RARA

Friday, February 15, 2019

tugas pengolahan kue and roti

     assalamualaikum
selamat datang kembali di blog saya. kali ini saya akan memperlihatkan kepada semua teman-teman terminologi bahan dari kue dan roti, semoga bermanfaat buat kalian. silahkan di baca dan simak yaaa.....




Rabu, 13 Februari 2019


Pengelolaan Roti dan Kue

Arrowroot Flour

Adalah tepung bebas gluten yang merupakan salah satu sumber karbohidrat alami terbaik. Garut adalah tanaman yang berkembang dengan rimpang yang kaya kandungan pati, banyak ditemukan di Amerika Selatan dan memang berasal dari sana.

http://dapurpunyaku.blogspot.com/2011/08/mengenal-macam-macam-tepung-jenis-jenis.html?m=1

Amaretto


Amaretto sungguhnya adalah minuman beralkohol khas Italia yang memiliki kadar gula cukup tinggi (paling sedikit 100 gram kadar gula/liternya). Bahan dasar pembuatan amaretto adalah buah kenari dan/atau biji dari buah aprikot yang dalam proses produksinya dicampurkan dengan rempah-rempah seperti vanili. Amaretto umumnya memiliki kadar alkohol 25%. Amaretto biasanya dapat digunakan sebagai campuran untuk membuat minuman, kue (tiramisu), ataupun es krim.

Amaretto adalah minuman beralkohol khas Italia. Memiliki kadar gula cukup tinggi setidak-tidaknya 100 gram kadar gula per liternya. Amaretto berbahan dasar buah kenari atau biji dari buah aprikot yang dicampurkan dengan rempah-rempah seperti vanili. Umumnya amaretto berkadar alkohol 25%. Selain untuk campuran gelato, amaretto biasanya digunakan sebagai campuran untuk membuat minuman dan tiramisu.

Angelica



Angelica sering digunakan sebagai penambah rasa atau wangi‐wangian, angelica digunakan secara medis untuk merangsang pengeluaran gastric, mengobati perut kembung, rematik, dan kelainan kulit.

Aspic Jelly



Merupakan hidangan pembuka yang terbuat dari stock yang dijernihkan (clarified) dengan campuran daging, putih, telur, air / stock dingin, ditambah larutan gelatine kemudian simmer selama 2 jam, disaring dan kemudian di dinginkan.


  Anglaise Sauce


Crème anglaise (Bahasa Prancis untuk "Krim Inggris") adalah custard ringan yang digunakan sebagai krim penutup atau saus. Ini adalah campuran gula, kuning telur, minyak, dan susu panas yang sering dibumbui dengan vanila. Namanya mungkin berasal dari prevalensi puding manis dalam hidangan penutup Inggris. Crème anglaise umumnya disajikan di restoran mewah untuk menghias dan mempercantik kue atau makanan penutup lainnya, dengan memperkaya atau memberikan kontras rasa, memperkuat rasa serta mempercantik tampilan suatu hidangan. Kadang-kadang digambarkan seperti "menuangkan custard" karena cukup tipis untuk dituang dan tetapi tidak, menyerupai puding tetapi tidak,  cukup tebal untuk disendok tepisah dn disajikan. Saus puding dibuat dengan krim dan kuning telur, sedikit dimaniskan dengan gula dan sedikit dibumbui dengan vanila. Jika Anda belum pernah makan sebelumnya, rasanya agak mirip dengan rasa dan tekstur es krim vanilla meleleh, tetapi mungkin agak kurang manis. Sangat cocok dengan kue, souffle dan semua jenis makanan penutup buah, dari kue tar ke semangkuk stroberi sederhana.
Krim dibuat dengan mengocok kuning telur dan gula sampai kuning telur hampir putih, dan perlahan-lahan menambahkan minyak panas dan susu, sambil mengocok. Proses ini biasa disebut dengan tempering. Kacang vanili (biji) dapat ditambahkan untuk rasa ekstra dan daya tarik visual. Saus tersebut kemudian dimasak dengan api kecil (pemanasan berlebihan dapat menyebabkan kuning telurnya matang, menghasilkan telur orak arik) dan diaduk terus-menerus dengan sendok sampai cukup tebal untuk melapisi bagian belakang sendok, dan kemudian dikeluarkan dari api. Dimungkinkan juga untuk mengatur saus ke dalam cangkir puding dan memanggang dalam bain-marie sampai kuning telur terbentuk. Jika saus mencapai suhu yang terlalu tinggi, saus akan mengental, meskipun bisa diselamatkan dengan menyaringnya ke dalam wadah yang diletakkan di penangas es. Suhu pemasakan harus antara 70 ° C (156 ° F) dan 85 ° C (185 ° F); semakin tinggi suhunya, semakin tebal krim yang dihasilkan, selama kuning telur sepenuhnya dimasukkan ke dalam campuran. Crème anglaise dapat disajikan panas atau disimpan di lemari es.
Dua masalah yang paling umum saat membuat Crème anglaise adalah (1) menambahkan krim ke kuning telur terlalu cepat dan (2) membuat puding terlalu matang. Dalam kedua kasus akan berakhir dengan saus "pecah" yang tidak halus dan memiliki rasa yang relatif seperti telur biasa. Hal terbaik yang perlu diingat adalah bahwa untuk membuat saus yang sangat lembut maka diperlukan kesabaran dalam mengaduknya.
Crème anglaise dapat dituangkan sebagai saus di atas kue atau buah-buahan. Atau, dapat diminum sebagai pencuci mulut sendiri, misalnya di flle flottante ("pulau terapung") dimana krim dituangkan ke dalam mangkuk dengan sepotong meringue (blancs en neige) melayang di atasnya bersama dengan praline. Saus ini juga dapat digunakan sebagai dasar untuk makanan penutup seperti es krim atau crème brûlée.

*FUNGSI ASPIC JELLY
Sebagai Cold Appetizer (hidangan pembuka dingin Pelapis hidangan pembuka agar lebih menarik, misalnya: pada hidangan chicken ballotines Sebagai campuran Chaud froid sauce Garnish pada cold buffer, dipotong-potong atau dicetak

Bavarian cream



Crème bavaroise or simply bavarois is a dessert consisting of milk thickened with eggs and gelatin or isinglass, into which whipped cream is folded. The mixture sets up in a cold mold and is unmolded for serving. Earlier versions, sometimes called fromage bavarois, did not include eggs.

Beignet



Beignet itu sendiri adonan roti goreng ditabur gula pasir, mirip dengan bolang-baling di Jawa. Saya bilang mirip karena aslinya di Perancis Beignet itu adonan Sus yang digoreng, strukturnya lebih ringan daripada bolang-baling. Beignet New Orleans ini lebih mengarah ke struktur donat.
Dalam bahasa Perancis Beignet artinya gorengan.
Kedua istilah Patisserie dan juga Boulangerie (yang kita sebut bakery) datang dari bahasa Prancis. Walaupun di Indonesia sendiri toko roti atau toko kue menjual pastri dan roti secara bersamaan, di Prancis sendiri Boulangerie dan Patisserie menjual produk-produk yang berbeda. Bahkan di Prancis sendiri, ada lagi jenis lain yang disebut viennoiserie.

Beurre noisette



Dari namanya 'beurre noisette' secara harafiah berarti mentega hazelnut atau hazelnut butter dan disebut juga brown butter. Dinamai demikian karena aromanya wangi seperti hazelnut yang dipanggang. Bentuknya berupa mentega cair berwarna bening kecokelatan dengan sedikit buih.

Mentega cair ini biasanya dipakai untuk saus, setup sayuran, tumis sayuran, omelet atau memasak ayam. Aroma gurih bercampur sedikit gosong seperti karamel membuat beragam sajian jadi enak rasanya.

https://m.detik.com/food/cooking-tips/d-2638812/apa-itu-beurre-noisette

Buttermilk



Buttermilk merupakan produk olahan susu yang memberikan rasa enak dan lezat. Produk ini merupakan hasil olahan fermentasi yang ternyata juga berguna untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Sayangnya buttermilk masih tak banyak diketahui manfaatnya untuk kecantikan kulit.

