renyah. Isiannya bisa manis atau gurih.
Pancake tipis dan besar ini banyak tersedia di daerah Normandia dan Brittany. Biasanya digunakan sebagai pengganti roti yang menjadi makanan pokok mereka. Bagian tenagh adonan bisa di isi dengan telur, daging, ikan, keju, sayuran yang di cincang, irisan apel atau buah berry.
Namun salah satu yang paling populer adalah isian galette berupa keju emmental parut, irisan ham dan telur. Galette isi potongan sosis dan dimakan seperti hot dog juga sangat populer di Perancis
Glace
Glace adalah kaldu coklat yang dipanaskan terus

Saturday, May 25, 2019

Daily activity (version ing)

Daily activity (version ing)
Assalamualaimumsenin,
april 01, 2019 we practice first in this week, as usual we got up early to head to kaampus at 07:00 until on campus we sit and tell stories with friends. after the senior came to us directly oneline,as usual before the entrance to the kitchen in advance do pengabsenan and examination of grooming by the senior, then return oneline in cold kitchen, finished oneline we began to gather with your group to discuss the menu that will be created the day, this day we just prepare for tomorrow Tuesday,menu rotation 2.1 is our material today including: chinese spinach and peanut salad,traditional egg drop soup,beef rice bowl, tang yuan and tang zhong.our group menghanddle beef rice bowlken st
BEEF RICE BOWL
Ingredients:beef shot ribslight soy saucejsapanese sakeoyster saucemisosugarblack pepper powderpeanut oilonion,slicechicken stockbrocolicarrothow to make

Food terminologi

Terminologi


1. Bruschetta


Hasil gambar untuk Bruschetta


Bruschetta adalah salah satu makanan pembuka yang jadi favorit di Italia. Makanan khas Italia ini terdiri dari roti panggang yang diolah dengan bawang putih, minyak zaitun, garam, dan merica. Bruschetta semakin lezat dengan adanya topping seperti tomat mini, sayuran, kacang-kacangan, atau keju. Karena ukurannya kecil, kamu bisa menyantapnya sekali lahap saja!

2. Panini

 Hasil gambar untuk Panini

Mau sarapan? Kalau Amerika Serikat punya sandwich, maka Italia punya panini. Makanan khas Italia ini adalah sandwich yang terbuat dari roti (tramezzino). Kamu bisa membuat Panini dengan menggunakan roti jenis ciabatta, rosetta, dan baguette. Roti harus dipotong horizontal, kemudian diisi dengan daging asap, ham, keju, dan lainnya. Panini yang paling terkenal di Italia Tengah diisi dengan irisan daging panggang (porchetta) dan rempah khas Italia.

3. Risotto
 Hasil gambar untuk Risotto

Biasanya makanan khas Italia berbahan dasar tepung gandum, tetapi berbeda dengan risotto yang berbahan dasar beras. Makanan khas Italia ini berasal dari Piedmont yang punya banyak lahan tanaman padi. Risotto dibuat dengan mencampurkan beras bawang putih, dan anggur. Selain itu, ada beberapa bahan lain yang digunakan sebagai pelengkap seperti sayuran, daging, dan keju.

4. Pizza
  
Gambar terkait

Kalau pizza, semua orang pasti sudah mengenalnya. Ini adalah makanan khas Italia yang paling populer. Roti bundar dan datar ini pertama kali ditemukan di Naples. Pada 2009, pizza Neapolitan masuk dalam salah satu “Traditional Specialty Guaranteed Dish” untuk negara-negara Uni Eropa.

Biasanya, pizza dimasak dalam oven atau tungku kayu. Ada beberapa topping yang ditambahkan dalam adonan pizza, seperti daging, berbagai sayuran, keju mozzarella, hingga tuna. Topping tersebut biasanya disesuaikan dengan selera masyarakat setempat.

5.Lasagna
Hasil gambar untuk Lasagna

Pasta adalah hidangan paling banyak dikenal masyarakat selain pizza. Sebenarnya, ada banyak jenis pasta di Italia. Lasagna adalah salah satu hidangan pasta yang pertama diciptakan di sana. Makanan ini dibuat dari beberapa lembar lapisan pasta di atas lapisan saus secara berselang-seling. Saus yang digunakan berupa campuran keju mozzarella, saus tomat, dan irisan daging (sapi, ayam, babi), dan sayuran (bayam atau jamu). Lasagna yang telah dibumbui dengan anggur, bawang putih, bawang merah, dan regano akan dimasak dalam oven sampai matang. Makanan khas Italia ini sangat enak jika dimakan dalam keadaan hangat.

6. Tortellini

 Gambar terkait

Selain lasagna, ada olahan pasta bernama tortellini. Makanan ini adalah pasta berbentuk cincin yang lebih mirip pusar. Tortellini yang berasal dari Emilia ini diisi campuran daging panggang dan keju. Kamu bisa menikmatinya dengan kaldu daging kental. Selain tortellini yang langsung dimasak, ada pula tortellini instan yang bisa tahan hingga 7 minggu. Tortellini kemasan yang udah dibekukan ini bisa disantap kapan saja. Cukup dipanaskan di microwave terlebih dulu.

7. Spaghetti

Hasil gambar untuk Spaghetti

Spaghetti merupakan jenis pasta yang paling populer. Makanan dari Sisilia ini berbentuk silinder, tipis, dan panjang. Spaghetti terbuat dari semolina atau tepung dan air. Spaghetti yang sempurna harus memiliki panjang 50 cm. Namun, kini hal tersebut sudah bukan menjadi tolak ukur. Banyak spaghetti instan yang dijual dengan panjang 25-30 cm. Spaghetti paling terkenal adalah Spaghetti alla Carbonara yang diolah dengan bawang putih, minyak zaitun, saus tomat, dan daging.