Istilah susu mentega juga merujuk kepada sejumlah minuman susu berfermentasi, yang umum di wilayah panas (contohnya wilayah Balkan, Timur Tengah, Turki, Afghanistan, Pakistan, India, Sri Lanka dan bagian selatan Amerika Serikat),serta di wilayah dingin, seperti Skandinavia, Finlandia, Belanda, Jerman, Polandia, Slowakia dan Republik Ceko.


Baume


Hydrometer, alat untuk mengukur beberapa karakteristik cairan, seperti kerapatan (berat per satuan volume) atau gravitasi spesifik (bobot per satuan volume dibandingkan dengan air). Perangkat ini pada dasarnya terdiri dari bola kaca berbobot, tertutup, berleher panjang yang direndam dalam cairan yang diukur; kedalaman flotasi memberikan indikasi kepadatan cairan, dan leher dapat dikalibrasi untuk membaca kepadatan, berat jenis, atau beberapa karakteristik terkait lainnya.
Dalam praktiknya, bohlam kaca apung biasanya dimasukkan ke dalam tabung gelas silindris yang dilengkapi dengan bola karet di ujung atas untuk menghisap cairan ke dalam tabung. Kedalaman bola lampu dikalibrasi untuk membaca karakteristik yang diinginkan. Instrumen tipikal adalah tempat penyimpanan baterai hidrometer, dimana gravitasi spesifik cairan baterai dapat diukur dan kondisi baterai ditentukan. Instrumen lain adalah radiator hidrometer, di mana pelampung dikalibrasi dalam hal titik beku dari solusi radiator. Yang lain mungkin dikalibrasi dalam bentuk “bukti” larutan alkohol atau dalam hal persentase gula dalam larutan gula.
Skala Baumé adalah sepasang skala hidrometer yang dikembangkan oleh apoteker Prancis Antoine Baumé pada tahun 1768 untuk mengukur kepadatan berbagai cairan. Satuan skala Baumé telah dinotasikan dengan beragam seperti derajat Baumé, B °, Bé ° dan hanya Baume (aksennya tidak selalu ada). Satu skala mengukur kepadatan cairan yang lebih berat dari air dan yang lainnya, cairan lebih ringan dari air. Baumé air suling adalah 0. Skala gravitasi API didasarkan pada kesalahan dalam implementasi awal skala Baumé.
Ada dua hidrometer Baume. Satu, yang digunakan dengan cairan yang lebih berat dari air, tenggelam hingga 0 ° dalam air murni, dan 15 ° dalam larutan garam 15 persen; yang lain, untuk cairan yang lebih ringan dari air, tenggelam hingga 0 ° dalam larutan garam 10% dan 10 ° dalam air murni.
Sebelum standardisasi pada gravitasi spesifik sekitar waktu Perang Dunia II, skala Baumé umumnya digunakan dalam kimia industri dan farmakologi untuk pengukuran kepadatan cairan. Saat ini skala Baumé masih digunakan di berbagai industri seperti pembuatan bir, pemrosesan bit gula, mata, industri pati, pembuatan anggur dan pembuatan papan sirkuit cetak (PCB). Ini juga digunakan untuk kaustik dalam proses pemurnian.

  Blackjack


Blackjack, rumput liar yang ditemukan di seluruh Afrika Sub-Sahara yang tumbuh dengan baik di dataran tinggi dan daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi. Selain tumbuh secara spontan di daerah yang ditanami, tanah terlantar, dan hutan, blackjack juga dibudidayakan seperti di Tanzania.
Blackjack adalah sayuran yang dapat dimakan, dan juga digunakan dalam pengobatan, makanan ternak, teh herbal dan sebagai bumbu. Daunnya juga digunakan untuk teh dan jus blackjack. Meskipun memiliki banyak kegunaan, beberapa komunitas masih melihat tanaman ini sebagai gulma saja.
Blackjack mengandung banyak nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin C, zat besi dan protein tingkat tinggi. Beta-karoten: tinggi; vitamin E: sedang; asam askorbat: tinggi; kalsium: rendah; besi: rendah; protein: 3,0%. Daunnya juga mengandung antiinflamasi, antioksidan dan antigastrointestinal, coumarin bakteri, flavonol dan stilbenoid (flavonoid), pitosterol, poliasetlenen, dan triterpen, serta saponin. Sebagai tanaman obat, tanaman ini secara tradisional digunakan untuk anemia diet, membantu aliran darah, pencegahan malaria, mengurangi sakit gigi, meningkatkan kesehatan mata dan dalam perawatan luka - termasuk yang dialami oleh orang yang menderita HIV / AIDS.

 Bombe Mixture


Campuran (mixture) bombe adalah hidangan penutup yang terlihat mewah,  mengandung campuran krim atau puding yang diatur dan dibekukan dalam cetakan. Istilah ini sudah meluas dan telah digunakan untuk merujuk pada es krim yang dibentuk melalui cetakan panjang atau cone, tidak harus hemisferis. Ini juga telah digunakan untuk memasukkan hidangan yang dibuat dengan makanan penutup beku lainnya, seperti serbat, sorbet, atau mousse.
Definisi lain, hidangan penutup tradisional Prancis, disebut bombe glaceeatau bombe, dibuat dengan es krim atau serbat dan campuran puding dan buah. Cetakan bom digunakan yang membentuk makanan penutup berlapis sepak bola setelah dibekukan. Makanan pencuci mulut dibuat dengan menyebarkan lapisan tipis es krim, kira-kira ½ inci, di sekitar bagian dalam cetakan yang memiliki tutup berbentuk bola yang pas ke dalam wajan datar sisi datar. Es krim kemudian ditempatkan di dalam freezer. Setelah dibekukan, cetakan kemudian diisi dengan buah dan puding untuk dibekukan. Ketika disajikan, hasil cetakan diiris sehingga memberikan penampilan berlapis yang menarik. Sirup atau minuman beralkohol sering disebarkan di setiap sajian untuk melengkapi makanan penutup.

Bombes

Campuran (mixture) bombe adalah hidangan penutup yang terlihat mewah,  mengandung campuran krim atau puding yang diatur dan dibekukan dalam cetakan. Istilah ini sudah meluas dan telah digunakan untuk merujuk pada es krim yang dibentuk melalui cetakan panjang atau cone, tidak harus hemisferis. Ini juga telah digunakan untuk memasukkan hidangan yang dibuat dengan makanan penutup beku lainnya, seperti serbat, sorbet, atau mousse.
Definisi lain, hidangan penutup tradisional Prancis, disebut bombe glaceeatau bombe, dibuat dengan es krim atau serbat dan campuran puding dan buah. Cetakan bom digunakan yang membentuk makanan penutup berlapis sepak bola setelah dibekukan. Makanan pencuci mulut dibuat dengan menyebarkan lapisan tipis es krim, kira-kira ½ inci, di sekitar bagian dalam cetakan yang memiliki tutup berbentuk bola yang pas ke dalam wajan datar sisi datar. Es krim kemudian ditempatkan di dalam freezer. Setelah dibekukan, cetakan kemudian diisi dengan buah dan puding untuk dibekukan. Ketika disajikan, hasil cetakan diiris sehingga memberikan penampilan berlapis yang menarik. Sirup atau minuman beralkohol sering disebarkan di setiap sajian untuk melengkapi makanan penutup.

Boulangerie


   Boulangerie adalah toko roti, tidak hanya memiliki makanan penutup dan permen Prancis, ia juga menyimpan makanan gurih dan sandwich. Baguette yang khas, croissant, dan beragam roti yang kurang dikenal dapat ditemukan di sini. Juga, ada beberapa makanan yang sudah disiapkan sebelumnya seperti sandwich, beberapa quiches, pizza mini gaya Perancis dan crepes gurih dan manis. Boulangerie pada dasarnya adalah toko kue dengan tambahan makanan ringan.


Calvados as Brendy

Brendi (bahasa Inggris: brandy, berasal dari bahasa Belanda, brandewijn[1]) adalah istilah umum untuk minuman anggur hasil distilasi, dan biasanya memiliki kadar etil alkohol sekitar 35-60%. Bahan baku brendi bukan hanya anggur, melainkan juga pomace (ampas buah anggur sisa pembuatan minuman anggur) atau fermentasi sari buah. Bila bahan baku tidak ditulis pada label, brendi tersebut dibuat dari buah anggur asli.[2]
Dalam kebudayaan Barat, brendi adalah minuman yang disajikan sesudah makan. Brendi yang dibuat dari minuman anggur biasanya diberi pewarna karamel untuk meniru warna brendi yang lama disimpan di dalam tong kayu. Brendi dari pomace atau sari buah biasanya langsung diminum tanpa melalui proses pematangan di dalam tong kayu, dan tidak diberi pewarna.

Candied



Permen atau gula-gula adalah makanan berkalori tinggi yang pada umumnya berbahan dasar gula, air, dan sirup fruktosa. Tingginya kadar gula dalam permen membuatnya diklaim sebagai salah satu penyebab gigi berlubang.
Para ahli pernah menemukan permen purba di Mesir sekitar 3500 tahun yang lalu. Dan di tempat yang lain juga pernah ditemukan gumpalan madu kering yang diduga dijadikan permen oleh manusia purba pada saat itu. Kegemaran yang awalnya hanya iseng belaka ini kemudian mendorong bangsa Mesir, Arab, dan Cina kuno untuk membuat racikan manisan madu dengan berbagai macam rasa. Mulai dari rasa buah buahan sampai kacang kacangan. Perkembangan pembuatan permen ini juga di pengaruhi oleh kebiasaan makan coklat yang di populerkan suku Indian, Aztec, dan Maya.

Crème anglaise



Adalah saus pelengkap makanan penutup yang dibuat dari telur, krim, dan vanili segar. Crème anglaise umumnya disajikan di restoran mewah untuk menghias dan mempercantik kue atau makanan penutup lainnya, dengan memperkaya atau memberikan kontras rasa, memperkuat rasa serta mempercantik tampilan suatu hidangan. Rasanya saat dituangkan ke dalam semangkuk stroberi sama lezatnya dengan saat dituangkan ke atas kue tar cokelat hitam. Lihatlah langkah 1 untuk mempelajari cara pembuatannya.

https://www.google.com/amp/s/id.m.wikihow.com/Menyiapkan-Creme-Anglaise%3Famp%3D1

Caramelized



Ada dua arti untuk istilah memasak ini, yaitu:
* Melarutkan gula dengan air sambil memasaknya di atas kompor gas hingga mendidih dan berubah menjadi karamel.
* Metode memasak daging, sayur, bawang, atau buah pada wajan panas di atas kompor gas untuk mengeluarkan gula alaminya.


Crystallization

Dalam makanan, ada dua keadaan untuk mengendalikan pembentukan kristal yang dapat dibedakan. Kondisi dimana kristal menyediakan elemen struktur dalam produk dan kondisi dimana kristalisasi merupakan proses pemisahan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kristalisasi dalam produk makanan.
Dalam banyak produk, tujuan kristalisasi adalah untuk menghasilkan tekstur atau penampilan tertentu yang membuat produk tersebut dapat diterima. Dengan demikian, nukleasi banyak kristal yang tetap kecil di dalam produk itu sendiri sering menjadi tujuannya. Harus ada banyak kristal dengan ukuran rata-rata kecil dan distribusi sempit. Kristal juga harus memiliki bentuk dan / atau polimorf yang tepat untuk meningkatkan stabilitas produk selama penyimpanan dan distribusi.
Namun, dalam jenis produk lainnya, kristalisasi tidak diinginkan meskipun sistem jenuh. Dalam kasus ini, teknik digunakan untuk mencegah kristalisasi terjadi selama penyimpanan, karena ini mengarah pada kualitas produk yang tidak dapat diterima karena terjadi kristalisasi.


Caramel Fruits


Saus karamel dibuat bukan dengan mentega atau krim sebagai cairan, tetapi dengan jus buah. Cara membuat saus karamel buah:
1.    Bersihkan buah dalam blender atau pengolah makanan.
2.    Jika buah membutuhkan sedikit bantuan untuk dicairkan, Anda dapat menambahkan jus lemon (1 sendok makan), alkohol (resep Goin membutuhkan 2 sendok makan Cognac atau brendi), atau air.
3.    Buat karamel seperti biasa.
4.    Jika Anda ingin saus yang lebih kaya dan kental, tambahkan krim atau mentega. Anda juga bisa membiarkan campuran mendidih dan mengecil pada saat ini.
5.    Gunakan karamel. Sendokkan di atas es krim, aduk menjadi kue, sebarkan di atas scone.

Cassata


Cassata atau Cassata siciliana adalah makanan manis tradisional dari wilayah Palermo dan Messina, Sisilia, Italia. Cassata juga digunakan untuk es krim Neapolitan yang mengandung kacang atau buah yang dikeringkan atau dibuat manisan. Cassata terdiri dari kue sponge bundar yang dicampur dengan jus buah atau liqueur dan dipadu dengan keju ricotta, manisan buah, dan isian coklat atau vanila yang mirip dengan krim cannoli. Makanan tersebut disajikan dengan marzipan, icing berwarna pastel pink dan hijau, dan dirancang-desain dekoratif. Bagian atas atas cassata dihiasi dengan buah manisan yang terinspirasi potongan karakteristik buah sitrus dari Sisilia.
Cassata sebagai kue tradisional Sisilia, terbuat dari ricotta manis (tradisional dari susu domba), kue bolu, marzipan, dan buah manisan. Meskipun resepnya sederhana, ada beberapa variasi local dan masing-masing kota di Sisilia memiliki resepnya sendiri. Asal-usul Cassata harus dicari kembali ke pendudukan Arab di Sisilia (abad ke-9), di mana berbagai bahan khas Siclian diperkenalkan: tebu, lemon, cedar, jeruk pahit, mandarin. Bahan-bahan ini, bersama dengan keju ricotta domba yang diproduksi di Sisilia dari zaman prasejarah, bersatu menjadi  Cassata, yang pada awalnya hanya berupa kue dibungkus kertas pendek yang diisi dengan ricotta manis dan kemudian dipanggang.

Charlotte


Charlotte. Puding yang terdiri dari cetakan, lapisan, atau lapisan roti atau kue, diisi dengan buah atau krim - seperti Apple Charlotte, Charlotte Russe, dll.
Charlotte adalah jenis makanan penutup atau sepele yang bisa disajikan panas atau dingin. Ini juga disebut sebagai "kue kotak es". Roti, kue bolu atau biskuit / kue digunakan untuk melapisi cetakan, yang kemudian diisi dengan pure buah atau custard. Itu juga bisa dibuat menggunakan lapisan remah roti.
Charlotte juga nama untuk dua makanan penutup yang berbeda. Persiapan pertama terbuat dari irisan roti yang dilapisi dengan cetakan, diisi dengan buah, dan dipanggang sampai roti memperoleh warna emas dan tekstur yang segar. Beberapa rasa termasuk stroberi, raspberry, apel, pir, dan pisang. Kebanyakan charlottes disajikan dingin, sehingga mereka lebih umum di musim panas. Versi kedua, mirip dengan yang pertama, melapisi cetakan dengan kue atau jari wanita dan diisi dengan krim Bavaria. Ini juga dapat diisi dengan krim kocok atau bahkan mousse buah. Versi yang lebih rumit melapisi kue dengan selai, kemudian irisan kue ini digunakan untuk melapisi cetakan. Coklat charlotte menggunakan isian mousse di dalam lapisan. Dadih jeruk adalah pilihan yang lebih kontemporer.
Russian Charlotte atau Charlotte russe adalah hidangan penutup yang ditemukan oleh koki Prancis Marie-Antoine Carême (1784-1833), yang menamakannya untuk menghormati anak tunggal mantan majikannya George IV, Putri Charlotte, dan majikannya saat ini, pengusaha Rusia Czar Alexander I ( russe menjadi kata Prancis untuk "Rusia"). Ini adalah makanan penutup dingin dari krim Bavaria yang dibuat dalam cetakan yang dilapisi dengan kue jari. Alternatif untuk ini adalah Charlotte Royale, yang memiliki isian yang sama dengan Charlotte russe, tetapi menggantikan lapisan ladyfinger dengan roll Swiss.