8. Panna Cotta

 Hasil gambar untuk Panna Cotta

Panna Cotta sudah nggak asing lagi bagi lidah orang Indonesia. Kudapan ini dibuat dari krim, susu, gula, dan gelatin. Gelatin yang digunakan bukan sembarangan karena telah dididihkan kemudian disajikan dalam keadaan dingin. Makanan khas Italia ini biasanya disajikan dengan buah ceri, rasberi, stroberi, saus cokelat, atau karamel. Makanan yang berasal dari Piedmont ini bisa jadi penetralisir yang pas setelah menyantap hidangan utama Italia yang kaya rasa.

9. Tiramisu

Hasil gambar untuk Tiramisu

Kalau suka kopi, maka kemungkinan besar kamu akan suka tiramisu. Tiramisu adalah kudapan khas Italia yang bercita rasa kopi. Makanan ini terbuat dari kue berbentuk jari yang dicelupkan dalam kopi. Adonan tiramisu dibuat berlapis dengan campuran kuning telur, putih telur, gula dan keju mascarpone. Saat platting, makanan ini akan dibumbui dengan bubuk coklat yang lezat.



10. Gelato

 Hasil gambar untuk Gelato

Bisa jadi, varian es krim paling lezat di dunia adalah gelato. Berbeda dari es krim biasa, tekstur gelato lebih padat dan rasanya lebih kaya. Gelato mengandung lebih banyak susu daripada krim, jadi lemaknya pun lebih sedikit. Biasanya, gelato disajikan dengan berbagai bahan campuran seperti biskuit, kacang-kacangan, buah-buahan, bahkan rum.

Describe some ingredients

INGREDIENT

Kacang Hijau

 



Kacang hijau (Vigna radiata) adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

Bagian paling bernilai ekonomi adalah bijinya. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung. Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi onde-onde, bakpau, atau gandas turi. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal sebagai tauge. Kacang hijau bila direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental, menjadi semacam bubur. Tepungbiji kacang hijau, disebut di pasaran sebagai tepung hunkue, digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Tepung ini juga dapat diolah menjadi mi yang dikenal sebagai soun.


Sunting

Kacang hijau memiliki kandungan proteinyang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor. Sedangkan kandungan lemaknyamerupakan asam lemak tak jenuh.

Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang. Kacang hijau juga mengandung rendah lemak yang sangat baik bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menjadikan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah berbau.

Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan dan vitalitas pria. Maka kacang hijau dan turunannya sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang baru menikah.

Kacang hijau juga mengandung multi protein yang berfungsi mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh, oleh karena itu anak-anak dan wanita yang baru saja bersalin dianjurkan untuk mengkonsumsinya

Utensil and equipment

Utensil  and equipment 
Stock Pot









Kegunaan : untuk membuat stock
Material    : stainless steel
Cara membersihkan : cuci dengan air sabun   lalu di bilas dengan air bersih


Saute Pan
 Kegunaan : untuk Saute 
 Material    :stainless steel 
Cara membersihkan : cuci dengan air sabun lalu di bilas dengan air bersih 

Food tong
Kegunaan : untuk menjepit makanan 
Material    :stainless steel 
Cara membersihkan :cuci dengan air sabun lalu di bilas dengan air bersih 

Ladle
Kegunaan :untuk menyendok/atau mengambil stock/soup ataupun sauce
Material   :stainless steel 
Cara membersihkan :cuci dengan air sabun lalu di bilas dengan air bersih 

Frying spatula 

Kegunaan : untuk membalik makanan yang sedang dipanggang ataupun di saute
Material  : stainless steel 
Cara membersihkan :cuci dengan air sabun lalu di bilas dengan air bersih 

Ice cream spoon 

Kegunaan :untuk memorsi ice cream dalam bentuk setengah bola
Material  :stainless steel 
Cara membersihkan :cuci dengan air sabun lalu di bilas dengan air bersih
   Equipment 

 Grill
Fungsi : membakar daging
Bahan : stainless steel 
Cara membersihkan : besi pembakar dibuka dan di cuci menggunakan sabun dan dibilas dengan air.

Blender 

Fungsi : menghaluskan bahan makanan
Material : kaca, stainless steel
Cara membersihkan : cuci bersih wadah dengan air dan sabun.

Mixer
Fungsi : menyampurkan bahan untuk membuat kue
Material : stainless steel
Cara membersihkan : cuci wadah dan whisk dengan sabun dan air.

Mid Test Activity_1

Mid Test Activity_1

Assalamualaikum
minggu ini bukan minggu praktik seperti biasanya tapi  pada hari ini saya melaksanakan mid test praktik, saya berada di kelompok 1 jadwal kami melaksanakan mid test hari ini tetapi kami telah prepare pada hari rabu.
Kami membuat menu rotasi 1.4, yaitu :

Chicken Liver and Herb Pate


***
Clam Chowder

***
Spaghetti Bolognaise

***
Yellow Butter cake

Kami membuat pate nya dari hari rabu, karena pate nya kita bentuk bundar jadi harus dalam keadaan dingin agar bentuk nya bagus. Kami saling membantu agar prodkluk yang kami buat selesai dengan baik dan lancar. Setelah selesai kami review ke pak ical. Setelah selesai berjalan dengan baik mid test kami, kami melakukan general cleaning tapi general cleaning hari ini berbeda kami gc besar-besaran seperti hari jumat. Setelah selesai kami istirahat di halaman belakang kitchen sambil menunggu aba-aba untuk oneline hehe beberapa jam kemudian kami oneline terus berdoa bersama sebelum pulang.