Chocolate vermicelli



Cokelat vermicelli dikenal dengan berbagai nama di seluruh dunia - untaian cokelat, taburan, dan bidikan menjadi beberapa nama umum. Pada dasarnya, itu adalah cokelat yang diekstrusi dari cetakan kecil sehingga menyerupai potongan helai bihun berukuran sama. Ini dapat digunakan untuk menghias kue, puding, es krim dan permen lainnya. Ini menambah rasa, tekstur renyah dan penampilan yang menakjubkan untuk hidangan penutup mana pun.
Berbagai merek Chocolate Vermicelli mudah tersedia di pasaran. Selalu periksa penyegelan tas dan kotak yang akan dibeli. Hindari juga membeli jika ada busa keputihan pada cokelat karena mungkin sudah mulai rusak. Simpan coklat di tempat yang sejuk dan kering tetapi dapat disimpan lemari es jika diperlukan.
Cokelat mengandung alkaloid seperti theobromine dan phenethylamine, yang memiliki efek fisiologis pada tubuh. Cokelat hitam memiliki sejumlah besar antioksidan.

Compote



Compote merupakan campuran berbagai macam buah dalam bentuk utuh atau potongan yang dimasak dalam sirup gula, dapat ditambah dengan rempah-rempah (cengkeh, kayu manis) sehingga menghasilkan sesuatu yang baru tetapi padu. Buah yang digunakan buah yang bertekstur lunak untuk mempersingkat waktu pemasakan. Buah mengandung pigmen, mengandung vitamin yang larut dalam air, waktu pemasakan dimulai dari buah yang warnanya muda/pemasakannya sendiri-sendiri agar warna buah tetap.

Cointreau

Cointreau adalah sebuah merk dari minuman beralkohol sejenis triple sec yang berasal dari Prancis dan dibuat dari kulit jeruk yang dikeringkan. Cointreau pertama kali dibuat pada 1875 oleh Eduourd Cointreau, anak dari Edouard-Jean Cointreau. Eduourd Cointreau juga menciptakan botol bersisi persegi yang masih digunakan hingga saat ini. Kandungan alkohol dalam Cointreau adalah 40% dikarenakan proses distilasi yang digunakan. Kandungan tersebut tergolong tinggi untuk ukuran minuman triple sec. Sejak pertama kali dijual secara komersial, metode pembuatan Cointreau yang mendetail dirahasakan dari publik. Namun karena Cointreau merupakan sejenis minuman triple sec maka pembuatan Cointreau pun dimulai dengan merendam kulit jeruk dalam alkohol dan kemudian mendistilasi alkohol tersebut.

Crème de Cacao (white)

Liqueur made from natural aromas of cocoa.
~Tasting notes
Clear, transparent colour.
Very strong aroma of cocoa with a slight note of coffee, coated with vanilla and caramel.
Very sweet and sugary taste at first, then powerful aromas of dark chocolate and coffee. Very buttered end of mouth.

Coulis


Coulis adalah bentukan saus kental yang terbuat dari pureedan buah atau sayuran yang telah disaring. Coulis sayuran biasanya digunakan pada hidangan daging dan sayuran, dan dapat juga digunakan sebagai bahan dasar untuk sup atau saus lainnya. Coulis buah paling sering digunakan pada makanan penutup. Raspberry coulis, misalnya, sangat populer dengan apel rebus atau Key lime pie. Semua jenis buah-buahan atau sayuran dapat dibuat menjadi coulis, tetapi jenis yang umum adalah raspberry, aprikot atau lada merah. Coulis biasanya diaduk di atas makanan penutup atau hidangan yang penuh rasa, tetapi coulis juga bisa digunakan dalam saus untuk meningkatkan rasa mereka.
[Perancis] pure buah atau sayuran, digunakan sebagai saus atau bahan penyedap untuk saus atau sup lainnya. Sebagai saus, mereka diencerkan mencapai konsistensi yang tepat, tetapi tidak terlalu banyak untuk mengubah rasa intens dari pure.
Coulis memiliki banyak fungsi. Seringkali, mereka digunakan untuk dekorasi piring dan hiasan rasa komplementer, untuk hidangan daging dan sayuran. Mereka juga dapat digunakan sebagai hiasan sup atau sebagai saus hidangan. Coulis buah, terutama dari buah beri, digunakan sebagai topping pencuci mulut. Saus ini biasanya sangat halus dan dapat disaring melalui saringan chinois. Penggunaan coulis memuncak pada 1980-an sebagai bagian dari dominasi Nouvelle Cuisine.

Coupe


Sepiring es krim.
Makanan penutup berbasis es krim yang biasanya disajikan dalam gelas piala.


Crêpe



Crepe adalah panekuk tipis yang terbuat dari gandum dan merupakan makanan yang sangat digemari di seluruh Eropa dan tempat lainnya. Bahan utamanya adalah terigu, telur, susu, mentega, dan garam. Terdapat dua jenis crêpe, yaitu crêpe manis yang terbuat dari tepung gandum dan crêpe asin yang terbuat dari tepung buckwheat.

Crêpe berasal dari Bretagne, sebuah wilayah di Prancis bagian barat, di mana crêpe disebut sebagai kramphouezh. Namun, konsumsi crêpe sekarang sudah meluas di seluruh Prancis. Buckwheat berasal dari Tiongkok, dan setelah menyebar ke Eropa Timur berkembang menjadi makanan sejenis yang disebut blintz. Di Bretagne, crêpes biasanya disajikan secara tradisional dengan saus apel. Di kawasan Eropa Tengah, makanan sejenis ini disebut palačinka (bahasa Ceko, Slowakia, Kroasia dan Slovenia), palatschinken (Austria), palacsinta (bahasa Hongaria). Semua julukan ini berasal dari kata Rumania plăcintă (bahasa Latin placenta yang berarti 'kue'). Di kebanyakan daerah Jerman, crêpe disebut sebagai Pfannkuchen, dan dalam bahasa Belanda pannenkoeken. Kedua kata ini, berasal dari kata 'pan' dan 'cake' yang masing-masing berarti 'pemanggangan' dan 'kue'.


Creme de cassic


Crème de cassis (juga dikenal sebagai Cassis liqueur) adalah minuman keras berwarna merah gelap yang terbuat dari blackcurrant yang dihancurkan dan direndam dalam alkohol, lalu ditambahkan gula secukupnya. Beberapa koktail dibuat dengan crème de cassis, termasuk koktail anggur yang sangat populer, kir. Minuman ini juga dapat disajikan sebagai minuman keras setelah makan malam atau sebagai frappé.

Crème de cassis adalah minuman keras spesial dari Burgundy, tapi masih bias diproduksi di Anjou, Inggris, Luksemburg, Alberta, Quebec dan Tasmania. Kualitas creme de cassis tergantung pada varietas buah yang digunakan, isi buah, dan proses produksi. Jika diberi label "Creme de Cassis de Dijon", maka dijamin salah satu buah berasal dari komune Dijon.

Creme fraice

Umumnya digunakan utk mengolah makanan Perancis, campuran saus, sup atau topping dessert. Kandungan lemaknya ckp tinggi. Teksturnya lembut, sangat kental dan berwarna kekuningan. Rasanya asam, tp tdk seasam sour cream.

Croquant



Adalah sejenis makanan ringan yg masih satu keluarga dengan “KUE SUS”, yang membedakan ialah topingnya, kalau cqroquant memakai toping kacang dan bisa diisi dengan berbagai varian rasa like Hokkaido Cheese, Matcha, Vanilla, Oreo, Peanut butter, Premium Cream, Nutella, en Strawberry

Dariole

Dari perancis istilah yang merujuk ke cetakan kecil, silinder, serta makanan penutup dipanggang di dalamnya. Klasik, makanan penutup yang dibuat oleh lapisan cetakan dengan puff pastry, mengisinya dengan krim almond dan baking sampai coklat keemasan. Hari ini, ada juga darioles gurih, biasanya dibuat dengan sayuran custard.

http://id.m.termwiki.com/ID/dariole

Essence
Dalam proses pembuatan produk bakery terkadang bahan-bahan yg kita gunakan saling bercampur sehingga kurang bisa dikenali rasa utamanya. Untuk itu digunakan essence makanan yang mampu menguatkan cita rasa utama dari bahan makanan. Essence bisa diekstrak dari sumber bahan makanan ataupun dibuat melalui proses kimia. Karena essence hanya digunakan sedikit sekali, umumnya essence berbentuk cair dan dikemas dalam bentuk botol kecil. Essence hadir dalam banyak varian rasa.

Essence Oil
Minyak atsiri, atau dikenal juga sebagai minyak eterik (aetheric oil), minyak esensial (essential oil), minyak terbang (volatile oil), serta minyak aromatik (aromatic oil), adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak atsiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Di dalam perdagangan, hasil sulingan (destilasi) minyak atsiri dikenal sebagai bibit minyak wangi.
Para ahli biologi menganggap minyak atsiri sebagai metabolit sekunder yang biasanya berperan sebagai alat pertahanan diri agar tidak dimakan oleh hewan (hama) ataupun sebagai agensia untuk bersaing dengan tumbuhan lain (lihat alelopati) dalam mempertahankan ruang hidup. Walaupun hewan kadang-kadang juga mengeluarkan bau-bauan (seperti kesturi dari beberapa musang atau cairan yang berbau menyengat dari beberapa kepik), zat-zat itu tidak digolongkan sebagai minyak atsiri.
Minyak atsiri bersifat mudah menguap karena titik uapnya rendah. Selain itu, susunan senyawa komponennya kuat memengaruhi saraf manusia (terutama di hidung) sehingga seringkali memberikan efek psikologis tertentu. Setiap senyawa penyusun memiliki efek tersendiri, dan campurannya dapat menghasilkan rasa yang berbeda. Karena pengaruh psikologis ini, minyak atsiri merupakan komponen penting dalam aromaterapi atau kegiatan-kegiatan liturgi dan olah pikiran/jiwa, seperti yoga atau ayurveda.

Friandise


Makanan penutup. Hidangan kecil mungil. Sepiring kecil manis atau manisan disajikan di akhir makan. Makanan penutup tampaknya digunakan secara bergantian dengan mignardise, kata Prancis lainnya untuk kue-kue kecil dan permen yang ditawarkan setelah hidangan penutup atau selama minum teh. Kadang-kadang kata ini digunakan untuk merujuk pada bermacam-macam keseluruhan, dan kadang-kadang untuk masing-masing permen. Permen ini bisa berupa petit yang ditutupi fondant, puff krim seukuran gigitan, truffle cokelat, tartlet puding buah dan custard, atau kue pastry kecil yang mungil lainnya konpeksi.


Flambe



Flambé (/[unsupported input]flɒmˈbeɪ/, bahasa Prancis: [flɑ̃be]; juga dieja flambe), adalah prosedur memasak dengan menyalakan api pada masakan yang mengandung atau diberi alkohol. Kata ini berarti "terbakar" dalam bahasa Prancis. Teknik flambé seringkali dimanfaatkan untuk presentasi pinggir meja beberapa masakan, seperti Bananas Foster atau Cherries Jubilee. Teknik ini juga merupakan langkah penting dalam membuat coq au vin sebelum dibawa ke meja pelanggan. Flambé dapat menambahkan aroma dan rasa suatu makanan.

Frangelico

Adalah minuman keras hazelnut yang paling terkenal yang ada dan ia digunakan untuk membuat beberapa koktel yang hebat. © Campari Group
Frangelico adalah minuman keras berwarna emas pucat yang terbuat dari hazelnut Tonda Gentile. Ia disuling di rantau Piedmont Itali utara dari penyerapan alkohol dan air kacang-kacangan. Ekstrak perisa semulajadi seperti koko dan vanila ditambah sebelum campuran dengan alkohol, gula dan air untuk memenuhi kekuatan botol.
Ia kekal sebagai minuman keras hazelnut utama dan asal usulnya kembali lebih 300 tahun kepada para biarawan Kristian yang mendiami kawasan Itali itu.
Nama Frangelico berasal dari salah seorang dari para bhikkhu, Fra. Angelico, dan botol itu mencerminkan warisan ini, yang kelihatan seperti biksu kaca, lengkap dengan ikat pinggang.

Frangelico Cocktails



Frangelico digunakan dalam pelbagai koktail, minuman pencuci mulut yang paling lazim dan penembak. Ia menambah rasa yang kaya dengan kacang cokelat dan vanila yang gelap. Ia juga lazat sendiri dan biasanya dihidangkan lurus, sejuk, ais, atau dengan soda atau tonik.
            ▪           Chocolate Cake (penembak)
            ▪           Friar Tuck
            ▪           Bourbon Ball Liquid
            ▪           Kacang dan Berry
            ▪           Nutty Irish
            ▪           Nutty Martini
            ▪           Peach Cobbler
            ▪           Quaalude Rusia (penembak


Framboise


Framboise (bahasa Prancis) adalah nama dari dua jenis minuman beralkohol yang difermentasi dengan raspberry (framboise = raspberry). Dalam bahasa Inggris, framboise digunakan terutama mengacu pada bir lambic Belgia yang difermentasi menggunakan raspberry. Bir ini salah satu dari banyak jenis bir buah modern yang telah terinspirasi oleh bir kriek yang lebih tradisional, yang dibuat menggunakan ceri asam.
Framboise biasanya disajikan dalam gelas kecil yang menyerupai gelas sampanye, hanya saja lebih pendek (bisa juga berupa piala). Sebagian besar bir framboise cukup manis, meskipun Cantillon Brewery menghasilkan versi Rosé de Gambrinusyang didasarkan pada gaya kriek tradisional. Tempat pembuatan bir Liefmans menggunakan bir oud bruinsebagai pengganti lambic untuk membuat bir framboise-nya, menghasilkan rasa yang sangat berbeda. Framboise juga sering disebut eau de vieyang disuling dengan raspberry. Eau de vie  adalah brendi buah bening dan tidak berwarna yang dihasilkan melalui fermentasi dan distilasi ganda. Rasa buah biasanya sangat ringan.

Frappé



Adalah minuman es kopi khas Yunani yang bersalut buih, terbuat dari kopi instan, gula, air dan es. Frappé pertama kali diciptakan pada September 1957. Kopi ini pertama kali dibuat oleh Dimitrios Vakondios secara tidak disengaja. Dimitrios pada waktu itu adalah seorang penjual dari produk Nestlé. Ketika itu sedang diadakan Pameran Internasional Thessaloniki dan air panas yang dibutuhkan untuk membuat kopi tidak tersedia. Karena itulah Dimitrios akhirnya memutuskan untuk membuat minuman kopi dingin dengan mengocok campuran dari kopi instan Nescafé, minuman coklat Nestlé dan sedikit air dingin. Tidak lama setelah ditemukan, minuman ini pun dipromosikan oleh Nestlé di sebuah pameran di Athena.

Galettes



Awal-mula pai dijadikan sebagai menu pencuci mulut berasal dari periode Neolitik yang dimulai pada 9500 SM. Pai masa ini dikenal dengan sebutan galettes. Ia berisi biji-bijian yang berbeda dengan madu. Galettes dibuat dengan dipanggang di atas bara panas.

Galette adalah istilah Perancis untuk jenis kue yang bentuknya datar, bundar dan pipih seperti pancake. Konsep ini sebenarnya mirip dengan bing, pancake khas Cina. Salah satu jenis galette yang terkenal Galette des Rois, sajian terpenting untuk raja yang disajikan di hari Epiphany.

Di Perancis, istilah galette biasanya digunakan pada kue kering berukuran yang besar. Saat ini di Perancis banyak dikenal dengan Galette Bretonne, namun ada juga yang menyebutnya dengan French crêperies. Crepes ini terbuat dari tepung gandum, rasanya gurih dan sangat renyah. Isiannya bisa manis atau gurih.

Pancake tipis dan besar ini banyak tersedia di daerah Normandia dan Brittany. Biasanya digunakan sebagai pengganti roti yang menjadi makanan pokok mereka. Bagian tenagh adonan bisa di isi dengan telur, daging, ikan, keju, sayuran yang di cincang, irisan apel atau buah berry.

Namun salah satu yang paling populer adalah isian galette berupa keju emmental parut, irisan ham dan telur. Galette isi potongan sosis dan dimakan seperti hot dog juga sangat populer di Perancis

https://indogastronomi.wordpress.com/category/pengertian-dan-istilah-kulinerboga/

Glace



Glace adalah kaldu coklat yang dipanaskan terus menjadi agak kental  " glarinous form" ukuran kekentalannya adalah bila sudah bisa menempel pada punggung sendok " coast the back of a spoon". Biasanya dari satu liter brown stock di dapat 1/4 liter meat glace. Dari proses yang sama untuk kaldu yang lain diperoleh :
1. Veal glace
2. Chicken glace
3. Fish glace

Glaze atau biasa disebut icing, adalah teknik melapisi bagian atas produk bakery dan pastry seperti cake, donat, cookies dan lainnya. Glazing adalah istilah untuk sesuatu yang menutupi kue yang sifatnya memantulkan cahaya atau mengkilap. Fungsinya sebagai sebagai dekorasi pada permukaan kue agar terlihat lebih cantik sekaligus memperkaya cita rasa kue tersebut.

https://pakaroti.com/post/trend-update/latest-trend/pikat-pelanggan-dengan-kemewahan-teknik-glazing

Gianduja



Gianduja adalah nama yang diberikan pada gaya coklat Eropa yang terbuat dari pasta coklat dan kacang. Pasta hazelnut paling sering terjadi, tapi gianduja juga bisa dibuat dengan pasta almond. Muncul dalam susu atau varietas coklat gelap.
Salah satu resep yang menggunakan gianduja coklat adalah Crispy Hazelnut Bark.

Grand marnier

Salah satu orange liquor yang paling disukai oleh banyak kalangan adalah Grand Marnier . Minuman alkohol ini menggunakan bahan dasar cognac yang dicampur dengan sari kulit jeruk.

Menilik dari sejarahnya, Grand Marnier pertama kali diciptakan oleh Louis-Alexandre Marnier Lapostolle, seorang brewer (pembuat bir) asal Prancis pada tahun 1880 silam. Jenis jeruk yang digunakan oleh Marnier berasal dari buah endemik kawasan Curacao yang hanya panen pada musim dingin.

Awalnya, Grand Marnier dibuat tidak lebih sebagai cairan alkohol untuk memasak. Baru kemudian setelah maestro kuliner Prancis klasik, Auguste Escoffier, menemukan keunikan cita rasa Grand Marnier pada sajian dessert kreasinya, popularitas orange liquor ini pun lambat laut kian meluas. Salah satu kreasi kuliner terkenal yang menggunakan tambahan Grand Marnier adalah souffle, yakni sajian dessert berbentuk gelembung yang terbuat dari bahan utama kocokan putih telur, keju, dan olesan kuning telur.

Pasca era mod di era 60-an, Grand Marnier pun mulai dilirik oleh oleh ranah mixology. Terdapat dua jenis koktil populer yang mengandalkan keunikan cita rasa Grand Marnier, yakni B52 dan Grand Cosmopolitan. Selain itu, Grand Marnier pun dapat dinikmati secara nikmat dengan meminumnya via takaran slot. Kenikmatannya disebut serupa whiskey namun dengan aroma yang lebih segar dan ringan.

http://www.esquire.co.id/article/2016/9/3365-Grand-Marnier-Minuman-Alkohol-Bercita-Rasa-Jeruk

Gratinate



Gratinating adalah proses pemberian warna coklat pada makanan yang sudah matang di bawah peralatan yang disebut salamander. Makanan yang akan dicoklatkan bagian atasnya dengan salamander, kemudian diatasnya harus diberi toppung (lapisan) beruapa tepung panir (breadcrums) / keju (cheese) dan lainnya karena panas yang dihasilkan salamander cukup tinggi, maka makanan yang akan di coklatkan bagian atasnya jangan diletakan terlalu dekat dengan pusat api agar tidak hangus.

https://matapelajaran21.blogspot.com/2018/01/pengertian-teknik-grilling-dan-syarat.html?m=1

Garam masala

Adalah bubuk rempah-rempah hasil racikan untuk masakan India. Dalam bahasa Hindi, garam berarti panas (bukan pedas), dan masala berarti racikan rempah-rempah. Bubuk ini ditambahkan ke dalam masakan sebagai penambah aroma.


Glaze


Glazeatau biasa disebut icing, adalah teknik melapisi bagian atas produk bakery dan pastry seperti cake, donat, cookies dan lainnya. Fungsinya sebagai sebagai dekorasi pada permukaan kue agar terlihat lebih cantik sekaligus memperkaya cita rasa kue tersebut.

Glaze


Lapisan cair yang memberi lapisan mengkilap pada makanan. Ini bisa menjadi lapisan es yang gurih pada daging atau lapisan manis pada kue dan makanan yang dipanggang sehingga makanan akan menjadi halus dan mengkilap setelah pengaturan.


Kirsch



Kirsch atau yang juga dikenal dengan sebutan kirschwasser, secara harfiah diterjemahkan menjadi air ceri, merupakan salah satu minuman keras jenis brandy yang kering, tidak berwarna, dan merupakan hasil distilasi dari sari buah ceri morello hitam yang telah difermentasi.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kirsch

Karamel



Karamel adalah gula-gula yang terbentuk dari proses karamelisasi, sehingga menghasilkan cairan lengket berwarna beige sampai cokelat gelap. Karamel kadang terbentuk ketika memasak permen. Karamel dapat digunakan sebagai perisa dalam puding dan berbagai macam hidangan penutup, sebagai isian permen atau cokelat, atau sebagai topping es krim atau hidangan custard.
Karamel terbentuk dengan memanaskan gula pada suhu 170°C (338°F). Ketika gula meleleh dan mendekati suhu tertinggiya, molekulnya memecah dan membentuk menjadi cairan lengket berwarna cokelat. Berbagai variasi permen, gula-gula, dan hidangan penutup mengunakaan karamel, contohnya adalah sebagai tambahan pada permen kacang, seperti praline, nougat, atau brittle.
Pewarna karamel adalah cairan gelap tanpa gula, yang terkonsentrasi dan merupakan hasil mendekati karamelisasi total yang digunakan untuk kebutuhan komersial dan industrial. Beberapa produk seperti minuman kola mengunakaan pewarna karamel, dan juga sebagai pewarna makanan.

Kristalisasi
Adalah proses pembentukan bahan padat dari pengendapan larutan, melt (campuran leleh), atau lebih jarang pengendapan langsung dari gas. Kristalisasi juga merupakan teknik pemisahan kimia antara bahan padat-cair, di mana terjadi perpindahan massa (mass transfer) dari suat zat terlarut (solute) dari cairan larutan ke fase kristal padat.

Liqeuer

     
Liqeur dalah minuman beralcohol yang memiliki rasa manis dan diperoleh dari proses fermentasi buah anggur, biji bijian, kentang, Beras dll dan didetilasi secara berulang-ulang guna menambah kadar alcohol antara -/+ 38 % Contohnya: Bols, dan, pernoid

http://blogeightbal.blogspot.com/2013/11/klasifikasi-liqueur.html?m=1

Mascarpone

Adalah keju segar dari Italia yang dibuat dengan menggunakan krim dari susu sapi. Karena pembuatannya menggunakan krim, maka keju ini termasuk ke dalam jenis keju krim.Keju Mascarpone berwarna putih atau kuning serta memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus. Mascarpone sering digunakan untuk membuat hidangan penutup seperti Tiramisu serta sebagai pengganti krim dalam hidangan pasta atau risotto.Dibutuhkan waktu beberapa hari setelah proses pembuatan agar keju ini matang dan siap dikonsumsi.Karena penggunaan krim dan bukan susu, maka Mascarpone memiliki kandungan lemak yang tinggi, yaitu 75%.


Madeira



Madeira adalah fortified wineyang dibuat di Kepulauan Madeira Portugis, di lepas pantai Afrika. Madeira diproduksi dalam berbagai bentuk mulai dari anggur kering yang dapat dikonsumsi sendiri sebagai minuman beralkohol hingga anggur manis yang biasanya dikonsumsi bersama makanan penutup. Versi memasak yang lebih murah sering dibumbui dengan garam dan lada untuk digunakan dalam memasak, tetapi ini tidak layak untuk dikonsumsi sebagai minuman.
Hari ini, Madeira terkenal karena proses pembuatan anggurnya yang unik yang melibatkan proses memanaskan anggur. Anggur ditempatkan dalam tong stainless steel yang dipanaskan melalui metode serpentine. Air panas, pada suhu antara 45 dan 50 derajat Celcius (sekitar 115 ° F), mengalir melalui sistem serpentin ini untuk periode yang tidak pernah kurang dari tiga bulan. Setelah proses pemanasan yang disebut estufagem selesai, anggur dikenai periode istirahat atau estágio, setidaknya 90 hari untuk memperoleh kondisi yang memungkinkan ahli oenologi, ahli anggur dan pembuat anggur, untuk menyelesaikan anggur sehingga dapat ditempatkan dalam botol dengan jaminan kualitas yang diperlukan. Anggur ini mungkin tidak pernah dibotolkan dan dikomersialkan sebelum tanggal 31 Oktober tahun kedua setelah panen dan biasanya merupakan anggur curah. Karena proses unik ini, Madeira adalah anggur yang sangat kuat yang bisa bertahan lama bahkan setelah dibuka.
Kebanyakan Madeira dikonsumsi sebagai anggur. Kegunaan populer termasuk apéritifs (pre-meal) dan digestifs (post-meal). Di Inggris secara tradisional dikaitkan dengan kue Madeira. Karena Madeira memiliki keasaman yang sangat tinggi maka dapat dipasangkan dengan makanan apa pun, bahkan jeruk atau balsamic. Ini menjadikannya yang paling serbaguna dari semua anggur pencuci mulut. Sementara sebagian besar anggur manis dibuat kering oleh rasa manis dari makanan penutup, ini tidak terjadi dengan

Madeira juga digunakan sebagai agen rasa dalam memasak. Anggur Madeira yang berkualitas lebih rendah mungkin dibumbui dengan garam dan merica untuk mencegah penjualannya sebagai anggur Madeira, dan kemudian diekspor untuk keperluan memasak. Anggur Madeira umumnya digunakan dalam Touredos Rossini dan saus madère (saus Madeira).

Mise en Place



Istilah Mise en Place dalam dunia penyajian diartikan sebagai persiapan dan penempatan segala peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan dalam penghidangan sajian makanan pada tempatnya, sehingga memudahkan pada saat penggunaanya. Dalam pelaksanaanya, harus senantiasa dipastikan bahwa peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan berada dalam keadaan siap pakai dan diletakan sedemikian rupa sehingga penggunaanya dapat dilakukan secara beraturan sesuai dengan kebutuhan.


Maraschino



Maraschino adalah minuman keras yang diperoleh dari penyulingan ceri Marasca. Buah kecil tapi agak masam dari pohon ceri Tapiwa (Prunus cerasus var. Marasca), yang tumbuh liar di sepanjang bagian pantai Dalmatian, menjadikan minuman ini beraroma unik.
Cherry maraschino adalah salah satu hiasan koktail paling populer.

Awalnya, ceri maraschino adalah ceri marasca (berasal dari Kroasia) yang disimpan di Italia maraschino liqueur, yang disuling dari ceri yang sama. Selama bertahun-tahun, ceri tersebut menarik perhatian sebagian besar orang Eropa bangsawan sebagai suguhan kecil yang lezat. Maraschino bukan minuman keras yang manis. Saat proses pembuatan minuman, lubang ceri (ujung tangkai) Marasca ikut dalam proses fermentasi. Proses inilah menyumbangkan rasa almond yang sedikit pahit dibalik warna minumanx yang jernih dan kering.

Marsala


Marsala adalah anggur, yang kering atau manis, diproduksi di wilayah sekitar kota Italia Marsala di Sisilia. Marsala diproduksi menggunakan Grillo, Inzolia, Catarratto dan Damaschino, varian anggur putih. Marsala mengandung sekitar 15-20% alkohol. Anggur Marsala yang berbeda diklasifikasikan menurut warnanya, manisnya, dan lamanya penuaan mereka. Tiga tingkat kemanisan adalah secco (dengan maksimum 40 gram sisa gula per liter), semisecco (41-100 g / l) dan manis (lebih dari 100 g / l).
Anggur Marsala secara tradisional disajikan sebagai minuman beralkohol antara hidangan pertama dan kedua dari makanan. Sajian kepad apengunjung berupa versi keringnya yang didinginkan dengan Parmesan (stravecchio), Gorgonzola, Roquefort, dan keju pedas lainnya, dengan buah-buahan atau kue-kue, dan yang lebih manis pada suhu kamar sebagai anggur penutup. Rasa yang paling umum adalah vanila, gula merah, aprikot rebus, dan asam. Rangkaian anggur Marsala mulai dari gaya yang hampir kering hingga sappy sweet dan disajikan sedikit dingin di sekitar 55 ° F. Jika Anda berkesempatan untuk mencoba Marsala kelas atas, Anda akan mengalami lebih banyak varian rasa bernuansa termasuk morello cherry, apel, kering buah-buahan, madu, tembakau, kenari, dan licorice.
Anggur Marsala sering digunakan dalam masakan terutama di restoran Italia di Amerika Serikat. Anggur Marsala kering digunakan dalam masakan gurih. Saus Marsala gurih yang khas, misalnya, melibatkan pengurangan anggur hampir menjadi sirup dengan bawang merah atau bawang merah, kemudian menambahkan jamur dan rempah-rempah. Salah satu resep Marsala yang paling populer adalah chicken marsala, di mana bagian dada ayam yang ditumbuk dengan tepung direbus dalam campuran Marsala, mentega, minyak zaitun, jamur, dan rempah-rempah. Marsala juga digunakan dalam beberapa resep risotto.
Anggur Marsala manis digunakan untuk menghasilkan makanan penutup Italia yang kaya seperti zabaglione, tiramisu, dan kue pendek.


Mousse



Mouse yang berarti busa, adalah makanan prasaji yang memanfaatkan gelembung udara untuk menciptakan tekstur cerah dan berlubang. Ada banyak macam mousse, mulai dari yang cerah dan menggumpal sampai yang kental dan tebal, tergantung teknik penyajiannya. Mousse memiliki rasa manis atau berperisa.
Mousseline sauce ( merupakan campuran dari hollandaise sauce dan heavy cream )

http://filiajs.blogspot.com/2014/02/dipping-dressing-sauce.html?m=1


Mousseline sauce


Mousseline: Seperti dijelaskan di atas, ini adalah pure atau forcemeats halus yang telah diringankan dengan krim kocok. Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan saus hollandaise yang dilipat dengan krim kocok tanpa pemanis.

Disebut juga saus ringan, yang dibuat dengan menambahkan krim kocok atau putih telur ke saus hollandaise

Macerate




Merendam buah atau sayuran dalam anggur, minuman keras, atau sirup sehingga mereka dapat menyerap rasa ini. Maserasi garam dan gula digunakan untuk menarik kelembaban berlebih dari makanan untuk persiapan sekunder. Hal ini dilakukan untuk pengalengan, selai, dan membuat pembuatan, dan untuk menghilangkan rasa pahit dari sayuran.

Nougat



Nougat adalah sebuah permen yang terbuat dari gula atau madu, kacang panggang (badam, kenari, pistachio atau hazelnut, namun bukan kacang tanah) dan beberapa buah kering. Nougat dapat berbentuk lunak atau keras tergantung bahan yang dipakai, nougat juga dipakai sebagai isi batang permen atau cokelat.
Ada dua macam nougat: putih dan cokelat. Nougat putih dibuat dari putih telur yang dikocok sampai halus, sedangkan nougat cokelat (Prancis: Nougatine) terbuat dari gula yang menjadi karamel dan memiliki tekstur keras, kadang garing.
 Nougat berasal dari bahasa Prancis, orang Italia menyebutnya Torrone, sedangkan orang Spanyol menyebutnya Turron.

Nibs


Nibskakao hanyalah bagian dari biji kakao, atau kacang, yang telah dipanen, difermentasi, dikeringkan, dibersihkan, dipanggang, dipecah, dan kemudian dikeluarkan dari cangkangnya. Ini menghasilkan Nibs, yang siap untuk dinikmati apa adanya, atau lebih sering ditumbuk menjadi pasta halus yang dikenal sebagai minuman keras cokelat bahan yang sangat penting dalam pembuatan cokelat.
Nibsmemiliki semua manfaat cokelat hitam yang tanpa tambahan gula. Mereka tinggi serat, protein, dan antioksidan, dan mengandung bahan kimia dan lipid penambah suasana hati yang sama dengan sebatang cokelat hitam sehingga sangat memuaskan. Nibsdigunakan di berbagai hidangan, mulai dari yang manis hingga gurih. Berikut ini beberapa cara mereka bisa menambah masakan:

1.    Tambahkan ke oatmeal pagi hari, 1-2 sendok teh Nibsuntuk tekstur yang menyenangkan dan tambahan cokelat.
2.    Masukkan beberapa sendok makan ke dalam smoothie cokelat untuk membuatnya lebih cokelat.
3.    Buat hidangan penutup yang mudah dengan mencairkan 1/2 cangkir keripik cokelat hitam bersama dengan 1/4 cangkir selai kacang. Campurkan satu sendok makan biji kakao dan sebarkan ke alas silikon. Dinginkan selama 20 menit dalam freezer untuk suguhan lezat.
4.    Biji-bijian adalah tambahan yang bagus untuk campuran granola, atau dimakan sendiri sebagai alternatif yang permen cokelat.
5.    Aduk mereka dalam saus berbasis tomat yang lezat dan biarkan mendidih. Setelah matang, blender dalam blender sampai halus dan gunakan sebagai pasta atau saus enchilada.


Parfait



(baca: parfei)adalah dessert atau makanan pencuci mulut yang berasal dari Perancis. Berpenampilan cantik menggoda, dengan cita rasa manis dan lembut, Parfait dikenal sebagai dessert favorit di restoran-restoran berkelas. Untuk anda yang gemar ice cream tentu akan langsung menyukainya karena parfait terdiri dari es krim yang berlapis-lapis terbuat dari krim lembut, gula, telur dan penambah cita rasa seperti coklat, vanilla, strawberry, dan lain-lain. Selain itu yang membuat istimewa tampilan parfait adalah topping yang menyertainya, seperti kepingan coklat, potongan strawberry, cherry, irisan jeruk, dan lain-lain. Ciri khas lainnya dari penyajian Parfait adalah, hampir selalu disajikan dalam gelas-gelas tinggi bertangkai.

Praline



Praline merupakan bentuk permen cokelat yang terbuat dari cokelat, mentega yang disajikan dalam bentuk beraneka ragam yang isinya seperti kacang, buah dan lain-lain. Kemudian, praline menjadi istimewa karena inilah cokelat pertama dengan filling didalamnya. Sejak diperkenalkan pada abad ke-17, cokelat praline kemudian menjadi pilihan utama keluarga bangsawan dalam memberikan hadiah kepada orang-orang yang mereka anggap penting bagi hidup mereka. Seiring waktu, cokelat praline kemudian berkembang menjadi cokelat premium dan eksklusif.

Puding



Puding adalah nama untuk berbagai hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Istilah puding juga dipakai untuk berbagai jenis pai berisi lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang. Puding dengan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Puding seperti ini rasanya manis dengan perisa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Puding agar-agar dibuat dengan mencampur agar-agar bersama susu, tepung maizena, atau telur kocok. Puding agar-agar sering dihidangkan dengan saus yang disebut vla. Tepung puding instan memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air panas.
Di Indonesia terdapat berbagai jenis puding rasa tradisional yang memakai kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan. Buah-buahan yang dipakai untuk puding misalnya: jeruk, nanas, sirsak, mangga, atau markisa

Puree



Adalah makanan yang dilembutkan dengan menggunakan blender, dilumat atau disaring, pure biasanya terbuat dari makanan yang alami seperti buah, sayuran, beras, ubi dan lain sebaginya disajikan untuk bayi yang sudah siap makan. Usia bayi siap untuk makan 6-12 bulan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI). Teksture pure haruslah lembut, cair, kental sesuai kebutuhan bayi agar makanan tersebut bisa dicerna oleh bayi yang memang belum berkembang sempurna pencernaannya.

Romanoff Sauce


Nama "Romanoff" muncul pada tahun 1940-an atau 1950-an di area Beverly hills. Menjadi menu favorit yang luar biasa, resepnya dibuat dari pantai ke pantai yang menggunakan krim, krim kental, es krim, krim asam, krim kocok atau kombinasi.

Sabayon



Saus telur asli dengan gula dan anggur meja, yang diumpankan ke sayuran atau makanan penutup. Saus Italia indah ini yakin untuk meningkatkan rasa sayuran dimasak dan mengejutkan orang yang Anda cintai.
Tekhniknya:Dalam panci, menggabungkan kuning telur, lemon, gula, aduk kocokan. Menempatkan pot di atas api kecil dan perlahan-lahan tuangkan dalam anggur meja, kemudian tambahkan air dan jus lemon. Terus sampai mendidih saus, aduk mengocok sampai saus mengental, selama 10 menit. Sebelum mendidih bukan argumen

Saccharometer



Untuk mengukur kepadatan gula dalam cairan.

Salamander

Adalah sebuah alat dengan sumber api / panas dari bagian atas, dipergunakan untuk memberikan warna pada bagian atas makanan. Selain itu juga dapat diaplikasikan untuk merenyahkan bagian atas makanan.

Saffron



Kuma-kuma atau safron (saffron) adalah nama untuk rempah-rempah dari bunga Crocus sativus ("bunga pacar"), sekaligus nama umum untuk tanaman Crocus sativus dari marga crocus famili Iridaceae.
Bunga kuma-kuma memiliki tiga kepala putik (stigma) yang terletak distal terhadap daun buah. Bagian tangkai putik, yang menghubungkan stigma dengan bagian bunga paling dalam, sering dikeringkan dan disebut safron yang dipakai sebagai bumbu masakan dan bahan pewarna.
Tanaman kuma-kuma berasal dari Asia Barat Daya, dan safron bertahan sebagai komoditas rempah menurut timbangan berat yang termahal di dunia selama beberapa dekade. Tanaman ini pertama kali dibudidayakan di sekitar Yunani.
Safron memiliki rasa khas sedikit pahit dan berbau harum seperti iodoform atau rumput kering yang disebabkan zat kimia bernama picrocrocin dan safranal. Safron mengandung crocin, salah satu bahan pewarna karotenoid yang membuat makanan menjadi kuning keemasan. Warna kuning terang safron menjadikannya sebagai rempah-rempah yang paling banyak dicari orang di dunia. Dalam pengobatan tradisional, safron digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit.
Dalam bahasa Melayu, safron disebut koma-koma dan merupakan bumbu yang membuat nasi briyani (nasi beryani) menjadi berwarna kuning. Dalam bahasa Arab, safron ini disebut Za'faran (زَعْفَرَان), yang berasal dari kata aṣfar (أَصْفَر) yang berarti "kuning". Dalam bahasa Inggris ditulis sebagai saffron, diambil dari bahasa Prancis Kuno safran yang berasal dari bahasa Latin safranum.

Tapioca Pearl


Ini adalah bahan bertepung yang berasal dari akar singkong. Puding dan puding tapioka dibuat dengan mutiara tapioka, yang berfungsi sebagai agen penebalan. Tapioka hadir dalam beberapa bentuk, termasuk butiran dan tepung, serta pelet yang disebut tapioka mutiara. Tepung tapioka sering digunakan untuk membuat adonan pangsit, atau sebagai bahan pengental. Jika perlu, dapat digunakan sebagai pengganti tepung jagung. Simpan tapioka di tempat gelap yang sejuk.

Zuppa Inglese


Makanan penutup yang didinginkan mirip dengan favorit Inggris, trifle (kue kental atau puding Tipsy). Makanan dibuat dengan irisan rum sponge cake berlapis dengan custard yang kaya atau whipped cream (atau keduanya) dan manisan buah atau almond panggang (atau keduanya).



No comments:

Post a Comment